TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Seseorang Tidak Benar-benar Mendengarkan Ucapanmu

Kamu bisa tahu dari gerak-geriknya, lho!

ilustrasi perempuan berbincang (pexels.com/RODNAE Productions)

Dalam suatu perbincangan, saling mendengarkan satu sama lain menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Paling tidak, apa yang dia ucapkan bisa kita hargai dan apresiasi sebaik mungkin. Gak harus memberi saran, minimal bisa mendengarkan.

Sayangnya, banyak orang yang sering abai akan hal ini. Bukannya mendengarkan, mereka malah sibuk dengan hal lain, padahal ada orang yang sedang berbicara dengannya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui dia mendengarkanmu atau tidak? Kamu perlu tahu, berikut lima tanda seseorang tidak benar-benar mendengarkan ucapanmu. Kamu pantas untuk marah, lho!

1. Terlihat gelisah saat sedang mendengarkan

ilustrasi pria berbincang (pexels.com/AlphaTradeZone)

Ciri orang yang fokus dengan apa yang sedang dibicarakan orang lain adalah bagaimana cara dia bersikap dalam perbincangan tersebut. Jika bisa duduk tenang dan fokus pada segala aspek yang menjadi perbincangan, artinya ia mendengarkan dengan baik.

Namun, lain cerita jika cara dia bersikap penuh dengan kegelisahan. Artinya, fokus dia bukan pada tempatnya. Ada satu atau dua hal yang mengganggu pikirannya hingga segala pembicaraan masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

2. Arah mata dia tertuju pada objek lain

ilustrasi pasangan makan bersama (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Cara paling mudah untuk mengetahui lawan bicaramu mendengarkan apa yang sedang dibicarakan adalah dengan melihat arah mata. Orang yang fokus mendengarkan benar-benar menatap dengan baik lawan bicaranya.

Jika arah mata dia tertuju pada objek lain, fokus dia bukan pada apa yang sedang menjadi perbincangan, tetapi objek yang sedang dilihat. Mungkin telinga dia masih bisa mendengarkan, tapi konsentrasinya buyar dan gak bisa menangkap perbincanganmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cinta

3. Memperlihatkan gerak-gerik kebosanan

ilustrasi pria duduk bersama (pexels.com/Alena Darmel)

Apa yang terjadi jika seseorang duduk diam dengan tatapan kosong? Kemungkinan besar dia sedang bosan. Hal semacam ini sering terjadi di dalam perbincangan. Itu menjadi pertanda bahwa dia sedang tidak mendengarkan.

Orang yang tertarik dengan lawan bicaranya memiliki interaksi lebih dan tidak mudah merasa bosan. Pada akhirnya, dia hanya bersikap seolah mendengarkan, padahal pikirannya sedang kosong dan tidak menerima sepatah kata pun.

4. Tidak bisa menjawab ketika diberi pertanyaan

ilustrasi pria berbincang (pexels.com/Thirdman)

Orang yang menyimak dan mendengarkan lawan bicaranya sudah pasti tahu inti dari perbincangan yang terjadi. Cara termudah untuk tahu dia mendengarkan atau tidak adalah dengan memberi pertanyaan lanjutan.

Jika dia bisa menjawab secara spesifik artinya pernyataan kamu benar-benar disimak dengan baik. Jika sebaliknya, yakni ia menjawab dengan terbata-bata dan kebingungan, itu menjadi pertanda bahwa apa yang kamu bicarakan tidak didengarkan.

Baca Juga: 5 Manfaat Mindful Listening, Mendengarkan itu Ada Seninya

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya