TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Kalau Kamu Selalu Update CV Secara Rutin, Yuk Lakukan!

Jangan malas memperbarui CV kamu secara berkala!

au.finance.yahoo.com

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu syarat yang harus kamu penuhi ketika akan melamar kerja. Lembaran CV yang kamu buat menggambarkan perjalanan hidupmu dari waktu ke waktu, sehingga kamu perlu memperbaruinya secara rutin. 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu rajin memperbarui CV secara teratur:

1. Sebagai bahan evaluasi untuk diri sendiri

insidehighered.com

Dengan rajin update CV, kamu bisa memonitor perkembangan karier, prestasi, serta keahlian yang kamu punya. Dengan memperbarui CV, secara otomatis kamu akan me-review kembali posisi atau prestasimu di tempat kerja saat ini dan membandingkannya dengan apa yang kamu harapkan.

Kamu bisa mengevaluasi dan bertanya kepada diri sendiri, seperti "Dengan ilmu dan keahlian yang saya miliki, apakah saya cocok bekerja di perusahaan ini dan menempati posisi ini?" atau "Setelah bekerja sekian lama di perusahaan ini, apakah jenjang karier dan prestasi kerja saya sudah berkembang?". Pada akhirnya, kamu akan bisa mengenali dirimu lebih dekat lagi.

Baca Juga: Salah Melamar Kerja? ini 5 Alasan Pentingnya untuk Tetap Profesional 

2. Untuk menyusun strategi karier ke depan

blackenterprise.com

Selain mampu mengevaluasi dan mengenali diri sendiri, rajin update CV juga akan membuatmu lebih mudah menyusun strategi karier ke depannya. Kamu bisa mengukur berbagai capaian yang telah kamu raih dan kontribusimu selama bekerja di perusahaan saat ini. Kalau kamu merasa prestasi atau kontribusimu masih kurang, kamu bisa menyusun beragam strategi untuk meningkatkannya.

3. Bisa menjadi pemicu semangat untuk mengejar prestasi!

freepik.com

Dalam membuat CV, ada baiknya kamu hanya menyajikan informasi yang relatif baru. Misalnya, kalau kamu seorang fresh graduate S1, sebaiknya kamu gak menampilkan mengenai prestasimu saat SMA karena sudah terlalu lama dan gak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Mau gak mau, kamu pun harus move on dan berbesar hati menghapus prestasi yang "sudah jadul" itu dan berusaha mencari berbagai prestasi baru sebagai penggantinya.

4. Sebagai persiapan untuk mencari pekerjaan sampingan

forbes.com

Jangan heran, saat ini CV juga banyak dipakai sebagai senjata untuk mencari pekerjaan sampingan. Nyatanya, gak sedikit perusahaan dan start-up yang tertarik untuk mempekerjakanmu sebagai freelancer kalau CV kamu memang benar-benar menarik dan penuh informasi update.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Verified Writer

Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya