Comscore Tracker

Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarang

#IDNTimesLife Gak semua bisa berjalan sesuai keinginanmu

Bekerja sesuai dengan bidang yang sudah dipelajari dan diminati, bisa mendapatkan gaji yang besar pula, adalah impian tiap orang. Tapi fakta di lapangan acapkali tak seindah harapan.

Demi menyambung hidup, terkadang kamu harus mengambil pekerjaan yang boleh jadi gak ada sangkut pautnya dengan apa yang kamu pelajari. Atau pekerjaan yang memberi gaji jauh dari harapan.

Nah, meski gak ideal, ada beberapa alasan kenapa kamu tetap harus mensyukuri jenis pekerjaan yang kamu geluti sekarang. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Walau gak ideal, untuk mendapatkan pekerjaan ini pun butuh perjuangan

Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarangilustrasi karyawan pria (unsplash.com/Marten Bjork)

Meski gajinya belum besar, atau bidangnya gak sesuai dengan yang kamu bayangkan, tapi bukan berarti pekerjaan saat ini bisa kamu sepelekan. Karena untuk mendapatkannya pun butuh perjuangan, kan?

Bagaimana kamu harus melalui berbagai tahapan seleksi, sehingga kemudian bisa lolos dan diterima. Perjuanganmu itu jangan kamu mentahkan begitu saja. Dengan menghargai pekerjaanmu saat ini, maka kau telah menghargai upayamu selama ini.

2. Tugas yang menumpuk dan atasan yang menuntut menempa mentalmu jadi kuat

Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarangilustrasi wanita rebahan di rumput (pexels.com/Marina Abrosimova)

Punya atasan baik hati, tiap minggu selalu mentraktir, wah, mungkin hanya segelintir orang saja yang bisa mendapatkan pengalaman bahagia seperti itu. Kalau yang kamu dapati malah atasan yang senang sekali menuntutmu mengerjakan ini itu, bahkan sesuatu yang kamu sama sekali baru, gak perlu misuh-misuh.

Dari kondisi yang menantang tersebut, kamu jadi melatih dirimu untuk sabar dan kuat mental. Tanpa kamu sadari, tugas-tugas yang menumpuk, dan atasan yang kadang bikin kamu frustrasi, telah mendorongmu keluar dari zona nyaman dan membuatmu mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Tekuni walau Masih Bersekolah, Yuk Coba!

3. Gaji yang seadanya saat ini, setidaknya bisa menyokong kehidupanmu sehari-hari

Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarangilustrasi belanja (pexels.com/RF._.studio)

Dengan gaji yang kamu punya saat ini, mungkin menyebabkanmu belum bisa tiap pekan nonton bioskop atau hangout di kafe. Saat beli baju atau tas pun, kamu harus pintar-pintar atur keuangan supaya gak keteteran saat akhir bulan.

Namun gaji yang seadanya itu, tetap patut kamu syukuri. Setidaknya kamu tak harus kelaparan, dan bisa menyokong kebutuhan hidupmu sehari-hari, tanpa harus meminta atau mengandalkan orangtua.

4. Bisa jadi stepping stone untuk mendapatkan pekerjaan impian

Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarangilustrasi bersalaman (unsplash.com/Cytonn Photography)

Walaupun pekerjaan sekarang bukanlah pilihan karier yang ideal, tapi tetap saja, butuh disikapi dengan profesional. Menjalaninya dengan serius, memberimu kesempatan untuk berprestasi dan mengembangkan diri.

Ketika yang tak sesuai passion bisa kamu lakukan dengan hasil luar biasa, akan membangun kredibilitas dan citra baik, sehingga orang pun akan percaya padamu dengan memberikan posisi yang kamu idam-idamkan selama ini. Sehingga, pekerjaan sekarang dapat jadi stepping stone dalam meraih posisi yang telah kamu nanti.

5. Pekerjaanmu saat ini boleh jadi aral yang mesti kamu lalui demi meraih cita-cita yang ingin kamu raih

Meski Belum Ideal, 5 Alasan Tetap Mensyukuri Pekerjaanmu yang Sekarangilustrasi pria sedang bekerja (unsplash.com/Waqas Saeed)

Sebagai makhluk, kita gak pernah tahu rencana Tuhan seperti apa. Di sinilah prasangka baikmu terhadap Sang Pencipta sedang diuji.

Boleh jadi pekerjaanmu yang jauh dari harapan, ternyata adalah ujian yang sengaja Tuhan beri untuk melihat sejauh mana kekuatan tekad dan kesiapanmu untuk meraih yang selama ini telah kamu impikan. Karena itu, cintailah di setiap prosesnya.

Nah, dari uraian di atas, semoga bisa jadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih mencintai pekerjaan yang kita punya. Walau gajinya belum besar, walau bidangnya gak sesuai, tapi pasti ada hal positif yang tetap jadi alasan untuk mensyukurinya.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya