TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dihindari saat Memperoleh Kepercayaan Bos

Tidak mudah dalam memperoleh kepercayaan dari bos sendiri

ilustrasi bos dan pegawai (unsplash.com/amyhirschi)

Dalam melaksanakan proses pekerjaan di kantor, sering kali ada banyak hal yang akan menentukan keberhasilan dan kesuksesan. Salah satunya adalah rasa percaya yang diberikan oleh bos pada dirimu. Kepercayaan tersebut nilainya mahal, sehingga harus senantiasa dijaga.

Jika kamu sudah memperoleh kepercayaan dari bos, maka jangan sampai kamu merusak kepercayaan tersebut. Untuk terhindar dari hal tersebut, beberapa kesalahan berikut ini harus kamu hindari guna menjaga kepercayaan dari bos.

1. Tidak menjalin komunikasi yang jelas

ilustrasi bekerja (pexels.com/@visual-tag-mx)

Komunikasi dikenal sebagai fondasi utama dari segala macam hubungan yang dijalani. Tak terkecuali tentu saja hubungan antara para pegawai dengan bosnya sendiri. Jika komunikasi yang dijalani tak berjalan baik, maka tentu dampak ke depannya akan kurang baik.

Hal yang disayangkan tentu apabila setelah memperoleh kepercayaan dari bos, kamu justru tidak menjalin komunikasi yang jelas dan baik. Bukan tak mungkin hal ini akan memengaruhi hubunganmu dan bos ke depannya.

Baca Juga: 5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasan

2. Menyepelekan pekerjaan

ilustrasi orang malas (Unsplash/Adrian Swancar)

Mendapatkan kepercayaan dari bos merupakan hal langka yang tak semua pegawai dapat peroleh. Momen inilah yang membuatmu semestinya dapat mensyukuri hal tersebut, serta dapat meningkatkan semangat dalam bekerja. Kepercayaan tersebut dapat menjadi pendorong dari motivasimu ke depannya.

Tentu akan sangat disayangkan apabila kamu justru jadi kerap menyepelekan pekerjaan pasca memperoleh kepercayaan dari bos. Hal ini bukannya meningkatkan etos kerja, justru hanya akan mencari bumerang tersendiri untuk kariermu ke depanya.

3. Menyelewengkan kekuasaan

ilustrasi rasa malas (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Bagi para pegawai yang memperoleh kepercayaan bos, biasanya hal ini juga akan diikuti dengan kekuasaan baru dalam posisi jabatan. Tentunya ini menjadi hal yang patut disyukuri, apalagi jika bos memang sudah benar-benar menaruh kepercayaan maksimal padamu.

Jangan sampai kamu justru menyelewengkan kekuasaan yang dimiliki hanya untuk tujuan yang tak jelas. Dampaknya akan membuatmu merasa kesulitan dan dapat berpotensi memperoleh pemecatan ke depannya.

4. Tak menghargai orang lain

ilustrasi berdiskusi (pexels.com/@jopwell)

Memperoleh kepercayaan dari bos memang seolah menjadi satu kebanggaan tersendiri. Namun, jangan sampai kebanggaan tersebut justru membuatmu sombong dan bersikap kasar pada orang lain. Apalagi jika kamu sampai mengkotak-kotakan orang lain sesuai posisinya dalam bekerja.

Ketidakmampuanmu dalam menghargai orang lain dapat memberikan blunder tersendiri. Bukan tidak mungkin sikapmu tersebut akan membuat bos pun jadi kehilangan respect dan kepercayaannya atas dirimu.

Baca Juga: 5 Cara agar Selalu Dipercaya Atasan di Tempat Kerja, Karier Maju Pesat

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya