Comscore Tracker

5 Faktor yang  Membuat Seseorang Memilih Bekerja Dekat Keluarganya

Gak tersiksa rindu!

Bekerja di mana pun merupakan pilihan setiap orang. Bagi mereka yang telah berkeluarga, mungkin ada yang masih berjuang bekerja lintas kota meskipun harus berjauhan dari keluarga. Namun ada juga mereka yang bekerja di tempat domisilinya berada, sehingga tetap dekat dengan keluarganya. 

Tentu semua pilihan itu memiliki konsekuensi dan merupakan pilihan terbaik yang diambil setiap orang. Adapun

seseorang  yang memilih bekerja dekat dengan keluarganya tentu memiliki alasan tersendiri, sehingga enggan bekerja ke luar daerah.  

Berikut ini beberapa faktor yang membuat seseorang lebih nyaman bekerja di dekat keluarganya.

1. Bisa terus memantau kondisi keluarga

5 Faktor yang  Membuat Seseorang Memilih Bekerja Dekat KeluarganyaPixabay.com/PublicDomainPictures

Seseorang yang memutuskan  bekerja dekat dengan tempat keluarganya tentu dapat setiap saat  memantau kondisi keluarganya,baik itu suami atau istrinya,dan juga anak-anaknya. Momen ini sulit didapatkan jika seseorang bekerja jauh dari keluarganya, entah itu bekerja di luar kota atau bekerja di luar negeri.

2. Beban pikiran berkurang

5 Faktor yang  Membuat Seseorang Memilih Bekerja Dekat KeluarganyaUnsplash.com/Francisco Moreno

Seseorang yang bekerja dekat dengan keluarganya cenderung tidak memiliki beban pikiran yang besar. Ini karena sehari-hari, ia selalu berada di dekat jangkauan keluarga. Beda kasusnya dengan seseorang yang memutuskan bekerja jauh dari keluarga, maka ketika salah satu keluarganya sedang menderita sakit, pikiran pun menjadi kalut apalagi dengan jarak tempat kerja yang jauh dari keluarga. Mau tak mau hal tersebut menjadi beban pikiran.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Profesionalitas dalam Bekerja, Fokus Terus!

3. Pengeluaran lebih efisien dibandingkan bekerja di luar kota

5 Faktor yang  Membuat Seseorang Memilih Bekerja Dekat KeluarganyaPixabay.com/EmAji

Ketika seseorang memutuskan untuk bekerja dekat dengan keluarganya, maka pengeluaran akan jauh lebih efisien dibandingkan jika bekerja jauh dari sanak keluarga. Misalnya, seorang suami memilih untuk bekerja di area domisili tempat ia dan keluarganya tinggal, hal ini membuat pengeluarannya lebih kecil karena tidak perlu menyewa rumah atau kamar kos.

Sebaliknya, jika ia memilih bekerja jauh dari keluarga, maka mau tak mau ia harus menyiapkan budget untuk menyewa tempat tinggal, hingga biaya kebutuhan hidup lainnya seperti makan dan transportasi.

4. Punya waktu banyak bersama keluarga

5 Faktor yang  Membuat Seseorang Memilih Bekerja Dekat KeluarganyaUnsplash.com/Harli Marten

Hal ini menjadi poin penting yang mendorong seseorang mau bekerja dekat dengan keluarganya. Alasannya karena waktu bersama keluarga sangat berharga dan tidak bisa tergantikan. Tak heran ada sebagian orang yang rela bekerja dekat dengan keluarganya meskipun gaji tidak sebesar tawaran bekerja di luar kota.

Jika seorang suami memilih bekerja dekat dengan keluarganya, maka sepulang kerja ia memiliki kesempatan untuk bermain bersama anak-anaknya. Hal ini tidak didapatkan oleh mereka yang bekerja jauh dari keluarga.

5. Tidak tersiksa rindu

5 Faktor yang  Membuat Seseorang Memilih Bekerja Dekat KeluarganyaUnsplash.com/ Naqi Shahid

Tak hanya itu, faktor lainnya yang membuat seseorang nyaman bekerja dekat dengan keluarga karena tidak tersiksa rindu yang begitu berat dengan keluarganya. Bagi pekerja yang jauh dari keluarganya, maka ia dapat tersiksa rindu lantaran sulitnya bertemu keluarga karena terbentang jarak. Makanya momen mudik lebaran setiap tahun kerap diambil sebagian pekerja untuk kembali pulang ke kampungnya demi melepas rindu kepada keluarga.

Demikianlah 5 faktor yang membuat seseorang nyaman bekerja dekat dengan keluarganya. Seperti sepotong bait lagu berjudul "Harta Berharga", harta yang paling berharga adalah keluarga.

Tidak bisa dielakkan, mereka yang bekerja dekat dengan keluarga tentu tak ingin menyia-nyiakan waktu bersama sanak keluarganya. Kalau kamu bagaimana?

Baca Juga: Berat, 5 Kenyataan Ini Akan Dihadapi Fresh Graduate Ketika Bekerja

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya