Comscore Tracker

5 Skill Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!

Saatnya keluar dari zona nyaman

Punya karier yang terus meningkat adalah idaman semua orang. Jadi, gak heran kalau banyak orang berusaha menggunakan berbagai cara untuk bisa memilikinya.

Dibutuhkan kemampuan yang tidak sembarangan untuk mencapai suatu titik karier tertentu. Tentunya semakin tinggi posisi, semakin banyak tantangan dan tuntutannya.

Maka dari itu, setidaknya kamu harus terus upgrade skill penting berikut ini demi keberlangsungan karier yang lebih baik. Jangan lupa catat dan praktikkan!

1. Good time management 

5 Skill  Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Perusahaan tentu tidak ingin menerima pegawai yang tidak bisa mengelola waktu karena bisa saja setiap jobdesk yang diberikan tidak pernah beres. Dengan pengelolaan waktu yang baik kita bisa mengatur prioritas dalam bekerja. Tahu membedakan hal yang penting dan kurang penting, mendesak dan kurang mendesak.

Oleh karena itu, biasakan diri untuk mengatur waktu pribadi lebih dulu. Kuncinya ada di kesadaran dan kepekaan untuk memilah mana yang penting dan kurang penting. Yuk, mulai disiplin dengan waktu.

2. Inisiatif 

5 Skill  Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!ilustrasi inisiatif memberi bantuan (pexels.com/mentatdgt)

Inisiatif berarti peka dengan segala sesuatu. Ciri-ciri inisiatif dalam bekerja antara lain melakukan pekerjaan sebelum diperintahkan, memberikan hasil pekerjaan lebih dari yang diminta, berani membagikan ide kepada tim, memberi pertolongan bahkan sebelum diminta. Namun semata-mata bukan untuk cari muka tetapi untuk memberikan yang terbaik.

Skill ini akan menunjukkan kemandirianmu dalam bekerja karena kamu benar-benar paham dengan pekerjaan yang diberikan. Inisiatif tidak akan pernah terjadi bila kamu tidak sepenuhnya paham dengan apa yang harus dikerjakan.

Baca Juga: 3 Soft Skill Paten Buat Karyawan di Masa Depan, yuk Siapkan!

3. Critical thinking

5 Skill  Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!ilustrasi menikmati bekerja (pexels.com/cottonbro)

Skill ini sangat penting terutama ketika sedang terlibat dalam menyelesaikan masalah maupun saat sedang mencari ide baru. Bahkan dalam keseharian kita memerlukan critical thinking. Dengan membiasakan diri berpikir kritis, kita tidak mudah kena hoax.

Membangun critical thinking dimulai dengan observasi. Saat pertama kali menerima informasi, observasi dulu apakah informasi itu benar. Setelah itu yang dilakukan adalah analisis.

Perlu jam terbang dan latihan yang terus-menerus agar skill ini semakin tajam. Jadi, setiap informasi itu valid dan bisa dipertanggung jawabkan. Dampaknya adalah kualitas kita dalam bekerja teruji dan kita dinilai sebagai orang yang bertanggung jawab.

4. Mengelola emosi biar gak gampang stres

5 Skill  Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!ilustrasi mengelola stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemampuan mengelola emosi juga diperlukan dalam bekerja. Jika suatu ketika terdapat konflik atau perselisihan di kantor, di situ emosi kita akan diuji. Apakah kita bisa menghadapi dengan kepala dingin atau penuh kemarahan dan gegabah. 

Bahkan saat hal baik yang terjadi dalam pekerjaan kita, baik promosi dan pujian, bisakah kita juga mengontrol emosi agar tetap rendah hati dan tidak sombong? Nah, tantangan ini yang harus kita lalui agar punya karier yang berkembang. 

5. Public speaking 

5 Skill  Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!ilustrasi public speaking (pexels.com/Christina Morillo)

Dalam bidang apapun dan posisi manapun, skill ini selalu relevan untuk digunakan. Karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi. Apalagi jika kita berharap berada di posisi tinggi dalam karier, skill ini lebih dibutuhkan lagi.

Mungkin kita paham dengan materi yang ada, tetapi mengomunikasikannya ke orang lain sehingga memahami hal yang sama adalah sebuah tantangan tersendiri. Maka dari itu, berkomunikasi yang baik perlu untuk dilatih terus-menerus.

 

Nah itu dia 5 kemampuan yang perlu kita kembangkan saat berada dalam lingkungan kerja. Skill ini tidak dibangun dalam semalam tapi dibangun melalui jam terbang dan keberanian untuk mencoba terus-menerus. Yuk, terus improve diri kita!

Baca Juga: 5 Hal yang Memengaruhi Kemajuan Karier, Gak Cuma Tentang Skill!

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya