Comscore Tracker

5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasan

Sudah tahu caranya?

Ketika berada di dalam lingkungan kerja, kamu wajib menunjukkan seberapa besar totalitasmu. Hal ini dilakukan agar atasan merasa tidak sia-sia dalam membayarmu.

Selain itu, kamu juga wajib berusaha untuk membangun dan mempertahankan citra baik di sana. Caranya, kamu harus bisa mendapatkan kepercayaan lebih oleh atasan. Itu tidak mudah dilakukan sebab kamu wajib terus-terusan memperlihatkan kualitas dirimu.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar kepercayaan bosmu bertambah terhadapmu. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Cobalah untuk bersikap perfeksionis dalam menyelesaikan tanggung jawab

5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasanilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pertama, kamu wajib bersikap perfeksionis setiap kali dalam melakukan tanggung jawab. Maksudnya, kamu gak harus bisa menyelesaikan pekerjaan sampai meraih hasil yang sempurna ataupun mendekati. Meskipun susah, hal ini akan sangat ampuh untuk membangun citramu di hadapan bos.

Selanjutnya, kamu juga harus bisa memperhatikan detail sekecil-kecilnya agar sebuah kesalahan tidak muncul. Dengan begitu, nantinya bosmu pasti akan lebih percaya untuk melimpahkan pekerjaan lain yang sejalan dengan hal tersebut kepadamu.

2. Tunjukkan seberapa gampang kamu beradaptasi dalam pekerjaan apapun

5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasanilustrasi bekerja (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Boleh dibilang bahwa kemampuan beradaptasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia kerja. Entah itu beradaptasi terhadap lingkungan, hal itu wajib dilakukan dengan pekerjaan. Contohnya, saat kamu menghadapi pekerjaan baru, kamu wajib bisa mempelajarinya.

Hal ini tidak mudah dilakukan sebab kamu harus mengeluarkan kemampuan berlebih agar bisa mempelajarinya. Setelah hal itu dilakukan, percayalah bahwa hasil baik pasti akan didapat. Atasanmu pasti akan lebih percaya terhadapmu dalam setiap pekerjaan baru.

Baca Juga: 5 Tips Merebut Hati Atasan Tanpa Jadi Penjilat, Bisa Dongkrak Kariermu

3. Kamu bisa memperlihatkan hasil kerjamu yang konsisten baik

5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasanilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selanjutnya, kamu bisa memperlihatkan hasil kinerjamu selama ini saat berada di sana. Tunjukkan konsistensimu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik. Namun, untuk mencapai hal seperti ini, kamu wajib totalitas dalam setiap pekerjaan yang ada.

Dengan begitu, bosmu pasti akan mengapresiasi setiap detail yang sudah kamu lakukan terhadap pekerjaan. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah lupa untuk memperlihatakan hasilmu kepada atasanmu agar mereka mengetahui seberapa kualitas dirimu.

4. Jangan lupa untuk senantiasa ramah kepada beliau

5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasanilustrasi bersalaman (pexels.com/Sora Shimazaki)

Selain perihal prestasi, kamu juga wajib berusaha menjaga setiap sikap dalam lingkungan kerja. Hal ini berhubungan dengan sopan santun kepada beliau. Ini sering dilupakan oleh seseorang sebab ia terlalu fokus terhadap pekerjaannya.

Padahal, memperhatikan sopan santun adalah sebuah hal yang gak boleh dilupakan. Caranya, kamu bisa senantiasa menggunakan bahasa yang sopan dan enak didengar. Selain itu, kamu juga gak boleh ngobrolin beliau di belakang meskipun sangat menjengkelkan.

5. Jadilah sosok yang disiplin dalam bekerja

5 Cara Bijak agar Kamu Bisa Mendapat Kepercayaan Atasanilustrasi bekerja (pexels.com/Anete Lusina)

Terakhir, kamu harus disiplin dalam melakoni pekerjaan jika ingin mendapatkan kepercayaan lebih terhadap atasan. Maksud dari disiplin di sini adalah kamu harus senantiasa berusaha untuk menjaga waktu. Cobalah untuk senantiasa berusaha datang tepat waktu sebelum bekerja.

Selain itu, kamu juga harus menyelesaikan pekerjaan dengan tidak melebihi deadline. Hal itu nantinya bakal membuat bosmu menjadi menghargai perjuanganmu dalam menjaga kualitas ketepatan waktu. Walaupun susah, nantinya kamu bakal mendapatkan hasil baik dari itu.

 

Dari kelima hal di atas, apakah kamu sudah melakukannya? Jika belum, cobalah untuk mempraktikkannya mulai dari sekarang agar atasanmu bisa menaruh respect lebih kepadamu.

Baca Juga: 5 Kiat Menegur Atasan yang Salah Tanpa Mengancam Karier, Tetap Sopan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya