Comscore Tracker

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di Kantor

Ayok semangat, hari cuti menunggumu!

Malas memang perasaan wajar yang bisa muncul karena kamu dihajar rutinitas. Perasaan ini biasanya kerap menghampiri para pekerja kantoran. Bosan karena selalu menjalani rutinitas yang itu-itu saja membuat semangat padam di tempat kerja.

Lantas bagaimana sih cara menyiasati perasaan malas ini? Coba deh aplikasikan enam cara ini biar bisa produktif meski rasa malas mendera.

1. Bikin to do list yang harus dilakukan hari itu dan fokuslah untuk menyelesaikannya

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di KantorUnsplash/rawpixel

Percaya deh, bikin to do list bakal mempermudahmu untuk menyelesaikan pekerjaan harian. Kamu jadi tahu pasti pekerjaan apa saja yang perlu diselesaikan di hari itu. To do list juga membantumu untuk tetap fokus menyelesaikannya.

2. Beri reward pada diri sendiri, misalnya ketika sudah bekerja penuh selama 2 jam maka kamu bisa melihat video YouTube selama 10 menit

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di KantorUnsplash/Studio Republic

8 jam berada di kantor gak lantas membuatmu harus selalu berkutat di depan laptop tanpa henti kok. Salah satu cara mengatasi kebosanan adalah memberi reward kepada diri sendiri. Misalnya nih kamu sudah bekerja selama 2 jam penuh, maka kamu bisa memberikan selingan untuk nonton youtube selama 10 menit atau jalan-jalan mengitari ruangan dan bercengkerama dengan rekan kerja.

3. Jangan tergoda untuk melihat jam terus menerus, ini bakal membuat jam kantor terasa makin lamban

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di KantorUnsplash/Alex Kotliarskyi

Ketika rasa malas mendera, kamu pasti gak betah dan ingin cepat pulang saja. Meski demikian, melihat jam terus menerus gak akan membantu meringankan perasaan ini. Justru kamu malah makin merasa terbeban karena jam kantor mendadak terasa sangat lamban.

Baca Juga: 10 Jamu Terbaik yang Cocok buat Millennials Produktif, Pasti Nagih!

4. Dengarkan lagu-lagu yang bisa membakar motivasi, jangan yang bikin ngantuk ya!

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di KantorUnsplash/Jamakassi

Lagu bisa jadi cara ampuh untuk memunculkan motivasimu dalam bekerja. Coba deh dengarkan lagu dengan beat yang menghentak. Dijamin kamu juga makin semangat dan jauh dari rasa kantuk.

5. Tandai kalender untuk hari libur/cutimu, semangati diri sendiri untuk bekerja keras sebelum hari itu tiba

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di KantorUnsplash/Venveo

Selain libur akhir pekan dan hari raya, kamu wajib menandai kalender untuk hari cuti. Meski dianggap sepele, tapi sebenarnya hal ini bisa membakar semangatmu. Motivasi diri sendiri untuk bekerja keras sehingga saat cuti tiba kamu bisa benar-benar lepas dari pekerjaan, menggiurkan bukan?

6. Coba deh miliki kegiatan yang kamu sukai di luar jam kantor usai, olahraga atau les musik misalnya

Saat Malas Luar Biasa, 6 Cara Ampuh Bikin Tetap Produktif di KantorUnsplash/GMB Monkey

Punya kegiatan lain di luar jam kantor sebenarnya bisa jadi alternatif pelampiasan supaya kamu gak bosan. Misalnya nih kamu rutin berolahraga sepulang kerja atau ikut komunitas bahasa atau bahkan les alat musik tertentu. Dengan begini, kamu juga jadi lebih semangat untuk pergi kerja karena ada kegiatan lain yang menantimu.

Sudah siap aplikasikan enam kegiatan di atas mulai hari ini?

Baca Juga: Kebiasaan Multitasking Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif, Begini Caranya

Arkana Photo Verified Writer Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You