TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Nasihat Penting bagi Gen Z yang Masih Mencari Pekerjaan, Kenali Diri

Kamu harus tahu dirimu dulu

ilustrasi gen z (pexels.com/Muhammad Renaldi)

Memasuki usia yang cukup untuk melangkah mandiri dan menghasilkan uang sendiri, memang bikin dilema, ya. Bagaimanapun juga, mencari pekerjaan merupakan langkah penting dalam perjalanan setiap orang. Mungkin itulah yang sedang kamu rasakan saat ini?

Bagi Gen Z, memasuki pasar tenaga kerja bisa menjadi proses yang menantang dan juga membingungkan. Dengan kebijaksanaan dan panduan yang tepat, kamu pasti bisa menavigasi jalanmu dengan percaya diri dan berhasil menemukan karier yang sesuai dengan minat dan bakat. Akan cocok denganmu, ini nih, enam pesan dan nasihat penting untuk Gen Z yang masih mencari pekerjaan. Apa saja, ya?

1. Temukan identitas profesionalmu

ilustrasi gen z (pexels.com/Ron Lach)

Sebelum mulai mencari pekerjaan, penting banget bagi Gen Z untuk mencari tahu dengan bersungguh-sungguh apa minat dan bakatmu. Kamu harus mempertimbangkan apa yang kamu nikmati dan di mana kamu memiliki keunggulan yang cukup kompetitif.

Mengetahui identitas profesional akan membantumu mencari pekerjaan yang sesuai. Terutama jika kamu adalah orang yang sangat fokus pada minat dan keahlian.

2. Bangun jaringan dan koneksi

ilustrasi seorang bekerjasama (pexels.com/fauxels)

Jaringan dan koneksi bisa menjadi aset berharga dalam mencari pekerjaan. Gen Z harus banget aktif dalam acara-acara industri, seminar, dan konferensi untuk memperluas jaringan.

Mengikuti perusahaan atau profesional yang relevan di media sosial juga bisa membantumu memeroleh wawasan lebih jauh, lho. Terutama tentang industri dan kesempatan karier yang mungkin terbuka untukmu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Gen Z saat Hadapi Quarter Life Crisis, Coba Hindari!

3. Kembangkan keterampilan yang relevan

ilustrasi seseorang bekerja (pexels.com/Antoni Shkraba)

Tahu, kan kalau dunia kerja terus berubah? Tentunya, perusahaan mencari individu yang memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri saat ini, bukan mereka yang kolot dan gak mau berubah.

Gen Z harus mengembangkan keterampilan teknis dan softskill yang diperlukan dalam industri yang diminati. Caranya sangat mudah, kok. Kamu bisa mulai dengan mengikuti kursus online, magang, atau pengalaman belajar mandiri.

4. Siapkan portofolio yang menonjol

ilustrasi seorang wanita karir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Mempersiapkan portofolio yang mencerminkan pencapaian, proyek, atau pengalaman kerja sebelumnya adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan, guys. Terutama di zaman sekarang di mana para perekrut tenaga kerja lebih bisa melihat rekam jejak kerjamu dengan mudah.

Gen Z harus menyusun portofolio yang menonjolkan keahlianmu yang akan berguna bagi perusahaan. Jangan lupa untuk memberikan bukti konkret tentang kontribusimu dalam lingkungan kerja sebelumnya.

5. Jadilah fleksibel dan terbuka terhadap kesempatan

ilustrasi seseorang belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingat, pada awal karier, fleksibilitas adalah kunci. Gen Z harus terbuka terhadap kesempatan magang, kontrak, atau pekerjaan paruh waktu yang bisa memberikan pengalaman berharga. Jangan malas apalagi gengsi!

Menerima tanggung jawab tambahan dan mengambil tantangan baru juga boleh banget kamu lakukan. Pasalnya, ini dapat membantumu memperluas keterampilan dan pengetahuan.

Baca Juga: 5 Tips Mencari Kerja Lewat Aplikasi, Ketahui Biar Cepat Diterima!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya