TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merancang Masa Depan Pekerjaan, 8 Hal Ini Harus Kamu Pikirkan!

Demi masa depanmu yang panjang

unsplash.com/Hunters Race

Semua orang tentu punya cita-cita. Besar kecilnya impianmu tergantung sudut pandang mana yang ingin kamu lihat. Mempunyai tujuan itu penting, karena kamu akan berjuang di dalamnya dan kamu harus merasa percaya diri untuk mendapatkannya.

Tak sedikit orang bingung dalam menentukan masa depan pekerjaan. Apa yang ingin kamu bangun dan apa yang sebenarnya ingin kamu lakukan. Mau lari dalam profesi apa pun kamu tetap harus bertanggung jawab sepenuhnya atas keputusanmu.

Tentukan apa yang ingin kamu lakukan, setidaknya kamu harus bahagia dan miliki motivasi untuk mempertahankan profesimu. Untuk merancang masa depan pekerjaanmu, kamu harus mempertimbangkan hal-hal ini.

1. Ketahui bagaimana detail karier yang kamu pilih

unsplash.com/Icons8 Team

Jangan hanya memilih suatu profesi karena itu terlihat keren atau bisa dibanggakan tapi lihat juga bagaimana tanggung jawab dan tekanan yang akan kamu hadapi nanti. Kamu harus mengetahui manis, pahitnya pekerjaan yang akan kamu jalankan. Maka saat sesuatu yang buruk datang, kamu sudah tahu dengan risiko terbesar pekerjaanmu.

2. Tentukan apa yang menjadi motivasi kamu memilih profesi tersebut

unsplash.com/Ian Schneider

Apa motivasimu memilih pekerjaan tersebut? Jika itu karena uang maka jangan mengeluh banyak tekanan. Jika itu karena passion maka jangan berhenti, hanya karena uang yang kamu hasilkan di awal lebih sedikit. Semua butuh proses, mau jadi apa pun kamu, asal kamu menjalaninya dengan perasaan suka tanpa banyak menyerah.

3. Tak ada profesi yang lebih mudah

unsplash.com/Bruce Mars

Kamu mau mencari profesi yang bagaimanapun tetap tak ada yang lebih mudah, semua punya tekanan. Semua pekerjaan punya tanggung jawab yang dibebankan. Tak ada yang lebih mudah atau terlalu sulit. Kamu hanya harus menerima tantangan, karena itu akan membuatmu berkembang dan mendewasakan.

Baca Juga: Gak Perlu Insecure, 5 Tips Percaya Diri Saat Karier Pasangan Naik

4. Meski hobimu dijadikan profesi bukan berarti tanpa hambatan

unsplash.com/Markus Spiske

Banyak orang yang tadinya hanya sekedar hobi tapi kemudian dari hobi tersebut bisa menghasilkan suatu keuntungan yang besar. Namun bukan berati itu mudah tanpa rintangan dan tanpa masalah. Tetap saja kamu harus kerja keras dan hambatan akan selalu ada.

Jadi, kenapa tidak? Menjajaki hobi yang ternyata bisa menjadi sumber keuntungan.

5. Ketika menjalani jangan setengah hati

unsplash.com/Bailey Torres

Jangan ragu dan setengah-setengah dalam menjalani. Ingat motivasimu hingga kamu memutuskan memilih profesi tersebut. Karena tak ada yang berjalan baik jika kamu hanya setengah hati. Fisik lelah dan kamu pun tak bahagia. Maka bersemangatlah agar apa yang kamu perjuangkan tidak sia-sia.

6. Fokus dan konsisten

unsplash.com/Bench Accounting

Tak perlu banyak keahlian yang ingin diraih, meski punya keahlian yang segudang itu bukan sesuatu yang buruk. Tapi ketika kamu memaksakan ingin bisa dalam segala hal, sering kali kehilangan fokus karena banyak tujuan. Satu fokus saja dan kamu konsisten maka hal itu bisa membuatmu berhasil.

Kamu harus tahu apa yang kamu kuasai dan apa yang ingin kamu lakukan. Posisikan dirimu di tempat yang benar, yang memang kamu expert di bidangnya.

7. Ketika masalah datang di kemudian hari, jangan lari

unsplash.com/Sebastian Herrmann

Jangan mudah menyerah jika suatu masalah datang tak terduga. Mau alih profesi apa pun masalah akan selalu terjadi, maka jangan lari. Mau pindah tempat kemanapun akan ada hal yang tak  disukai. Masalah ada untuk meningkatkan kualitas diri. Agar jika hal serupa terjadi, kamu ada dalam kemampuan untuk mengatasi.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Verified Writer

Nurul hildayani

nurulhildayani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya