Comscore Tracker

5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS 

Cukup jadi dirimu sendiri saja, ya #IDNTimesLife

Setelah ditunda beberapa kali, akhirnya seleksi CPNS dibuka oleh pemerintah. Peserta ramai-ramai mendaftar dengan harapan bisa lolos sampai tahap akhir. Walau saingannya berasal dari seluruh Nusantara, gak mengurangi antusiasme pelamar untuk tetap berjuang, lho.

Sah-sah aja mengikuti seleksi CPNS. Pekerjaan sebagai PNS memang sangat menjanjikan. Tapi, gak masalah juga kalau gak ikutan seleksi karena lebih tertarik pada bidang yang lain. Tanpa bermaksud mengecilkan profesi apa pun, yuk dibaca alasannya.

1. Setiap orang punya mimpi yang berbeda. Jika passion-mu bukan jadi PNS, jangan memaksakan diri 

5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS ilustrasi karyawan bekerja (pexels.com/Liza Summer)

Impian setiap orang berbeda. Ada yang mau jadi PNS, ada yang ingin jadi pengusaha atau bahkan karyawan biasa saja. Jika passion-mu bukan PNS, maka tak perlu memaksakan diri.

Jika hakekatnya kamu jatuh cinta dengan bidang lain, tekuni dengan sungguh-sunguh. Karena setiap orang bisa sukses dengan caranya masing-masing.

2. Definisi pekerjaan mapan bukan cuma yang berseragam. Tergantung bagaimana menjalani dan mencintai pekerjaanmu 

5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS ilustrasi karyawan bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Pekerjaan apa pun selalu baik dan selalu pantas selama kamu menikmatinya. Semua pekerjaan tetap sama. Dan yang memiliki peluang untuk sukses dan mapan tak hanya kaum berseragam saja.

Semua kembali lagi pada diri sendiri. Asalkan bertanggung jawab dengan pekerjaan saat ini, kamu punya kesempatan untuk sukses di masa depan.

3. Yakinkan orangtua kalau bisa sukses dengan pilihanmu sendiri 

5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Awalnya karena gak mau mengecewakan orangtua, kamu coba ikut tes CPNS. Kerena rasa segan itu, kurang lebih kamu melakukannya setengah-setengah. Sebelum terlambat dan makin terbebani, coba bicarakan baik-baik pada orangtua.

Jelaskan pada mereka kalau impianmu berbeda. Kamu yakin dengan pilihanmu. Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik, dan tidak ada salahnya mengatakan yang sejujurnya pada mereka.

Baca Juga: 10 Instansi di Sumbagsel Ini Masih Sepi Peminat CPNS 2021

4. Banyak cara untuk mengabdikan diri kepada negara, gak cuma menjadi PNS aja, lho 

5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS ilustrasi karyawan bekerja (pexels.com/cottonbro)

Menjadi PNS bukan satu-satunya cara untuk mengabdikan diri kepada negara. Kamu bisa melakukan cara lain bahkan terbilang sederhana. Misalnya taat lalu lintas, mematuhi tertib atau gak menyebarkan hoax di sosial media adalah cara menunjukkan cintamu pada negara. Setuju?

5. Jadi diri sendiri saja. Tidak jadi PNS gak berarti masa depanmu gagal, guys! 

5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS ilustrasi wanita menggunakan laptop (pexels.com/Vlada Karpovich)

Percaya pada diri sendiri adalah kunci. Masih banyak cara lain untuk meraih masa depan yang cerah. Tak ada yang salah dengan jadi pengusaha, karyawan swasta atau freelancer.  Kesuksesan bisa diraih jika kamu berusaha dan pandai melihat peluang. Asalkan yakin, masa depan yang cerah ada dalam genggamanmu.

Gak perlu merasa minder jika gak mendaftar seleksi CPNS. Selalu ada jalan untuk sukses asalkan mau berusaha kok.

Baca Juga: Siapkan Dokumenmu! Mabes TNI Buka Seleksi CPNS 2021

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya