TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Datang Lebih Awal ke Tempat Kerja, Siap Terapkan?

#ANGPOIN Kalau bisa datang lebih awal, kenapa tidak?

pexels.com/The Lazy Artist Gallery

Mungkin kamu pernah merasakan betapa paniknya ketika harus berlarian kecil hanya untuk melakukan absensi tepat waktu di tempat kerja. Atau barangkali kamu tahu betapa jengkelnya terkena macet di jalan, lalu mendapat teguran HRD karena keterlambatanmu itu.

Sebenarnya, situasi demikian tidak akan pernah terjadi jika kamu mau mengatur waktu untuk tiba lebih awal. Bukan hanya berpengaruh pada absensi kerja saja lho, ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan datang lebih awal ke tempat kerja.

Seperti apa? Mari simak ulasannya!

 

1. Punya waktu lebih untuk perhatikan penampilan

unsplash.com/Hunters Race

Penampilan dalam bekerja akan meningkatkan kepercayaan dirimu di tempat kerja. Dengan keputusanmu untuk tiba lebih awal dari jam kerja, kamu akan memiliki banyak waktu untuk membenahi penampilanmu. Well, penampilan yang rapi dan senantiasa terjaga akan membuatmu nyaman untuk bekerja. 

Baca Juga: Gak Melulu Soal Gaji, 5 Hal Ini yang Bikin Nyaman di Tempat Kerja

2. Anti panik, mood kerja lebih baik

pixabay.com/nastya_gepp

Datang lebih awal membuatmu tiba di tempat kerja dengan tenang tanpa perasaan takut terlambat yang menghantui. Perasaan relax inilah yang akan menstabilkan mood kamu sepanjang hari. 

Berbanding terbalik dengan kebiasaan datang mepet sebelum jam kerja dimulai. Gak hanya berisiko terlambat, perasaan panik karena terburu-buru akan membuat mood kamu berantakan. Bahkan bisa jadi kurang berkonsentrasi saat bekerja.

3. Bisa fokus memulai kerja dalam suasana tenang

pixabay.com/StartupStockPhotos

Selagi belum banyak rekan kerja yang datang dan mumpung belum ramai telepon berdering, ada baiknya kamu mulai aktivitas kerjamu. Situasi hening seperti ini akan membuatmu mudah fokus dan cepat menyelesaikan pekerjaan dengan minim kesalahan.

Sisa pekerjaan yang belum tuntas di hari kemarin juga bisa kamu kerjakan pada saat ini juga. Jadi kemungkinan kamu bisa pulang tepat waktu tanpa harus lembur untuk menyelesaikannya.

4. Bisa tentukan prioritas kerja tanpa buru-buru

pixabay.com/StartupStockPhotos

Ada kalanya kamu masih bingung untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Nah, saat kamu datang lebih awal untuk bekerja, kamu akan memiliki tenggang waktu untuk memilah-milah pekerjaan mana yang bersifat urgent dan mana yang tidak.

Kamu juga berkesempatan merancang skema kerja yang harus kamu selesaikan hari itu juga. Dengan cara ini, hanya akan ada kemungkinan kecil untuk melewatkan suatu pekerjaan. 

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Stres Hadapi Deadline Pekerjaan di Depan Mata

Verified Writer

Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya