TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Gemar Menyalahkan, Gak Nyaman!

Jadi merasa serbasalah jika memiliki rekan kerja demikian

ilustrasi berkonflik (pexels.com/Mikhail-Nilov)

Melakukan pekerjaan di kantor memang bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan rutinitas sehari-hari. Permasalahannya bukan hanya mengenai beban pekerjaan semata, melainkan juga katakter rekan kerja yang kadang kala bisa bermasalah.

Salah satu karakter rekan kerja yang tidak disukai adalah gemar menyalahkan orang lain. Tentu akan terasa tak nyaman bila kamu harus bekerja dengan tipikal orang yang seperti itu. Namun, jika kamu memiliki rekan kerja yang demikian, hadapilah dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Tetap hadapi dengan sabar dan tenang

ilustrasi sikap tenang (unsplash.com/@wocintechchat)

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menghadapinya secara sabar dan tenang. Kebanyakan orang justru mudah terpancing emosi saat disalahkan oleh rekan kerja.

Sikap yang penuh emosi ini hanya akan membuatmu menghadapi kesulitan dan terlibat dalam konflik. Tunjukkanlah sikap yang sabar dan tenang sebab hal tersebut akan membuat rekan kerjamu bingung dalam menyerang pribadimu sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Menegur Rekan Kerja yang Gak Berkontribusi dalam Pekerjaan

2. Menanyakan maksud ucapan rekan kerja

ilustrasi berpendapat (pexels.com/@Jack-Sparrow)

Bisa saja rekan kerja menyalahkan dirimu sebab kesalahpahaman yang mungkin terjadi. Hal ini sangat umum dialami oleh para pegawai, khususnya jika sedang bekerja di bawah tekanan.

Tak ada salahnya jika menanyakan maksud ucapan rekan kerja terlebih dahulu. Hal demikian dapat menghindari segala kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi sebelumnya.

3. Mencari duduk perkaranya

ilustrasi saling berdiskusi (unsplash.com/@dylandgillis)

Segala permasalahan pasti memiliki penyebabnya tersendiri dan kamu tentu harus mengetahui hal tersebut terlebih dahulu. Cobalah untuk mencari tahu duduk perkaranya sebelum mencoba menyimpulkan sesuatu.

Jika kamu telah menemukan duduk perkaranya, kamu akan mengetahui letak kesalahan yang ada. Cara ini dapat dilakukan untuk membantumu dalam membela diri jika terus disalahkan oleh rekan kerja.

4. Mengajak rekan kerja untuk berdiskusi

ilustrasi mengobrol (pexels.com/@Christina-Morillo)

Jika terus menerus hanya menyalahkan, masalah pun tak akan selesai. Itulah sebabnya diperlukan penyelesaian dari kedua pihak melalui sesi diskusi yang dilakukan.

Kamu dapat mengajak rekan kerja untuk saling berdiskusi dalam menemukan permasalahan yang ada sehingga dapat dicari solusinya. Melalui cara diskusi, penyebab kesalahannya juga akan diketahui sehingga kamu dapat membela diri jika memang dirasa tidak bersalah dalam hal ini.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Sering Menyalahkan yang Benar dan Membenarkan Salah

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya