TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips yang Bisa Kamu Coba Saat Mengalami Writer’s Block

Cukup tenangkan pikiran dan semua akan dapat kamu atasi

unsplash/JESHOOTS.COM

Writer’s block adalah sebuah kondisi di mana penulis mengalami kebuntuan dan tidak dapat menuangkan ide-ide mereka ke dalam sebuah tulisan. Kondisi semacam ini memang lazim dialami oleh hampir sebagian besar penulis. Beberapa akan dapat mengatsinya dan kembali fokus menulis, namun sebagian yang lain justru mengalami kesulitan untuk keluar dari masalah ini hingga merasa tidak mampu lagi menulis.

Sebenarnya, cara mengatasi kondisi ini bergantung pada pola pikirmu. Jika terus berpikiran negatif, kamu hanya akan tetap terjebak dalam kebuntuan. Sedangkan saat tetap berpikiran positif dan fokus pada solusi, semua akan dapat dilewati dengan mudah.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi writer’s block yang sedang dialami.

1. Berhentilah menulis sebentar untuk menyegarkan pikiranmu kembali

unsplash.com/Steve Johnson

Saat ide-idemu mulai terjebak kebuntuan, ada baiknya berhenti sebentar dan jangan memaksa untuk tetap menulis. Bisa jadi kondisi yang sedang kamu alami saat ini merupakan alarm dari otak bahwa tubuh dan pikiranmu sedang lelah.

Memaksa diri untuk tetap menulis saat ini juga karena alasan deadline justru tidak akan memberimu hasil yang maksimal. Salah-salah, tulisanmu hanya akan berakhir dengan revisi atau malah penolakan dari editor.

Kamu sebenarnya hanya butuh jeda waktu untuk sekadar melakukan penyegaran pikiran agar ide-idemu kembali mengalir lancar.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Temukan Ide untuk Menulis di Saat Pikiran Sedang Buntu

2. Lakukan rutinitas sehari-hari juga

unsplash.com/Christin Hume

Jangan hanya karena target menulis atau justru sedang dikejar deadline, kemudian membuatmu meninggalkan rutinitas sehari-hari. Padahal aktivitas semacam ini dapat membantu mengistirahatkan pikiranmu, termasuk saat sedang mengalami writer’s block.

Akan ada masa di mana kamu merasa jenuh jika melakukan aktivitas itu-itu saja, sekalipun ini berkaitan dengan pekerjaan yang bermula dari hobi seperti menulis. Kamu perlu mengimbangi pekerjaan yang sedang kamu lakukan dengan rutinitas sehari-hari. Selain untuk antisipasi kejenuhan, keseimbangan semacam ini juga sebagai usaha untuk me-refresh pikiran.

3. Alihkan kebuntuan pada hobimu yang lain

unsplash.com/Brenda Godinez

Meski menulis sebenarnya adalah juga hobimu, tapi saat kebuntuan menghampiri, mulailah untuk mengalihkan sejenak aktivitasmu pada hobi yang lain. Entah itu sekadar membaca, menonton film, atau memasak, pengalihan ini ternyata cukup ampuh untuk mengatasi writer’s block yang menyerang.

Semacam cooling down, kepenatan pikiran karena harus terus menggali ide-ide baru, akan semakin berkurang. Alhasil saat kembali pada realita menulis, tanpa kamu sadari setiap kalimat akan mengalir dengan mudahnya.

4. Cobalah untuk mengganti suasana

unsplash.com/Nick Morrison

Terkadang kebuntuan yang sedang dialami terjadi karena suasana yang kurang mendukung. Mungkin ruang kerjamu terlalu kaku hingga membuat pikiran seperti dipaksa untuk terus bekerja dalam tekanan.

Cobalah untuk mengubah ruang kerjamu. Kamu bisa menciptakan ruang kerja yang lebih santai dan jauh dari tegang. Buka jendelamu dan biarkan udara segar masuk termasuk suara-suara alam yang menenangkan. Bahkan jika sangat diperlukan, kamu bisa menulis di tempat baru di luar ruang kerjamu selama ini.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kalau Menulis Justru Bisa Kamu Jadikan Pekerjaan Utama 

Verified Writer

T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya