TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memajukan Karier Masa Depan yang Perlu Dilakukan dari Sekarang

Raih kesuksesan dari karier yang sedang kamu jalankan

ilustrasi meraih kesuksesan dalam berkarier (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memajukan karier adalah suatu hal yang perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang. Bagi kamu yang sedang menjalankan sebuah karier, maka lakukanlah beberapa hal mulai dari sekarang.

Kesuksesan dalam berkarier itu membutuhkan perjuangan. Semakin dini kamu mengupayakannya, maka akan semakin cepat kamu meraih sukses dalam meniti karier.

Sebelum memulai menjalankan karier, memang ada beberapa orang yang sudah membuat perencanaan untuk masa depannya. Namun, ada juga yang mulai bergerak maju saat sedang menjalankan kariernya. Itu semua bukan masalah. Kuncinya adalah kapan pun kamu memulainya, maka berusahalah agar kariermu terus maju ke depan.

Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk memajukan karier.

1. Memiliki tujuan yang paling kamu impikan 

ilustrasi orang berhasil mencapai tujuan hidupnya (pexels.com/Arina Krasnikova)

Setiap orang pasti memiliki impian dalam hidupnya, salah satunya yaitu dalam hal berkarier. Tujuan memang menjadi hal yang penting dan perlu banget kamu miliki jika kamu ingin karier di masa depan terus bergerak maju. Apabila kamu belum memiliki tujuan yang benar-benar menjadi impian, maka sekarang tentukanlah terlebih dulu, ya.

Jangan ragu atau setengah-setengah dalam menentukan tujuan impian. Beranilah saja. Dengan tujuan itu, nantinya kamu akan dapat semakin semangat dan termotivasi untuk bergerak maju hingga mencapai kesuksesan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Fokuslah pada apa yang menjadi tujuanmu dan selalu lakukan yang terbaik.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Kecerobohan dalam Menentukan Karier Masa Depan

2. Belajar tentang manajemen waktu 

ilustrasi melihat jam tangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Jika kamu ingin karier di masa depan dapat maju, maka belajarlah tentang manajemen waktu.

Salah satu hal yang penting dalam kehidupan ini adalah waktu. Oleh karena itu, kelola waktumu dengan sebaik mungkin agar dalam meniti karier kamu bisa mencapai kesuksesan sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan.

Jangan pernah menyia-nyiakan waktu dalam bekerja karena itu dapat menghambat kemajuan karier yang sedang berjalan. Belajarlah tepat waktu ketika kamu sedang menyelesaikan pekerjaan. Hindari menunda apa yang seharusnya bisa dikerjakan dari sekarang.

3. Menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak 

ilustrasi hubungan baik dengan rekan kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemajuan karier di masa depan itu gak hanya berasal dari dalam dirimu saja, melainkan juga berasal dari dukungan sosial. Berusahalah untuk menjaga dan menjalin hubungan baik dengan siapa saja, baik dengan atasan, rekan kerja maupun bagian yang lainnya. Faktor hubungan sosial dapat memberikanmu semangat dan memudahkanmu dalam memajukan karier yang sedang kamu jalani.

Meraih sukses dalam meniti karier memang gak mudah. Perlu perjuangan dan upaya yang keras serta kerja cerdas dari dirimu.

Namun, faktor itu saja gak cukup untuk dapat membuat karier terus maju karena lingkungan sosial juga berpengaruh dalam perjalanan kariermu. Jadi, jagalah hubungan baik dengan berbagai pihak mulai dari sekarang.

4. Perluas wawasan dan tingkatkan keterampilan 

ilustrasi meningkatkan keterampilan dalam bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Cara memajukan karier masa depan yang perlu kamu lakukan dari sekarang yaitu dengan memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan.

Wawasan akan terus ada yang baru. Maka agar kamu dapat terus maju, perluas lagi wawasanmu. Semakin kamu tahu banyak hal, maka akan semakin mudah dan terarahkan untuk maju dan mengembangkan karier masa depan.

Selain itu, jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan keterampilan. Sehebat apa pun keterampilan yang kamu miliki, jika gak pernah diasah dan dibiarkan begitu saja, tentu nantinya gak akan bisa kamu gunakan secara lebih maksimal untuk memajukan kariermu.

Zaman terus berkembang, maka keterampilan juga perlu untuk terus ditingkatkan.

Baca Juga: 5 Skill Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya