TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips untuk Gak Bawa Masalah Pribadi ke Pekerjaan, Catat!

Jangan sampai pekerjaanmu terganggu karena masalah pribadi

ilustrasi berpikir (pexels.com/@vanessa-garcia)

Melakukan pekerjaan memang sering kali penuh dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Tantangan tersebut salah satunya mengenai masalah personal yang kerap kali dimiliki. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang sulit apabila sampai tak ada pembatasnya.

Memang bukan hal mudah untuk memisahkan antara masalah pribadi dengan urusan pekerjaan. Namun, kamu dapat melakukan hal tersebut dengan cemat melalui beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Hindari menceritakan masalah pribadi saat bekerja

ilustrasi komunikasi di tempat kerja (unsplash.com/@tiend_)

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat batasan tersendiri pada dirimu. Sering kali banyak orang yang mudah terbawa suasana saat dilanda masalah. Hal ini membuat mereka jadi semudah itu menceritakan masalah pribadinya saat bekerja.

Contoh yang satu ini tentunya justru akan membuatmu kehilangan fokus dalam bekerja. Alih-alih fokus untuk mengerjakan pekerjaan di kantor, kamu justru tak bisa berhenti memikirkan masalah pribadi.

2. Temukan cara untuk merileksasi diri

ilustrasi menonton film (unsplash.com/@freestocks)

Masalah personal memang sering kali membuat pikiran menjadi sulit fokus dan tubuh pun terasa tegang. Hal ini membuat konsentrasi jadi mudah sekali pecah dan dampaknya tentu saja akan terasa pada hasil pekerjaan.

Kamu harus menemukan cara yang tepat untuk merileksasi diri sebelum melakukan pekerjaan. Rileksasi ini wajib agar kamu dapat menyegarkan pikiranmu sejenak dari masalah yang sedang dihadapi. Dengan demikian, kamu jadi lebih siap lagi untuk bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Bertahan di Lingkungan Kerja Toxic, Jangan Langsung Resign!

3. Tentukan tujuan yang realistis

ilustrasi pegawai (pexels.com/@olly)

Setiap pekerjaan biasanya memiliki tujuan tersendiri yang ingin dicapai. Hal inilah yang akan memberikan motivasi tersendiri untuk mencapai target tersebut sedikit demi sedikit. Namun, lain cerita apabila kamu dilanda masalah personal.

Untuk mengantisipasi kemungkinan berbuat salah dalam bekerja, maka tentukan tujuan yang realistis. Jangan memaksakan dirimu untuk mengejar target tinggi, namun dengan suasana hati yang tidak baik.

4. Hindari segala hal pribadi yang dapat memancingmu selama bekerja

ilustrasi pusing bekerja (pexels.com/@punttim)

Masalah pribadi yang dimiliki oleh setiap orang bisa berbeda-beda penyebabnya. Ada yang karena masalah keluarga, percintaan, keuangan, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang harus kamu ketahui, sehingga dapat diminimalisir efeknya selama bekerja.

Cobalah untuk menghindari segala hal pribadi yang dapat memancingmu selama bekerja. Dengan demikian, hal tersebut pun jadi tak akan mengganggu proses bekerjamu. Kamu pun tetap dapat nyaman dalam bekerja tanpa mencampurkan masalah pribadi.

Baca Juga: 5 Tips Sabar Menghadapi Rekan Kerja yang Bossy, Bikin Naik Darah!

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya