TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasi

Jangan sia-siakan kesempatan, ya!

ilustrasi seseorang yang percaya diri (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sebagai anak muda, kamu tentu dihadapkan dengan berbagai pilihan karier yang ada di depan mata. Setiap pekerjaan tersebut pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu perlu menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Jika kamu ada ketertarikan untuk berwiraswasta, jangan abaikan kesempatan itu. Tidak dimungkiri, memang akan muncul keraguan dan ketakutan karena harus berjuang lebih keras dari pada memilih untuk menjadi karyawan atau mengabdi pada negara, tetapi justru di situ potensi dirimu akan ditempa.

Supaya lebih yakin, berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berani memulai usaha di usia muda.

1. Semangat masih membara

ilustrasi presentasi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Usia muda adalah masa di mana semangat masih sangat membara. Energi yang melimpah tersebut butuh disalurkan dengan cara yang tepat agar bisa memberikan dampak positif yang berguna untuk kehidupan, salah satunya adalah membangun usaha.

Bila ada keinginan untuk memulai usaha selagi muda, carilah cara untuk mewujudkan impian tersebut. Kumpulkan referensi, belajar dari banyak ahli, dan mulai eksekusi. Kamu akan mendapat banyak pengalaman berharga saat merasakan jatuh bangun membangun usaha tersebut.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Ini 8 Hal yang Cuma Dimiliki Pacar Wiraswasta

2. Banyak waktu untuk belajar dan berinovasi

ilustrasi memilih pakaian (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Anak-anak muda biasanya punya kreativitas tanpa batas. Banyak pemikiran-pemikiran menarik yang dirasa mustahil bagi orangtua, tetapi bisa diwujudkan dengan berbagai cara oleh generasi muda tersebut.

Jika terjun ke dunia usaha di usia belia, bukan tidak mungkin akan lebih sukses suatu hari nanti karena kesempatan untuk berinovasi terbuka lebar. Anak muda akan menemukan berbagai cara untuk keluar dari permasalahan, sehingga usaha bisa tetap berjalan dan semakin berkembang.

3. Risiko belum terlalu besar

ilustrasi rencana bisnis (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Memang harus diakui bahwa tidak semua bisnis akan berhasil pada percobaan pertama. Namun, membangun usaha di usia muda, apalagi dalam kondisi masih lajang, seharusnya akan menghadapi risiko kerugian yang lebih kecil.

Orang yang masih muda sering kali hanya menanggung hidupnya sendiri sehingga jika menemui kegagalan, dampak terbesar hanya akan dirasakan seorang diri. Berbeda ketika memulai bisnis saat sudah berkeluarga, karena jika rugi, maka banyak orang yang turut merasakan akibatnya.

4. Bisa menabung dalam jangka waktu yang lama

ilustrasi uang tunai (pexels.com/Alexander Mils)

Ketika berhasil membangun bisnis di usia belia, kamu bisa memperoleh penghasilan dan mulai menabung sedini mungkin. Bila terus konsisten, maka tidak mustahil bahwa kamu akan mampu mengumpulkan uang dalam jumlah besar yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Selama usaha terus berjalan, kamu akan tetap bisa mengisi tabungan. Hasilnya, kamu akan mampu memiliki dana pensiun dengan jumlah besar untuk menjelang hari tua nanti.

Baca Juga: 5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredup

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya