Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap Sehat

Menjaga kesehatan itu penting

Bekerja sebagai karyawan kantor memang menuntut seseorang untuk selalu berada di dalam ruangan dan minim bergerak. Apalagi bagi pekerja yang hanya duduk mengerjakan tugas ditemani satu unit komputer dan berbagai macam berkas. Tentu saja tubuh akan mengalami pegal dan lelah lantaran terlalu banyak duduk. Untuk menyeimbangkan kondisi tersebut, para pekerja kantor harus putar kepala untuk mencari solusi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tujuannya untuk membuat tubuh tetap fit dan sehat meski harus bekerja di dalam ruangan.

Ingatlah, jangan sampai karena bekerja membuatmu menomorduakan kesehatan. Ketahuilah bahwa sehat itu mahal, jika sudah sakit, maka kamu akan kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas. Untuk itu, yuk biasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan positif yang dapat menyehatkan tubuhmu. Ada banyak kebiasaan positif yang dapat membuatmu tetap sehat sebagai pekerja kantor. Berikut ini 5 kebiasaan tersebut. Yuk disimak.

1. Naik sepeda ke kantor

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap SehatUnsplash.com/Flo Karr

Di kota besar seperti Jakarta, sudah banyak pekerja kantor yang mulai mengaplikasikan bersepeda ke kantor. Rutinitas ini sangat bagus dan bermanfaat untuk kesehatan. Terdapat penelitian yang dilakukan University of Glasgow yang menyatakan bahwa bersepeda ke kantor dapat mengurangi risiko kanker, yakni sebesar 45 persen serta risiko penyakit jantung sebesar 46 persen.

Menurut penelitian itu, orang yang mengayuh sepeda dinilai memiliki risiko penyakit jantung juga kanker yang lebih rendah. Untuk itu jangan ragu untuk naik sepeda, selain tubuh jadi sehat, bersepeda juga lebih efisien, terutama di Jakarta dengan kemacetan yang luar biasa, maka bersepeda menjadi alternatif untuk membuatmu sampai lebih cepat ke kantor.

2. Jalan kaki

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap SehatPixabay.com/Hermann

Kebiasaan jalan kaki sangat baik dan menyehatkan untukmu. Jika jarak kantor dan rumahmu tidak terlampau jauh, tidak ada salahnya menggunakan alternatif berjalan kaki untuk menuju kantor. Lakukan kebiasaan ini dan raih manfaatnya. Tubuhmu akan lebih bugar. Selain itu jalan kaki juga dapat mengirit biaya transportasimu ke kantor. Tak hanya itu jalan kaki juga ikut membantu menyehatkan jantungmu. Jadi tunggu apa lagi, berjalan kaki lebih seru dan akan membuatmu bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar, karena dengan berjalan kaki banyak hal yang bisa kamu amati di sekitar.

Baca Juga: Ini 6 Tips Afdol Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor Saat Ramadan

3.Selalu sediakan air putih dalam tas

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap SehatUnsplash.com/Serenity Mitchell

Air putih sangat membantu dan menyehatkan tubuh, air putih bisa membantu meningkatkan kinerja otak, selain itu meminum air putih juga dapat membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh melalui urin. Untuk itu jangan sia-siakan air putih, karena air putih sangat bermanfaat buatmu. Selalu sediakan air putih di dalam tas dan minumlah dengan rutin di kantor. Ingat, 60 persen tubuh kita terdiri dari air, untuk itu air putih sangat membantu untuk meningkatkan sistem tubuh, sebaliknya jika kita kurang minum air putih, maka sistem dalam tubuh ikut terganggu.

4.Sedia camilan buah-buahan

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap SehatUnsplash.com/ Iwona Łach

Buah-buahan memang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain menambah energi, memakan buah juga bisa menjaga berat badanmu, sebab dengan memakan buah-buahan dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan lain seperti makanan cepat saji. Contohnya dengan memakan camilan buah apel, apel sangat kaya akan khasiat seperti menyehatkan rongga mulut dan gigi, menurunkan kolesterol karena serat larut yang ada di apel.Selain itu baik juga untuk pencernaan. So, jangan lupa selalu sediakan camilan buah-buahan ke kantor ya.

5.Tidur cukup dan menghindari begadang

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pekerja Kantor Tetap SehatUnsplash.com/Kasper Rasmussen

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat buatmu, apalagi dengan aktivitasmu yang padat di kantor. Maka sebaiknya biasakan untuk tidak begadang dan tidur cukup di malam hari. Dengan begitu sistem imunmu tetap terjaga. Tidur larut dapat  membuatmu mudah terserang berbagai penyakit. Selain itu manfaat lainnya dengan tidur cukup yakni menjaga kebugaran tubuh, sehingga keesokan harinya kamu bisa bangun dengan kondisi prima dan kembali semangat menjalani hari.

Demikianlah 5 kebiasaan yang bisa membuat pekerja kantor tetap sehat. Hidup sehat perlu komitmen dan di mulai dari diri sendiri. Kalau bukan kamu yang menjaga kesehatanmu sendiri, siapa lagi?

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Menghadapi Suasana Kantor yang Kurang Menyenangkan

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You