Comscore Tracker

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu Coba

Pilihan digital nomaden nih! 

Menjadi freelance writer menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang banyak dilakukan pada saat ini. Apalagi di tengah perkembangan zaman yang semakin gampang dan bebas karena akses terknologi yang memadai. Terutama oleh mereka yang memilih pekerjaan fleksibel dapat bekerja dari rumah atau berpindah-pindah tempat.

Seperti namanya penulis lepas atau freelance writer adalah seseorang yang menawarkan jasa menulis secara mandiri atau independen kepada lebih dari satu klien dan dibayar per tugas menulisnya. Freelance writer ini bermacam-macam jenisnya, tergantung konten yang mereka tulis dan dikembangkan. Berikut enam jenis freelance writer yang perlu kamu tahu.

1. Wartawan lepas

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu Cobaunsplash.com/windows

Wartawan lepas umumnya diperlukan oleh perusahaan-perusahaan media untuk tetap bisa mendapatkan informasi dari daerah. Keterbatasan Sumber Daya Manusia membuat sulitnya informasi didapatkan oleh media di pusat. Oleh karena itu, diperlukan wartawan lepas atau kontributor untuk membantu proses pemberitaan 

2. Business writer

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu CobaPexels/fauxels

Ini adalah salah satu jenis freelance writer yang bertugas untuk menulis tentang pamflet, proposal bisnis, artikel, laporan, hingga white papers. Umumnya mereka yang bergelut di bidang ini perlu menguasi skill desain dan tentunya bayarannya juga menantang.

Baca Juga: 5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat Kuliah

3. Copywriter

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu CobaPexels/AndreaPiacquadio

Mungkin bagi sebagian penulis digital istilah copywriter ini sudah tidak asing lagi. Mereka yang menjadi copywriter kebanyakan akan mengerjakan konten komersial seperti iklan yang nantinya akan dipasang di situs atau kanal-kanal media sosial. Tulisan yang dibuat oleh copywriter harus bernada persuasif sehingga membuat pengguna merasa diarahkan untuk melakukan pembelian produk.

Beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi copywriter yakni kreatif, memiliki jiwa penasaran serta mengerti tentang user experience. 

4. Web content writer

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu CobaPexels/mentatdgt

Web content writer merupakan jenis freelance writer yang perlu kamu tahu. Mungkin ini agak jarang didengar. Biasanya mereka yang bergelut di bidang ini menulis konten untuk web perusahaan, blog hingga media sosial. 

Tujuan perusahaan mempekerjakan seorang web content writer tipe ini adalah untuk mengarahkan lalu lintas menuju ke situs agar mengalami peningkatan traffic atau supaya pengguna tertarik membeli produk di situs tersebut. Selain dapat menulis, skill lain yang dibutuhkan dari web content writer adalah pengetahuan seputar Search Engine Optimization.

5. Technical writer

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu CobaPexels/ChristinaMorillo

Jenis freelance writer ini juga lumayan jarang di dengar. Technical writer adalah penulis yang terbiasa menulis konten manual book untuk penggunaan perangkat keras, perangkat lunak hingga produk elektronik. 

Dalam genre tulisan yang di buat oleh technical writer tersebut, mereka biasanya akan banyak menjelaskan tentang deskripsi produk, prosedur penggunaan dan istilah-istilah awam yang terdapat dalam perangkat yang digunakan. 

6. Ghostwriter

Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu CobaPexels/AndreaPiacquadio

Seperti namanya, ghostwriter adalah orang yang menulis untuk orang lain dan tidak diketahui. Tentunya orang lain akan mendapatkan kredit atas karya tulisan tersebut. 

Ghostwriter ini biasanya mengerjakan konten artikel, blog dan buku. Terkadang beberapa artis atau tokoh terkenal banyak yang menyewa jasa ghostwriter untuk menuliskan autobiografi mereka.

Nah, itulah jenis-jenis freelance writer. Jadi kalau kamu ingin menjadi freelance writer, salah satu daftar di atas bisa jadi pilihanmu!

Baca Juga: 5 Situs Freelance yang Paling Terpercaya dan Berbayar, Terbukti!

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya