TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sukses Miliki Karir Cemerlang untuk Kamu Pribadi Introver

Kesuksesan bukan hanya milik para ekstrover #IDNTimesLife

ilustrasi meraih sukses bagi para introver (unsplash.com/brookecagle)

Menjadi seorang introver bisa dibilang susah-susah gampang. Biasanya, para introver punya kelebihan dalam hal kemampuan intrapersonal, tetapi sulit jika harus berurusan dengan orang lain. Banyak yang meyakini bahwa ketika ingin sukses terutama dalam karir, seseorang harus bisa menjadi seorang ekstrover dan banyak membuka diri. Benarkan hal tersebut?

Nyatanya kamu yang seorang introver juga tetap bisa miliki karir cemerlang dan tetap menjadi dirimu. Bagaimana caranya? Yuk, intip lima cara sukses dalam karir untuk introver!

1. Fokus pada kemampuan berpikir yang kritis

ilustrasi kemampuan berpikir kritis (unsplash.com/jonasleupe)

Tak dapat diragukan lagi kemampuan seorang introver dalam berpikir kritis. Kebanyak introver memang hanya akan diam dan mengamati. Namun bukan berarti dalam pikirannya tak memikirkan apa-apa. Sebaliknya, seorang introver memiliki kreativitas dan ide-ide cemerlang yang tak banyak dipikirkan orang lain.

Kamu hanya perlu untuk fokus pada hal tersebut dan terus asah kemampuanmu untuk tetap tenang dalam berpikir dalam berbagai sudut pandang, sebelum mengungkapkannya pada orang lain.

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu, 5 Hal yang Bikin Si Introver Makin Malas Ngomong

2. Selalu well prepared dalam hal apapun

ilustrasi seorang pria mempersiapkan diri (unsplash.com/huntersrace)

Seorang introver adalah perencana yang baik dalam kehidupan sehari-hari atau pekerjaan. Kamu bisa manfaatkan kebiasaan baik tersebut untuk mendukung karirmu agar melesat tinggi. Kamu selalu serius dalam mempersiapkan berbagai hal hingga rencana untuk kedepannya.

Kamu membuat aturan untuk dirimu sendiri dan mematuhinya untuk memudahkanmu dalam mengidentifikasi berbagai hal. Kamu sangat tidak suka jika sesuatu tidak sesuai dengan rencana yang telah kamu buat. Sehingga ini baik untuk memudahkanmu mencapai tujuan.

3. Ketahanan dalam berbagai situasi 

ilustrasi ketahanan dalam tekanan kerja (unsplash.com/frantic)

Tak semua orang mampu berada atau mengalami situasi yang penuh dengan tekanan. Menjaga kestabilan emosi faktanya tak mudah untuk dilakukan. Bagi para introver yang cenderung memiliki pembawaan kalem, menjaga ketenangan di tengah tekanan adalah keahliannya.

Terlebih di dunia kerja yang penuh dengan dinamika dan tekanan. Kamu akan dituntut untuk bisa melalui berbagai situasi tanpa banyak menghadirkan reaksi yang berlebihan. Tentu kemampuanmu ini menjadi nilai lebih bagi atasan yang melihat kinerjamu.

4. Tak apa kamu lemah saat berbicara, tetapi kuat dalam tulisan 

ilustrasi tulisan tangan (unsplash.com/thoughtcatalog)

Salah satu kelemahan introver adalah dalam berkomunikasi dengan orang lain. Bukannya tidak bisa, hanya saja introver butuh energi luar biasa untuk melakukan hal tersebut. Namun, bukan berarti kamu tidak akan bisa untuk miliki karir yang cemerlang karena itu.

Kamu harus bisa mendelegasikan kemampuanmu dengan keahlianmu yang lain, yakni tulisan. Tunjukkan kemampuanmu dalam hal literasi dan salurkan melalui media yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Baru Memulai Karir

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya