TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Bakat Bukan Satu-satunya Jalanmu untuk Sukses, Kok Bisa?

Masih banyak faktor lain yang menentukan kesuksesanmu

ilustrasi menari (pixabay.com/Surprising_Shots)

Setiap manusia yang lahir di dunia pasti sudah dibekali talenta berupa bakat masing-masing. Mau banyak atau sedikit, sebetulnya bukan masalah jumlahnya. Yang jadi titik kunci adalah bagaimana kamu mengasah setiap bakat yang diperoleh dari Sang Kuasa.

Nah, banyak orang masih berpikir bahwa kalau memang ada bakat, maka kesuksesan akan menyertai. Memang tidak sepenuhnya salah, tapi berikut adalah lima alasan kenapa bakat bukan satu-satunya hal yang menentukan kesuksesan. Catat baik-baik, ya!

1. Bakat hanya modal awal dirimu saja

ilustrasi desainer (pixabay.com/escuelamoda)

Memang memiliki bakat di suatu bidang akan membuatmu lebih unggul dari yang mungkin hanya iseng atau belajar pertama kali. Contohnya, tak semua orang punya anggapan bahwa menulis sebuah artikel itu mudah. Jika kamu punya bakat menulis, maka ketika yang lain masih berpikir, kamu sudah menulis sambil berpikir.

Akan tetapi, kemudian di pertengahan nanti saat orang-orang sudah tahu metode menulis yang baik, kamu akan ada di satu level dengan mereka. Tinggal bagaimana niatmu saja dalam mengerjakannya. Ketika kamu lengah, bukan berarti orang yang berangkat dari tak punya bakat, bisa jauh lebih unggul daripada kamu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Belum Juga Menemukan Bakat hingga Dewasa

2. Bakat tanpa proses belajar akan jadi percuma

ilustrasi menulis (pixabay.com/LeandroDeCarvalho)

Memang kamu memiliki bakat di suatu bidang, tapi jika tak pernah mengasahnya, semua akan percuma saja. Di sinilah sebenarnya peran orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang anak, sangat berpengaruh. Sebab, anak mungkin saja bingung apa yang menjadi kelebihannya.

Jika kesadaran akan bakat yang dimiliki terjadi di usia dewasa, perlombaan pun sudah semakin ketinggalan. Maka dari itu, ada baiknya para orangtua melakukan tes minat bakat anak kepada para ahli, supaya mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan kemampuannya. 

3. Jangan lupa, ada faktor keberuntungan dalam hidup ini

ilustrasi anak muda (pixabay.com/yogendras31)

Manusia bisa melakukan usaha sekeras apa pun itu, tapi perlu diingat bahwa ada faktor keberuntungan juga di balik setiap kesempatan yang diperoleh. Maka dari itu, jangan malas untuk membangun relasi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak kamu dikenal, maka keberuntungan bisa datang dari mana saja.

Bakat memang akan membuatmu punya modal dasar. Namun, lagi-lagi pengembangan diri dan juga keberuntungan di bidang tersebutlah, yang akan membuat dirimu punya kesempatan meraih kesuksesan. Tentunya keberuntungan pun harus diiringi dengan usaha. 

4. Proses latihan dan konsisten yang sesungguhnya membawamu ke suatu posisi 

ilustrasi melukis (pixabay.com/photosforyou)

Dari semuanya, proses latihan, mau berusaha dan konsistenlah yang membuatmu bisa mencapai kesuksesan. Dalam perjalanan bakatmu itu, ada kalanya kamu menemui masalah. Bahkan rasa jenuh juga bisa datang menghampiri, walau kamu merasa punya bakat di bidang tersebut. 

Ketika kamu memutuskan untuk tetap berjalan, berusaha, walau gagal tapi tetap bangkit, inilah yang akan menjadikan dirimu sukses pada akhirnya. Percuma saja berbakat tapi kalau tidak mau berusaha dan memang tidak menyadari akan bakat yang dimilikinya. 

Baca Juga: Penghalang Sukses, 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dibabat Sampai Habis

Verified Writer

Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya