Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Memecut Semangat Kerjamu, Tak Ada Alasan Buat Malas!

Semua untuk kebaikan dan masa depanmu sendiri

Bekerja memang melelahkan. Tugas yang menumpuk, atasan yang menyebalkan atau suasana kantor yang gitu-gitu aja adalah salah satu faktornya. Meski begitu, kamu harus tetap profesional untuk menyelesaikan tanggung jawab sampai usai.

Ketika rasa malas datang, kamu harus melawan karena berdampak pada kerjaan yang bisa terbengkalai. Ujung-ujungnya jadi repot sendiri karena dikejar-kejar deadline. Untukmu yang lagi mager bekerja, yuk coba ingat lima hal ini supaya semangat lagi.

1. Bersyukurlah karena kamu masih punya pekerjaan tetap

5 Hal yang Bisa Memecut Semangat Kerjamu, Tak Ada Alasan Buat Malas!pexels.com/Kaboompics .com

Bersyukur adalah cara paling ampuh ketika kamu merasa segalanya gak adil. Ya, kamu lelah dengan rutinitas kantor yang nyaris bikin muak. Kerjaan yang menggunung sungguh membuatmu lelah.

Tapi, di balik semua keluhanmu, kamu harus bersyukur karena masih punya pekerjaan. Di luar sana, jumlah orang yang mencari pekerjaan sangat berbanding terbalik dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Setidaknya, kamu gak berada dalam posisi itu dan masih punya gaji yang diterima setiap bulan. Bersyukurlah untuk itu.

2. Meski gajimu kecil, setidaknya kamu memiliki penghasilan atas jerih payahmu sendiri

5 Hal yang Bisa Memecut Semangat Kerjamu, Tak Ada Alasan Buat Malas!pexels.com/EVG photos

Salah satu faktor lain yang bikin  malas bekerja adalah gaji yang pas-pasan. Kamu harus membagi gaji yang gak seberapa untuk banyak kebutuhan. Mau belanja saja kamu harus menimbang-nimbang takut uangnya gak cukup sampai akhir bulan.

Kalo mau lihat dari satu sisi, sepertinya memang miris. Tapi, andai kamu melihatnya dari dua sisi, kamu patut untuk merasa bersyukur lagi. Meski gajimu kecil dan pas-pasan, kamu masih punya penghasilan sendiri. Bahkan dengan gajimu yang gak seberapa, kamu bisa memberikannya untuk orangtua. Bukankah itu sangat membanggakan?

Baca Juga: 5 Cara Ini Dapat Mengembalikan Semangat Kerjamu Setelah Cuti Panjang

3. Ketika jenuh dengan suasana kantor yang suntuk, ingat senyum keluarga di rumah yang akan menghangatkan hatimu

5 Hal yang Bisa Memecut Semangat Kerjamu, Tak Ada Alasan Buat Malas!pexels.com/energepic.com

Keluarga adalah penyemangat paling ampuh ketika lelahmu tak terbendung lagi. Mereka senantiasa mendukung dan tak lupa mendoakanmu agar selalu berhasil. Di penghujung lelahmu, keluarga akan menyambut kepulanganmu dengan senyuman. Seketika lelahmu lenyap karena mereka ada untukmu dalam situasi apapun.

4. Bekerja giat selagi muda tak apa, semua untuk bekal hidupmu di hari tua

5 Hal yang Bisa Memecut Semangat Kerjamu, Tak Ada Alasan Buat Malas!pexels.com/Burst

Tak apa harus kerja keras saat muda. Tak masalah kalau sekarang kamu berjerih payah bahkan bersusah-susah. Apa yang kamu lakukan saat ini bukanlah kesia-siaan. Kamu sedang menginvestasikan kerja kerasmu demi masa depan dan hari tua yang sejahtera.

Sebab itu, bekerjalah dengan tekun dan cekatan. Jika sekarang kamu bersungguh-sungguh, di masa depan nanti kamu akan menikmati buah manis dari semua kerja keras selama ini.

5. Terus menanamkan motivasi untuk diri sendiri

5 Hal yang Bisa Memecut Semangat Kerjamu, Tak Ada Alasan Buat Malas!pexels.com/bruce mars

Jadikan lelahmu saat ini sebagai motivasi agar tetap semangat dalam bekerja. Kamu pasti bisa melewati semua ini dengan hati yang ikhlas dan lapang. Asalkan tetap semangat, lelahmu akan berubah menjadi hasil yang manis. Mindset kamu adalah kuncinya. Kalau gak mengeluh, semua yang kamu jalani pasti terasa lebih menyenangkan.

Jangan biarkan rasa malas mendominasimu dalam bekerja. Semangat, kamu pasti bisa!

Baca Juga: Kerja Tetap Profesional walau Emosi Lagi Tinggi? Yuk Terapkan Cara Ini

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You