TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Jitu Buat Kamu yang Sedang Kehilangan Semangat Berolahraga

Coba ingat goals yang telah kamu buat!

ilustrasi berolahraga (pexels.com/William Choquette)

Olahraga tentu sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup bagian sebagian besar orang. Namun, gak jarang seseorang berada di fase kehilangan semangat berolahraga yang selalu bikin jadwal yang telah dibuat jadi berantakan.

Jika kamu berada di fase itu dan sedang bingung cara mendapatkan semangat berolahraga kembali. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba, nih! Yuk, lanjut scroll untuk membaca ulasan tips buat kamu yang sedang kehilangan semangat berolahraga berikut ini.

1. Ingat tujuan awal kamu berolahraga

ilustrasi berolahraga (pexels.com/Vido Boskovic)

Tujuan atau goals yang ingin kamu capai dengan berolahraga tentu bisa menjadi salah satu pemicu semangat berolahragamu. Maka jika sedang berada di fase suntuk berolahraga, coba deh ingat-ingat lagi tujuan awalmu berolahraga.

Gak cuma dengan mengingat goals atau tujuan awal, kamu juga bisa melihat perjuangan yang telah kamu lalui hingga saat itu. Apakah kamu yakin akan menyia-nyiakan perjuanganmu selama ini? 

Baca Juga: 9 Manfaat Sehat Olahraga Voli, Bisa Redakan Stres!

2. Buat target mingguan, tapi jangan terlalu muluk-muluk

ilustrasi berolahraga (pexels.com/Li Sun)

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu ketika membuat target jangan terlalu muluk-muluk. Mulai dari target sederhana kemudian tingkatkan target tersebut jika dirasa bisa kamu capai.

Juga perlu diingat jika kamu baru memulai berolahraga, jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga berat, ya. Sesuaikan saja dengan porsi kesanggupanmu supaya kamu lebih menikmati prosesnya.

3. Jauhkan dirimu dari sesuatu yang dapat mengganggu 

Ilustrasi cowok yang bermain ponsel di sela-sela waktu berolahraga. (pexels.com/Sabel Blanco)

Waktu ingin mulai atau saat berolahraga, kamu bisa menjauhkan sesuatu hal yang dapat mengganggumu. Contohnya, kamu selalu tergoda untuk memaikan ponsel, maka coba jauhkan dulu ponselmu dan mainkan saat sedang istirahat.

Kalau masalah utama kamu kehilangan semangat berolahraga adalah rasa mager atau selalu ingin rebahan. Kamu bisa memaksa dirimu untuk bangun dari tempat tidur dan berolahraga. Memang di awal-awal sangat berat, tapi dengan kamu melakukannya secara terus-menerus, hal itu bisa menjadi kebiasaan yang baik untukmu.

4. Pilih olahraga yang kamu senangi

ilustrasi berolahraga (pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Semangat berolahraga yang sering hilang bisa juga nih karena kamu salah memilih jenis olahraga. Sesuaikan pilihan olahragamu dengan kesenanganmu, ya! Jadi, kamu lebih bersemangat dalam menjalaninya. 

Kalau kamu masih bingung olahraga yang ingin kamu tekuni, coba deh sesuaikan dengan targetmu. Contoh, kalau kamu ingin membentuk otot tubuh, pergi ke pusat kebugaran bisa kamu pilih.

Baca Juga: 9 Lagu KPop Ini Cocok Banget Diputar saat Olahraga, Badan Gerak Semua

Verified Writer

R. Wuzan

🏖️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya