Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja Baru

#IDNTimesLife Agar tidak menyesal, lho

Salah satu cara meningkatkan karier yaitu dengan pindah ke perusahaan lain. Namun, gaji tinggi atau jabatan yang bagus gak jadi jaminan untuk betah di tempat baru. Ada banyak faktor pendukung lainnya yang harus dipertimbangkan. 

Supaya gak menyesal, pikirkan baik-baik beberapa hal di bawah ini sebelum kamu deal menerima tawaran kerja yang baru, ya. 

1. Tanyakan seputar manajemen. Kamu bisa menilai apakah perusahaan memiliki lingkungan kerja yang sehat

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja Baruilustrasi wawancara kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Saat HR memberi kesempatan untuk bertanya, jangan sia-siakan. Tanyakan seputar manajemen perusahaan. Misalnya lingkungan kerja, visi misi, dan target untuk mengembangkan perusahaan beberapa tahun ke depan.

Dari jawaban HR, kamu bisa menilai apakah perusahaan tersebut kompeten atau tidak. Tentunya, jadi bahan pertimbangan matang-matang supaya gak salah memilih tawaran kerja baru. 

2. Pastikan hak-hakmu sebagai karyawan terpenuhi. Misalnya fasilitas asuransi, tunjangan sampai jatah cuti

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja Baruilustrasi bekerja di kantor (pexels.com/fauxels)

Selain gaji yang sesuai, pemenuhan hak-hak karyawan juga tidak kalah penting. Perusahaan punya tanggung jawab untuk memberikan beberapa fasilitas seperti asuransi, BPJS, jatah cuti atau tunjangan sesuai dengan kebijakan. 

Beberapa benefit tadi harus kamu pertimbangkan sebelum pindah ke perusahaan baru. Jangan sampai 'merugi' karena gak mendapatkan hakmu ya. 

Baca Juga: 5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukai

3. Cari tahu soal reputasi perusahaan apakah bisa mengembangkan kariermu ke depannya

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja Baruilustrasi karyawan bekerja (pexels.com/cottonbro)

Perbanyak informasi tentang latar belakang perusahaan sebelum tanda tangan kontrak. Itu sangat penting supaya kamu gak tertipu. Banyak sekali perusahaan bodong yang ujung-ujungnya malah menipu kandidat dengan meminta uang sebagai persyaratan seleksi atau administrasi.

Selain itu, kamu harus bisa menilai apakah perusahaan yang baru bisa mengembangkan kariermu. Jika reputasinya bagus, akan memberi keuntungan untuk meningkatkan potensimu di masa depan.

4. Pentingnya mengetahui job desk dengan jelas supaya kamu gak over work 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja Baruilustrasi seseorang menggunakan laptop (pexels.com/Burst)

Tentunya kamu gak mau jika kemampuanmu malah dimanfaatkan sewenang-wenang oleh perusahaan. Sebelum pindah, ketahui job desk dengan detail, sehingga kamu gak mengalami culture shock. 

Bukannya tidak ingin loyalitas, tapi mempertimbangkan kemampuan, kesehatan, dan gaji yang sudah disepakati. Dan gak kalah penting, supaya kamu gak over work berujung stres, lho.

5. Pertimbangkan soal jarak tempuh. Jika terlalu jauh malah membuatmu lelah di perjalanan

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja Baruilustrasi menggunakan transportasi umum (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jarak kantor dan rumah yang terlalu jauh akan memicu stres dan kelelahan. Ditambah dengan lalu lintas yang macet, akan membuat produktivitas menurun. Faktor eksternal harus dipertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja baru. Capek di jalan malah memakan habis energimu bahkan sebelum mulai kerja. Kamu yang tinggal di daerah penyangga namun bekerja di pusat kota pasti paham betul rasanya.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja baru. Jangan sampai menyesal pada keputusan yang sudah terlanjur dibuat. 

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini saat Pekerjaan dan Penghasilanmu Diejek Orang

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya