Comscore Tracker

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemik

sulitnya cari kerja saat pandemik

Pandemik berdampak pada segala sektor. Banyak pengusaha merugi dan kesempatan kerja semakin sedikit. Bagi fresh graduate, hal ini sama sekali tidak pernah dibayangkan. Status pengangguran ibarat mimpi buruk yang jadi kenyataan.

Mencari lowongan adalah rutinitas sehari-hari. Dari ratusan pekerjaan yang di lamar, tak sampai sepuluh panggilan yang didapatkan. Inilah suka duka cari kerja selama pandemik bagi fresh graduate.

1. Saingan tak hanya sesama fresh grad, tapi ribuan pelamar lain yang terkena PHK akibat pandemik

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemikilustrasi mencari kerja lewat internet (pexels.com/Judit Peter)

Peliknya nasib fresh graduate yang mencari kerja kala pandemik. Ketika dunia normal saja mencari kerja sulit bukan main. Apalagi sekarang, saingan bukan hanya sesama teman yang baru lulus, tapi juga ribuan pelamar lain yang di PHK akibat pandemik. 

Semua berusaha mendapatkan kerja demi memenuhi kebutuhan. Peluang kian kecil karena lulusan baru minim pengalaman. Sulitnya cari kerja saat pandemik adalah mimpi buruk bagi semua orang,

2. Melambatnya dunia usaha dan ekonomi membuat lowongan kerja tidak sebanyak biasanya

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemikilustrasi sulitnya mencari kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dunia usaha tidak sedang pada titik terbaiknya, bahkan cenderung merugi setiap hari. Ekonomi yang menurun tajam berdampak pada turunnya jumlah lowongan kerja.

Sementara lulusan baru selalu bertambah, tapi berbanding terbalik dengan kertersediaan lapangan pekerjaan. Tentu aja, masalah ini patut mendapat perhatian sebelum ledakan pengangguran terjadi. 

3. Naiknya angka pengangguran membuat fresh graduate takut, apakah mereka masih punya kesempatan

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemikilustrasi sulitnya cari kerja (pexels.com/Inzmam Khan)

Tak ada prediksi pasti kapan pandemik akan usai adalah mimpi buruk bagi fresh graduate yang mendambakan pekerjaan. Setiap hari berkutat mencari lowongan sambil berharap apakah kesempatan kerja bisa digenggam. 

Menahan perih kala mendapat notifikasi penolakan, atau ghosting dari rekrutmen yang tidak ada kejelasan soal posisi yag di lamar. Meski rasa optmis kerap naik turun, tak memupuskan harapan bagi lulusan baru untuk mendapat pekerjaan.

Baca Juga: Tips Cari Kerja selama Masih Resesi, Fresh Graduate Wajib Nyimak!

4. Tak perduli apakah lowongan sesuai dengan latar belakang pendidikan, asalkan bisa bekerja maka sudah bersyukur

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemikilustrasi wawancara kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Waktu yang terus berjalan seolah jadi bom waktu. Tak lagi pilih-pilih kerjaan, bahkan jika job desk-nya melenceng jauh dari jurusan juga tak apa. Asalkan bisa kerja, maka urusan cocok atau tidak adalah belakangan. Sekiranya hal-hal tadi masih bisa dikompromikan, tak masalah meski harus banting setir dari tujuan utama.

5. Menghibur diri sambil mengucap sabar berkali-kali saat lihat teman bisa bekerja lebih dulu

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemikilustrasi wanita bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Ada perasaan iri melihat teman bisa dapat kerja lebih dulu. Padahal, kamu juga berusaha keras, tapi kenapa kesempatan tak juga datang. Apa yang salah denganmu adalah pertanyaan yang seringkali kamu pikirkan. 

Meski begitu, kamu masih berusaha menghibur diri sendiri sambil mengucap sabar bahwa pekerjaan terbaik akan tiba jika sudah waktunya.

6. Tak putusnya rapalkan doa agar kesempatan untukmu segera datang

6 Hal yang Dirasakan Fresh Grad Kala Cari Kerja Saat Pandemikilustrasi seseorang berdoa (pexels.com/cottonbro)

Seringkali dalam malam-malam sepi kamu merapalkan doa agar bisa mendapat kerja. Latar belakang yang biasa-biasa aja membuatmu tak percaya diri karena tak punya koneksi orang dalam.

Di dunia kerja yang keras ini, kamu hanya mengandalkan diri sendiri dan sedikit keberuntungan untuk dapat satu posisi di perusahaan. Meski lelah, harapanmu belum putus. Semoga nanti, kamu bisa melepas status pengangguran dengan segera. 

Meski kamu di ambang putus asa, jangan menyerah untuk mendapatkan pekerjaan ya. Yakinlah, kalau yang terbaik pasti akan tiba. 

Baca Juga: 5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia Kerja

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya