TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Contoh Kesetaraan Gender yang Ada dalam Dunia Kerja, Sudah Tahu?

Perempuan dan laki-laki memiliki posisi serta kesempatan yang sama

Ilustrasi kesetaraan gender di kantor (Pexels/cottonbro)

Kesetaraan gender merupakan salah satu hal yang banyak diperjuangkan, termasuk untuk urusan pekerjaan. Keberadaan kesetaraan gender membuat pria dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk dapat bekerja secara nyaman.

Tentunya memperjuangkan kesetaraan gender di lingkungan kerja tidaklah mudah sebab pada beberapa kasus juga masih terdapat diskriminasi, baik untuk perempuan maupun pria. Untuk lebih mengenal seperti apa contoh dari kesetaraan gender yang ada di lingkungan kerja, kamu dapat melihatnya dari beberapa hal berikut ini.

1. Kebebasan berpendapat tanpa terbatas gender

Ilustrasi komunikasi antar pegawai (Unsplash/Jason Goodman)

Berpendapat dalam dunia pekerjaan merupakan hal yang sangat lumrah. Hal ini tentunya akan memengaruhi banyak hal penting, termasuk proses pengambilan keputusan dalam bekerja.

Melalui kesetaraan gender yang ada, semua orang dapat dengan bebas berpendapat sesuai kapasitasnya tanpa terbatas gender. Hal ini tentu akan memberikan kebebasan serta rasa nyaman selama menjalani pekerjaan.

Baca Juga: [OPINI] Menilai Unsur Kesetaraan Gender dalam Sila ke-5 Pancasila

2. Memimpin sebuah divisi atau perusahaan

Ilustrasi seorang bos perempuan (Pexels/Christina Morillo)

Pemimpin dalam sebuah perusahaan memang sering kali dikaitkan oleh pria. Padahal, faktanya perempuan juga mampu memimpin sebuah divisi atau perusahaan dengan kemampuannya sendiri.

Hal ini tentu menunjukkan bahwa baik pria atau pun perempuan sama-sama memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat diandalkan. Dengan adanya kesetaraan gender, tidak ada tindakan diskriminatif terhadap suatu gender jika ingin menjadi pemimpin dalam lingkungan kerja.

3. Keamanan yang terjamin bagi semua orang

Ilustrasi rekan kerja mengobrol (Unsplash/Cherrydeck)

Keamanan dan kenyamanan dalam bekerja juga merupakan salah satu contoh dari kesetaraan gender. Terkadang ada banyak ancaman yang berkaitan dengan kekerasan atau pelecehan seksual terhadap gender tertentu.

Untuk membuat kesetaraan gender berlaku bagi semua orang, lingkungan kerja pun harus terjamin secara keamanan dan kenyamanannya. Melalui cara demikian, proses bekerja juga dapat dilakukan secara lebih maksimal.

4. Kesempatan potensi karier yang setara

Ilustrasi prospek bekerja (Unsplash/Cytonn Photography)

Siapa pun pasti memiliki harapan yang sama untuk dapat memperoleh potensi karier yang terus berkembang ke depannya. Hal ini tentu juga harus didukung oleh kesetaraan gender yang baik di dalam lingkungan kerja.

Bila seseorang dapat bekerja secara maksimal, tentunya potensi karier yang akan dimiliki juga terus menanjak. Dengan demikian, pria dan perempuan bisa sama-sama berusaha dan berkompetisi secara sehat untuk memperoleh potensi karier yang setara.

Baca Juga: Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPPA Apresiasi Program PNM Mekaar

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya