TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dihindari Para First Jobber di Dunia Kerja

Dunia kerja harus penuh perjuangan, apalagi first jobber!

Ilustrasi pekerja baru (123rf.com/nnudoo)

Setelah lulus dari dunia perkuliahan, mencari kerja adalah tujuan utama bagi para fresh graduate. Jelas, ini dilakukan supaya mereka bisa mendapatkan gaji setiap bulannya untuk penuhi kebutuhannya selama ini. Saking ambisiusnya, berbagai usaha dilakukan demi mendapatkan kerja yang kamu impikan itu. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, kamu baca artikel yang tepat.

Kamu harus tahu nih, 5 hal di bawah ini perlu kamu hindari ketika pertama kali terjun di dunia kerja. Kenapa ya? Baca artikelnya sampai selesai, guys!

1. Terlalu ‘polos’ saat interview

Ilustrasi interview kerja (123rf.com/pitinan)

Menjadi pelamar kerja setelah lulus kuliah bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang kalau kamu punya banyak koneksi, tapi bakal susah kalau kamu harus mengandalkan diri sendiri dan gak punya koneksi sama sekali. 

Pokoknya lamar kerja kemana-mana jalur diri sendiri deh. Alhasil sampai masuk ke sesi interview kamu jadi gak ada gambaran soal pertanyaannya sampai harus jawab apa. Biasanya kamu akan mengikuti insting saja saat menjawab pertanyaan dalam interview. Padahal ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab secara profesional dan gak boleh ‘polos-polos’ amat lho. 

‘Ngarang’ dikit boleh kok, selama kamu bisa mempertanggungjawabkannya saat kamu benar-benar sudah diterima nanti. 

Baca Juga: Akhirnya Gajian! Untukmu Si First Jobber, Coba 4 Reward Ini Yuk

2. Percaya 100 persen ke teman kerja

Ilustrasi bekerja bersama rekan kerja (123rf.com/itchaznong)

Kamu tipe yang selalu percaya teman? Apalagi kalau jaman sekolah atau kuliah sampai punya teman segeng yang solid dan saling percaya. Sayangnya, pertemanan dunia kerja ternyata nggak bisa kamu samakan dengan dunia sekolah atau kuliah. 

Walau gak semuanya buruk, tapi ada baiknya kamu mengantisipasi dengan gak percaya 100 persen pada teman kerjamu. Ada kalanya teman kerja ya sebatas teman profesional di kantor. Ada beberapa teman kerja yang kadang memberikan dampak buruk pada kamu, karena perilakunya yang toxic

Ini mungkin banget terjadi lho. Apa mungkin malah terjadi di kamu? Coba share di kolom komentar ya! 

3. Beranggapan bahwa dunia kerja sama dengan dunia kuliah

Ilustrasi bekerja di kantor (123rf.com/d8nn)

Sama seperti circle pertemanan, dunia kerja dan dunia kuliah juga berbeda banget. Ada yang bilang jika dunia kuliah kebanyakan kamu hanya menerima berupa materi saja, nah dunia kerja saatnya kamu melakukan praktiknya.

Materi yang kamu pelajari di dunia kuliah, terkadang malah ‘hilang’ begitu saja saat masuk dunia kerja yang serba cepat dan persaingannya pun ketat. Siapkan mental setebal baja deh. Jangan cepat menyerah atau terbawa perasaan alias baper. Semangat ya bestie!

4. Terlalu ‘hedon’ dan lupa untuk ngirit

Ilustrasi hedon belanja (123rf.com/geargodz)

Masuk dunia kerja, kamu pasti bakal dibuat kaget. Ya gimana gak kaget, dulu jaman kuliah hidup serba ngirit karena mengandalkan uang kiriman orang tua. Tapi sejak masuk kerja, dapat gaji pertama kali, pasti bawaannya lapar mata.

Alhasil jadi terlalu ‘hedon’ dan lupa buat ngirit kayak dulu jaman kuliah. Ya gimana, dapat gaji sebanyak itu, padahal dulu gak begitu. Ayo, ingat buat nabung dan investasi juga ya, sob!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya