Comscore Tracker

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerja

#ANGPOIN Kuncinya tetap fokus dan harus percaya diri ya!

Merasa tegang menjelang hari pertama masuk kerja, adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa pun. Terlebih jika sebelumnya kamu belum pernah punya pengalaman kerja di tempat lain. Tentu rasa khawatir gak bisa menunjukkan yang terbaik di hari perdana bekerja, akan muncul. 

Agar semakin siap, coba deh terapkan keenam hal berikut jelang hari-H masuk kerja pertama. Mau bagaimana pun juga, yang namanya persiapan itu penting. Tak hanya soal persiapan secara fisik, tetapi juga mental. Kuncinya adalah kamu harus tetap fokus dan percaya diri. 

1. Pastikan kamu tidak datang terlambat

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Markus Spiske

Jika kamu terbiasa bangun siang, mulai sekarang biasakan untuk bangun tidur lebih awal. Misalnya, perusahaan mengharuskan para karyawannya untuk datang pukul 8 pagi, cobalah untuk datang setidaknya 15 menit sebelumnya.

Dengan tidak terlambat datang, akan membuatmu punya waktu untuk mempersiapkan mental, mengenal lingkungan sekitar, dan merasa lebih tenang. 

2. Bawa barang seperlunya saja

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Galymzhan Abdugalimov

Terkadang saking groginya, membuat kita kebingungan harus membawa apa saja ke kantor. Di hari pertama, sebaiknya kamu membawa barang-barang seperlunya saja.

Jangan berlebihan, sampai segala sesuatu yang ada di kamar kamu angkut semua ke kantor. Cukup sediakan alat tulis seperti buku catatan dan bolpoin. Kamu juga bisa membawa laptop, yang baterainya sudah terisi full.

Baru nantinya ketika sudah mendapatkan meja kerja yang pasti, kamu bisa membawa barang keperluan lainnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Pekerjaan Pertamamu Sangat Berkesan Meski Gaji Tak Seberapa

3. Pilih pakaian yang sesuai dengan peraturan perusahaan

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Andrew Neel

Di beberapa perusahaan, tidak menyediakan seragam bagi para karyawannya. Akan tetapi mereka membuat peraturan, untuk menentukan pakaian seperti apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan saat bekerja. Nah, sebelum masuk kerja tentu kamu sudah diberi tahu tentang peraturan tersebut, kan?

Jangan sampai ya, di hari pertama masuk kerja nanti kamu justru melanggar peraturan dengan memakai pakaian yang tidak sesuai. Makanya, persiapkan dulu jauh-jauh hari.

Jika memang kamu gak memiliki baju formal, sempatkan untuk membeli beberapa pasang pakaian. Tak perlu yang mahal, kok asalkan terlihat rapi dan sopan.

4. Jangan ragu untuk bertanya

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Mimi Thian

Wajar kok, jika di hari pertama masuk kerja masih banyak hal yang belum kamu mengerti dan pahami. Makannya, jangan sampai malu untuk bertanya. Dengan aktif mencari tahu, akan memunculkan kesan bahwa kamu mempunyai antusias dengan pekerjaanmu yang sekarang. 

Tapi ingat, jangan lantas apa-apa langsung bertanya, ya. Terkadang kamu juga harus punya inisiatif untuk mencari tahu sendiri. Kalau setelahnya kamu menemui jalan buntu, baru deh tanyakan itu pada yang lebih ahli.

5. Kerjakan tanggung jawabmu dengan maksimal

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Annie Spratt

Apa pun tugas yang diberikan oleh atasan di hari pertama, harus kamu kerjakan dengan sungguh-sungguh. Meskipun tugas yang diberikan menurutmu gampang banget, jangan sampai terlihat menyepelekan. Bisa jadi, itu digunakan bos untuk menguji kemampuanmu.

Kalau kamu bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan maksimal, tentu saja nantinya kamu bakal mendapat tugas-tugas lain yang lebih kompleks.

6. Coba mengakrabkan diri dengan karyawan yang lain

6 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan Menjelang Hari Pertama Masuk Kerjaunsplash.com/Brooke Cagle

Perlu diingat bahwa di kantor tersebut kamu tidak sendirian. Ada karyawan lain yang juga bekerja di sana, dengan posisi dan tugasnya masing-masing. Walaupun tidak dalam satu divisi atau tim kerja, gak ada salahnya kok, kamu coba mengakrabkan diri dengan warga kantor yang lain. Mulai dari office boy hingga karyawan di ruangan lain. 

Bisa membaur dengan semua karyawan akan membuatmu betah bekerja di sana. Kamu juga bakal lekas terbiasa dengan lingkungan kantormu yang baru. 

Jadi itu tadi enam hal yang wajib kamu persiapkan, jelang hari perdana masuk kerja. Tak perlu khawatir berlebihan, ingat dengan sudah diterimanya kamu di perusahaan tersebut, itu berarti kamu telah memenuhi kualifikasi mereka.

Dengan kata lain, mereka menganggap kamu mampu menduduki posisi tersebut. Good luck, ya!

Baca Juga: 5 Cara Melamar Kerja Tanpa Memiliki Pengalaman Sebelumnya

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya