TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Solusi Terbaik untuk Menghadapi Masalah Umum saat Baru Membuka Usaha

Jangan jadikan masalah sebagai penghambat usahamu kelak

Ilustrasi pusing dalam bekerja (Unsplash/Wes Hicks)

Setiap orang memiliki jalannya masing-masing dalam memperoleh pekerjaan. Ada yang melalui bekerja di kantor, ada pula yang menjalankan sebuah usaha.

Dalam membuka suatu usaha tentunya tidaklah mudah sebab ada banyak hal dan masalah yang harus dihadapi. Untuk menghadapinya, kamu tentu memerlukan solusi yang tepat. Beberapa solusi berikut ini cocok diterapkan untuk masalah-masalah umum yang dihadapi pada saat baru membuka usaha.

1. Persiapkan modal yang cukup dan jelas sumbernya

ilustrasi uang dollar (Pexels/Pixabay)

Dalam membuka suatu usaha tentunya modal merupakan hal paling dasar yang harus dimiliki. Tanpa adanya modal tentu saja sebuah usaha tidak dapat berjalan dengan baik.

Biasanya, banyak pengusaha baru yang terkenda dalam masalah permodalan. Tak heran bila sebaiknya modal sudah dipersiapkan sejak awal dengan nominal yang cukup. Selain itu, sumber modal juga harus jelas agar tidak jadi masalah di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu 

2. Mengajak orang tepercaya untuk membangun usaha bersama

Ilustrasi dua pria sedang bekerja (Pexels/Helena Lopes)

Untuk kamu yang bahkan tidak memiliki latar belakang bisnis apa pun, tentunya membuka bisnis sendirian merupakan hal yang sangat berani. Kamu tidak bisa terlalu nekat begitu saja tanpa persiapan yang jelas.

Solusi yang bisa kamu coba adalah dengan mengajak orang yang dipercaya untuk dapat membangun usaha bersama. Cara tersebut dilakukan agar nantinya usaha yang kamu jalankan dalam dijalankan dengan sebaik mungkin.

3. Sudah membuat perencanaan yang matang

Ilustrasi membuat rencana kerja (Unsplash/Kelly Sikkema)

Membuat bisnis tanpa rencana tentunya bagai berjalan tanpa arah. Kamu akan buta dalam menentukan jalan mana yang akan dilewati untuk membawa bisnismu.

Tak heran bila kemudian perencanaan menjadi modal penting untuk dapat membuat usahamu berjalan dengan baik. Buatlah perencanaan dengan sematang mungkin dengan berbagai pertimbangan yang sudah diperhitungkan.

4. Terbuka untuk segala kritik dan saran

Ilustrasi bekerja bersama (Unsplash/Mimi Thian)

Kamu tidak akan dapat memiliki bisnis yang berkualitas bila memiliki mental yang jelek. Hal ini disebabkan kamu membutuhkan banyak sekali kritik dan saran untuk membantu meningkatkan kualitas bisnismu.

Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk merasa sempurna sehingga enggan untuk diberikan kritik atau pun saran. Jika seperti ini, bisnismu pun tidak akan berkembang dengan baik.

Baca Juga: 8 Hal yang Penting untuk Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Kuliner

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya