TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Mematikan Kreativitas, Yuk Berubah!

Jangan sampai kreativitasmu memudar 

lustrasi wanita sedang melukis (pexels.com/@olly)

Banyak orang yang berpikir jika kreativitas sudah dimiliki sejak lahir. Nyatanya, orang yang memiliki kreativitas tinggi yaitu karena mereka memupuk atau mengasah keterampilan mereka secara terus-menerus. Meskipun kamu sudah memiliki kreativitas yang baik, bukan berarti kreativitasmu tidak bisa memudar, lho!

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan justru dapat mematikan kretivitasmu sendiri. Biar gak nyesel, yuk segera hilangkan lima kebiasaan buruk ini.

1. Tidak percaya dengan kemampuan sendiri

ilustrasi wanita memandang ke luar jendela (pexels.com/@marcelo-chagas-861665)

Dalam mengembangkan kreativitas, rasa percaya diri merupakan hal yang sangat penting dan utama. Biasanya ketakutan yang kamu miliki terjadi karena kecemasan akibat takut akan kegagalan. Alhasil, kamu pun akhirnya enggan untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru.

Terkadang ide yang kamu anggap kurang memuaskan, bisa jadi dianggap luar biasa oleh orang lain. Jadi, jika kamu sendiri sudah tidak percaya dengan kemampuanmu, tentunya kreativitasmu tidak akan berkembang, bahkan perlahan kreativitas bisa menghilang.

Baca Juga: 9 MV KPop dengan Tema Halloween, Penuh Kreativitas

2. Tidak sabar dalam proses 

ilustrasi pria yang sedang mengukir (unsplash.com/@linalitvina)

Salah satu penyebab kreativitasmu mati adalah tidak sabar dalam proses yang dilakukan dan lebih fokus terhadap hasilnya. Ketika kamu merasa tak sabar dan hanya ingin langsung mendapatkan hasilnya, kreativitas yang kamu miliki akan terhambat dan tidak akan maksimal. Maka dari itu, kamu perlu bersabar dan lebih menikmati setiap proses yang kamu jalani.

3. Terlalu membandingkan dirimu dengan yang lain 

ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/@mehdizadeh)

Ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, secara tak sadar kamu akan menjatuhkan inovasi dan imajinasi unik yang ada di dalam dirimu. Padahal setiap orang memiliki ciri khas sendiri meski dibidang yang berbeda. Buatlah standar kreativitas dirimu sendiri tanpa membandingkannya dengan orang lain, karena setiap orang pasti memiliki kreativitas yang berbeda.

4. Tidak berani mencoba sesuatu yang baru

ilustrasi pria berlumuran cat (unsplash.com/@alicegrace)

Kreativitas sangat membutuhkan keberanian dalam dirimu sendiri. Jika kamu takut melakukan sesuatu yang baru dan takut dalam mengambil risiko, maka kreativitasmu pun akan memudar dengan sendirinya. Coba lah melakukan sesuatu yang berbeda dan tak pernah kamu lakukan sebelumnya, sehingga kamu bisa menemukan sesuatu yang baru yang bisa meningkatkan kreativitasmu.

Baca Juga: Kreativitas Gen Z Jadikan Media Sosial sebagai Mesin Uang

Verified Writer

Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya