Comscore Tracker

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Biar gak kelamaan menganggur

Ketika baru saja menyelesaikan perkuliahan, beberapa orang pasti pernah merasa bingung apa yang harus dilakukan setelah lulus dan kesulitan untuk mencari jalur karier apa yang harus diambil. Ada juga yang sudah ditolak berkali-kali oleh perusahaan atau mungkin ada juga yang masih menunggu panggilan interview.

Jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami masalah-masalah tersebut, yuk simak tujuh tips mudah membangun karier untuk kamu yang baru saja lulus kuliah.

1. Dapatkan keterampilan sebanyak mungkin

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@kalvisuals

Tak ada salahnya kamu mempelajari banyak keterampilan bahkan di luar bidangmu sekalipun. Selain menyenangkan, banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan jika memiliki banyak keterampilan. Semakin banyak keterampilan yang kamu peroleh, semakin banyak peluang pekerjaan yang layak dan sesuai yang kamu inginkan. Tak hanya itu, memiliki banyak keterampilan juga menjadi nilai plus lho saat kamu melamar pekerjaan.

2. Bangun relasi seluas mungkin

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@productschool

Memang harus diakui, membangun relasi adalah hal paling penting dalam membangun karier. Semakin luas relasi atau channel yang kamu miliki, biasanya perusahaan akan sangat tertarik denganmu karena mereka akan berpikir kamu bisa menjadi peluang untuk bertemu investor baru.

Jika kamu sulit untuk menemukan koneksi yang bagus, hal sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjadi orang yang bersahabat dengan semua orang yang kamu temui. Karena kamu tak pernah tahu dengan siapa mereka terhubung atau terlibat, yang mungkin saja bisa membantumu suatu saat.

Kamu juga bisa bergabung dengan suatu organisasi atau komunitas yang memungkinkanmu bertemu banyak orang dari berbagai kalangan.

3. Menghadiri atau mengikuti seminar dan pelatihan

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@wonderlane

Seperti poin sebelumnya, membangun relasi sangatlah penting. Dengan mengikuti seminar atau pun pelatihan, akan memberikanmu lebih banyak kesempatan bertemu dan membangun relasi dengan orang-orang.

Tak hanya mendapatkan relasi, banyak hal lain yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti seminar dan pelatihan. Kamu tentunya akan mendapatkan wawasan dan pengalaman baru yang tak pernah kamu dapatkan sebelumnya. 

Selain itu saat mengikuti seminar atau pelatihan, biasanya kamu akan mendapatkan sertifikat yang tentu sangat berguna untuk dilampirkan saat melamar pekerjaan yang akan jadi nilai tambahan untukmu.

Baca Juga: Baru Lulus, Ini 5 Manfaat Tidak Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

4. Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Kemampuan komunikasi akan menjadi persyaratan dasar dalam sebuah pekerjaan. Semakin baik kemampuan berkomunikasimu, semakin besar perusahaan yang akan tertarik padamu.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga akan mempermudahmu saat wawancara kerja. Ketika kamu memiliki tata bahasa yang baik, kamu akan lebih mudah menyampaikan ide yang bisa meyakinkan perusahaan jika kamu adalah orang yang kompeten.

5. Merawat penampilan dan jadi pribadi yang menyenangkan

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@shadex_bona

Tak bisa dipungkiri penampilan sangatlah penting dalam dunia pekerjaan. Ketika kamu memiliki penampilan yang rapi dan menarik, perusahaan akan sangat menghargaimu dan menjadi nilai lebih untukmu. Maka dari itu, belajarlah untuk berpenampilan rapi dan bersih. Jika kamu perempuan, kamu bisa belajar menggunakan riasan, namun usahakan untuk tetap tidak terlihat berlebihan agar terkesan lebih profesional.

Selain penampilan, kamu juga harus memiliki pribadi yang menyenangkan dan ramah. Tentu saja dengan begitu, orang-orang di sekitarmu akan menjadi nyaman dengan energi positif yang kamu pancarkan.

6. Pilih pekerjaan yang sejalan dengan karier impianmu

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@bradneathery

Tentu saja jika bekerja dengan bidang yang kita sukai dan kuasai, maka pekerjaan akan terasa lebih mudah dan hasil kerja yang kamu berikan pun akan lebih maksimal. Namun jika itu belum memungkinkan atau kamu belum mendapatkan kesempatan karena suatu keadaan, kamu bisa mencari pekerjaan yang cukup mendekati bidangmu. Misalnya kamu ingin menjadi pengacara, maka kamu bisa bekerja di kantor firma hukum apa pun posisinya. Karena setidaknya kamu berada di dalam lingkungan yang sama dengan pekerjaan impianmu, karena bukan tak mungkin suatu saat kamu bisa mewujudkannya.

7. Coba untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya

7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliahunsplash.com/@element5digital

Saat ini gelar memang menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan jenjang karier. Semakin tinggi jenjang pendidikanmu semakin baik posisi yang bisa kamu dapatkan di pekerjaanmu.

Namun sebelum kamu lanjut ke jenjang pascasarjana, alangkah baiknya jika kamu mencari pengalaman kerja minimal satu sampai dua tahun. Karena jika kamu lulus pascarsarjana tanpa ada pengalaman bekerja, kamu justru akan sulit mendapatkan pekerjaan karena kamu melebihi kualifikasi perusahaan untuk seorang pemula.

Perusahaan akan enggan memberikanmu posisi tinggi tanpa memiliki pengalaman yang cukup. Oleh karena itu, jika kamu sudah memiliki pengalaman bekerja, tak ada salahnya untuk melanjutkan jenjang pendidikanmu untuk mempermudahmu dipromosikan oleh perusahaan.

Itu dia tujuh tips membangun karier untuk kamu yang baru saja menyelesaikan jenjang perkuliahan. Kuncinya adalah tetap bersabar dan berusaha, serta nikmati setiap perjalanan yang kamu lalui.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Jika Ingin Sukses Setelah Lulus Kuliah

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya