TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Mengembangkan Potensi Karier

#IDNTimesLife Siapa tahu bisa naik gaji nih!

Ilustrasi pria melihat jam tangan (Pexels.com/Ono Kosuki)

Setiap orang memiliki beragam kebiasaan yang berkaitan dengan perilakunya masing-masing. Tentu saja kebiasaan tersebut biasanya akan sangat memengaruhi kesehariannya.

Bahkan, tak jarang jika terdapat pula kebiasaan-kebiasaan sepele yang justru bisa memiliki dampak baik untuk meningkatkan potensi karier. Beberapa kebiasaan sepele berikut ini bisa menjadi contohnya.

Orang yang gemar membaca biasanya memiliki banyak pengetahuan. Semua pengetahuan tersebut tentunya diperoleh dari apa yang ia baca. Meski memperoleh banyak informasi dan pengetahuan, kebiasaan membaca juga harus diikuti dengan prosesnya yang selektif.

Hal ini untuk membuatmu tidak mudah termakan isu bohong. Jika ilmu yang diperoleh benar, maka akan sangat membantu dalam membangun banyak kerangka berpikir untuk meningkatkan potensi kariermu.

1. Gemar membaca segala informasi dan selektif memilihnya

Ilustrasi membaca buku (Unsplash/Christin Hume)

Baca Juga: 5 Tips Menentukan Lebih Baik Pilih Cinta atau Karier?

2. Memiliki perencanaan jangka pendek dan panjang

Ilustrasi membuat rencana (Unsplash/Kelly Sikkema)

Manusia memang sejatinya hanya dapat berencana, sedangkan Tuhan lah yang menentukan hasilnya. Tentunya hal ini lah yang kemudian membuat manusia memiliki kewajiban untuk tetap berusaha dalam merencanakan setiap halnya.

Perencanaan ini juga termasuk ke dalam rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang. Semua perencanaan yang dipersiapkan dengan matang akan sangat membantu dalam pengembangan kariermu.

3. Terus melatih kemampuan diri

Ilustrasi pria sedang berpikir (Unsplash/Bermix Studio)

Tak banyak yang tahu bahwa seseorang mungkin memiliki bakat dan motivasi dalam dirinya, namun semua itu sia-sia apabila tidak rajin dilatih. Proses berlatih adalah kunci dari kesuksesan suatu pekerjaan.

Jika kamu termasuk ke dalam orang yang tak ragu dalam melatih diri, maka kamu tentunya memiliki kesempatan baik dalam meningkatkan potensi karier. Hal ini akan membuatmu menjadi pribadi yang memiliki lebih baik lagi.

4. Berani untuk bertanya

Ilustrasi dua orang mengobrol (Pexels/Christina Morillo)

Ada pribahasa yang mengatakan bahwa malu bertanya, maka sesat di jalan. Pepatah itu lah yang mungkin harus menjadi bagian dari kebiasaan sepele yang dimiliki. Tak semua orang bisa memiliki banyak hal, kadang kala kita harus bertanya untuk memperoleh jawabannya. Jika memang merasa bingung akan suatu hal, maka jangan ragu untuk bertanya dan memperbanyak informasi.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan bagi Perempuan Karier, Dompet Tetap Sehat!

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya