TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Keahlian yang Paling Laris di Situs Penyedia Jasa Freelance 

Jangan takut jadi freelancer dengan keahlian-keahlian ini!

Pexels/VladaKarpovich

Menjadi pekerja lepas atau freelancer dapat dijadikan pilihan untuk menambah pendapatan. Bekerja sebagai freelancer sangat cocok buat kamu yang kurang suka dengan ikatan kantor. Kamu bisa bekerja dari rumah dan mengatur sendiri waktu bekerjamu. Selain itu, pendapatan yang dihasilkan pun tidak kalah dengan pegawai kantoran. Bahkan mungkin bisa lebih jika kamu banyak mengambil projek.

Di era digital saat ini, menjadi freelancer sangatlah mudah. Sudah banyak situs yang menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pekerja lepas, seperti Sribulancer, Fastwork dan Freelancer. Namun, apa saja sih keahlian yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di situs-situs penyedia jasa freelance itu? Berikut adalah 6 keahlian yang paling laris di situs penyedia jasa freelancer.

1. Penulisan  

Pexels/StartupStockPhoto

Untuk kamu yang punya kemampuan menulis, baik menulis cerita, artikel atau membuat caption di media sosial, cocok banget mencoba menjadi pekerja lepas. Karena ternyata jasa penulis lepas banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Jasa penulisan seperti untuk menulis artikel di website atau blog, menulis profil perusahaan, menulis deskripsi produk, menulis caption di media sosial atau pengetikan umum lainnya masih banyak dicari. Jadi, daripada kemampuan menulismu hanya dipendam sendiri, tidak ada salahnya kamu mencoba menghasilkan uang dari keahlianmu itu.

Baca Juga: Salip Upah Orang Kantoran, Ini 5 Hal yang Jadi Kunci Freelancer Sukses

2. Penerjemahan 

Pexels/StartupStockPhoto

Jasa penerjemah bahasa asing juga banyak dicari di situs penyedia jasa freelance. Bagi kamu yang punya kemampuan berbahasa asing, menjadi penerjemah freelance bisa dicoba untuk menambah penghasilanmu. Jasa untuk menerjemahkan artikel atau dokumen dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan yang sering berhubungan dengan konsumen luar negri.

Selain jasa penerjemah, kamu juga bisa menjadi penyedia jasa proofreading atau jasa untuk mengoreksi naskah sesuai dengan kaidah kebahasaan. Jasa ini digunakan agar sebuah naskah layak dipublikasikan dengan bahasa asing.

3. Desain grafis

Pexels/Tranmautritam

Memiliki keahlian desain grafis adalah sebuah anugerah tersendiri yang tidak dimiliki banyak orang. Dengan keahlian ini kamu bisa menghasilkan uang sebagai pekerja lepas. Apalagi di era digital saat ini yang mengharuskan produk atau website memiliki tampilan visual yang menarik.  

Di berbagai situs penyedia jasa freelance, jasa sebagai desainer grafis untuk membuat logo dan desain web, jasa ilustrator serta jasa CAD drawing banyak dicari. Jadi, buat kamu yang memiliki keahlian ini, tunggu apa lagi untuk membuka jasa pekerja lepas.

4. Editor video

Pinterest/Engadget

Kebutuhan banyak orang yang mengingikan produknya dipasarkan dengan video atau kebutuhan untuk mengisi konten YouTube dan vlog membuat jasa editor video sering dicari. Sebuah video tidak akan menjadi karya yang utuh tanpa ada seorang editor video. Bagi kamu yang memiliki keahlian ini, kesempatan untuk membuka jasa freelance sangat terbuka, karena banyaknya peminat.

Apalagi jika kehalian editing video kamu dilengkapi dengan keahlian lain seperti membuat video animasi atau motion graphic, jasa kamu pasti akan dihargai dengan nilai yang tidak sedikit. Jadi, manfaatkan keahlianmu itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang besar.

5. Website dan pemograman

Pexels/ThisIsEngineering

Jika kamu memiliki keahlian untuk membangun website dengan berbagai bahasa pemograman, seperti JavaScript, HTML atau CSS, maka kamu punya kelebihan tersendiri. Di berbagai situs penyedia jasa freelance, jasa di bidang ini cukup banyak diminati.

Biasanya, kamu akan dituntut untuk merancang sebuah website yang tidak hanya punya tampilan yang enak dipandang, tapi juga yang unik, menarik dan efektif. Kerumitan dalam pengerjaannya pun tentunya sebanding dengan harga yang akan kamu dapatkan. Jadi, buat kamu yang memiliki keahlian di bidang ini, jangan ragu untuk mencoba menjadi pekerja lepas.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!

Writer

Fakhrizal Muttaqien

Blogger - Content Writer | Writing for sharing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya