Comscore Tracker

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini 5 Jurus Ampuh untuk Mengatasinya

Jangan buru-buru kesal!

Punya rekan kerja yang hobi bergosip memang menyebalkan. Semua hal bisa dijadikan bahan gosip olehnya, termasuk dirimu.

Eits, jangan buru-buru kesal dan langsung melabraknya. Ingat, kamu dan dia berada di tempat kerja yang sama. Jangan sampai suasana menjadi canggung akibat permusuhan kalian.

Solusinya, sikapi dengan elegan dan dewasa melalui 5 jurus ampuh berikut ini. 

1. Introspeksi dirimu dulu

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini 5 Jurus Ampuh untuk Mengatasinyamytebox.com

Tenangkan diri dulu saat mendengar gosip tentang dirimu. Setelah emosimu bisa dikendalikan, renungkan baik-baik informasi gosip yang kamu dengar. Pikirkan apa memang dirimu benar seperti yang mereka katakan atau tidak.

Jika memang benar adanya, saatnya kamu perbaiki diri. Anggap saja orang yang menyebar gosip ingin menegurmu tapi tidak memiliki keberanian untuk mengatakannya langsung.

Kalau ternyata gosip tersebut tidak benar, abaikan saja. Seiring berjalannya waktu, gosip pasti menghilang dengan sendirinya karena dirimu sudah berubah jadi lebih baik atau kamu terbukti tidak melakukan apa yang digosipkan. 

2. Fokuslah bekerja dan tunjukkan prestasimu

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini 5 Jurus Ampuh untuk Mengatasinyamedium.com

Sebenarnya kamu harus kasihan dengan orang-orang yang menyebarkan gosip tentangmu. Mereka menghabiskan waktunya untuk memikirkan dan membicarakan dirimu.

Ini saatnya kamu mengambil kesempatan untuk melangkah lebih maju daripada mereka yang hanya berani mengomentarimu di belakang. Jadi, manfaatkan waktumu yang berharga untuk fokus dengan pekerjaan. 

Percayalah, kelak prestasimu yang akan membungkam mulut si tukang gosip. 

3. Tetap bersikap profesional di hadapan rekan kerjamu

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini 5 Jurus Ampuh untuk Mengatasinyaworkbook.net

Bertemu dengan rekan kerja yang menggosipkan dirimu memang membuat jengkel. Bahkan, mood untuk bekerja jadi menghilang seketika. Tapi, bukankah mustahil memusuhi rekan kerja yang setiap hari kamu temui dan bisa saja harus bekerja sama sebagai tim?

Daripada membenci si tukang gosip, lebih baik ambil sikap yang lebih anggun dengan tetap profesional di hadapan mereka. Sembunyikan emosimu dan jangan mudah terpancing dengan situasi. Lebih baik sedikit mengalah demi pekerjaan yang beres. 

4. Gosip sudah menyebar dan makin menjadi? Temui sumbernya

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini 5 Jurus Ampuh untuk MengatasinyaUnsplash.com/Kevin Curtis

Umur gosip biasanya tidak lama. Setelah muncul gosip baru, biasanya gosip yang lama akan dilupakan begitu saja. Lantas bagaimana jika gosip tentang dirimu ternyata makin berlarut?

Saatnya kamu ambil tindakan, karena gosip tersebut bisa saja mempengaruhi penilaian orang lain terhadap dirimu. Cari tahu si biang gosip dan temui dia secara langsung di luar kantor.

Berilah klarifikasi mengenai informasi yang sebenarnya dan tanyakan apa dirinya ada masalah denganmu. Selesaikan masalah kalian dengan dewasa dan maafkan ulahnya.

Memang butuh keberanian untuk berkonfrontasi langsung. Namun, lebih baik lakukan daripada gosip menganggu kinerjamu terus-terusan. 

5. Minta bantuan HRD bila gosip sudah mengganggu kinerjamu

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Ini 5 Jurus Ampuh untuk Mengatasinyainc.com

Jika keempat tips di atas masih kurang ampuh untuk menghentikan gosip yang merajalela, kamu bisa mencoba bantuan dari HRD untuk menengahi. Namun, jangan asal lapor kalau kamu belum mengumpulkan buktinya. Bukti bisa berupa rekaman atau saksi mata. 

Kelima tips sudah diberikan. Saatnya kumpulkan keberanian untuk menerapkannya.

Angeline Priscilla Photo Verified Writer Angeline Priscilla

is writing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya