5 Tips Sukses Lolos Management Trainee ala Ninja Express, Simak!

Fresh graduate wajib mencatatnya, nih

Ninja Xpress sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi memberikan dukungan kepada generasi muda khususnya Gen Z dalam persiapan karier melalui program edukasi karier dan sosialisasi program Management Trainee (MT) di berbagai kampus di Indonesia. MT merupakan program yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencari bakat-bakat baru yang akan ditempatkan dalam posisi manajerial.

Posisi ini menjadi incaran para fresh graduate ataupun lulusan muda yang belum memiliki banyak pengalaman, karena memiliki jenjang karier yang bagus. Sebagai bentuk dukungan Ninja Xpress untuk pengembangan karier generasi muda Indonesia, Ninja Xpress telah melaksanakan roadshow edukasi karier ke berbagai universitas di Indonesia.

Maria Octasya, CHRO Ninja Xpress mengatakan, "Kami menyadari bahwa salah satu tantangan dari banyak mahasiswa tingkat akhir di Indonesia adalah mereka merasa bingung dalam menentukan jenjang karier mereka setelah lulus, dikarenakan oleh jenjang karier yang ingin dicoba berbeda dengan program studi yang sedang mereka jalani sekarang. Melihat tantangan tersebut, Ninja Xpress mengadakan roadshow ke beberapa universitas di Indonesia guna memberikan edukasi karier dan memperkenalkan program management trainee Ninja Xpress untuk persiapan karier generasi muda menuju dunia kerja".

Nah, Ninja Xpress pun memiliki beberapa tips untuk kamu yang ingin mengikuti program management trainee. Yuk, simak dan langsung praktikkan!

1. MT terbuka untuk seluruh latar belakang pendidikan

5 Tips Sukses Lolos Management Trainee ala Ninja Express, Simak!Ilustrasi kuliah (pexels.com/Keira Burton)

Kalau kamu berpikir bahwa kamu harus memiliki jenjang pendidikan tertentu untuk bisa mengikuti MT, kamu salah besar. Nyatanya, MT terbuka untuk seluruh latar belakang pendidikan. Jadi, gak perlu minder, ya!

Ninja Xpress mengatakan bahwa posisi management trainee bukan berarti mencari kandidat yang hanya berasal dari latar belakang pendidikan yang sesuai dengan industri perusahaaan. Semua lulusan dari berbagai jurusan bisa mencoba melamar untuk posisi ini.

2. Tidak harus memiliki pengalaman kerja sebelumnya

5 Tips Sukses Lolos Management Trainee ala Ninja Express, Simak!ilustrasi magang (pexels.com/ThisIsEngineering)

Kamu pernah gak sih melihat lowongan pekerjaan yang cocok banget denganmu, tetapi harus memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun? Padahal, sebagai fresh graduate tentu pengalaman yang kita punya gak sebanyak itu.

Kamu gak perlu khawatir, karena untuk mengikuti MT gak harus memiliki pengalaman kerja. Perusahaan umumnya mencari fresh graduate atau individu dengan pengalaman kerja yang terbatas, maksimal dua tahun untuk diberikan pelatihan dan mendampingan dalam kurun waktu tertentu, sehingga siap untuk bekerja setelah lulus dari program MT. 

3. Pendaftar perlu mempelajari perusahaan dan industri yang didaftar

dm-player
5 Tips Sukses Lolos Management Trainee ala Ninja Express, Simak!ilustrasi menulis (pexels.com/lil artsy)

Poin selanjutnya gak kalah penting. Walaupun kamu gak memerlukan pengalaman kerja, kamu tetap harus mempelajari tentang perusahaan yang kamu daftar. Hal ini bisa jadi bekal untukmu saat sudah mulai bekerja nanti.

Pahami sebanyak mungkin tentang perusahaan yang kamu lamar, termasuk visi, misi, nilai-nilai, produk, dan layanan yang mereka tawarkan. Selain itu, penting bagi para pendaftar MT untuk mempelajari tren terbaru dalam industri tempat perusahaan beroperasi.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Time Management, Kamu Masih Melakukannya?

4. Tunjukkan bahwa kamu memiliki sense of self development yang tinggi

5 Tips Sukses Lolos Management Trainee ala Ninja Express, Simak!ilustrasi semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Self-development adalah upaya kita untuk terus mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Nah, kamu harus bisa punya semangat ini agar saat bekerja nanti kamu terus bisa mengembangkan kemampuanmu. Ini tentu akan mendukung kinerjamu dalam perusahaan serta kemajuan perusahaan karena kontribusimu.

Ninja Xpress menjelaskan, bahwa memiliki sense of self development yang tinggi berarti memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan diri, memiliki mindset yang luas karena mereka akan bertemu banyak orang dan stakeholder, dan yang paling penting adalah memiliki jiwa kepemimpinan. 

5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah kunci

5 Tips Sukses Lolos Management Trainee ala Ninja Express, Simak!ilustrasi ngobrol (pexels.com/Artem Podrez)

Komunikasi menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan seseorang. Dengan memiliki kemampuan ini, tentu kamu akan lebih percaya diri dalam melakukan apapun, termasuk pekerjaan. Gak ada salahnya kamu melatih kemampuan komunikasimu dari sekarang.

Ninja Xpress juga menyarankan untuk melatih kemampuan komunikasimu, baik secara lisan maupun tertulis. Pastikan kamu dapat mengungkapkan ide dan gagasan dengan jelas dan efektif. 

Nah, lima tips di atas bisa banget kamu praktikkan agar kemungkinanmu lolos management trainee semakin besar. Jangan lupa untuk tetap berusaha dan lakukan yang terbaik, ya!

Baca Juga: 6 Tips agar Gen Z Punya Time Management yang Baik, Gunakan Teknologi!

Alma S Photo Verified Writer Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya