Comscore Tracker

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?

Nomor 6 dan 8 paling nyebelin!

Di kantor pastinya kamu bertemu dengan berbagai macam tipe teman sekantor, salah satunya adalah teman sekantor rajin. Biasanya tipe orang ini menjadi salah satu teman sekantor teladan yang jadi contoh untuk yang lainnya. Tapi sebalnya, ada aja orang yang nggak betul-betul rajin alias sok rajin. Supaya kamu nggak tertipu sama teman sekantor yang sok rajin, ini nih cara mendeteksinya! 

1. Teman sekantor yang rajin biasa bekerja dalam diam 

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: duniakaryawan.com

Walaupun mereka sibuk, teman sekantor yang rajin rajin terbiasa bekerja dalam diam tanpa mengumbar tugas-tugas yang mereka kerjakan. 

2. Sedangkan teman sekantor yang sok rajin mengumbar apa yang dia kerjakan ke semua orang 

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: bintang.com

“Gue habis mengerjakan dokumen A nih, habis ini lanjut mengerjakan dokumen B. Duh, belum balas email dari klien, sibuk banget deh pokoknya!” 

Padahal sih kenyataannya pekerjaannya nggak sebanyak itu kok… 

3. Teman sekantor yang rajin memiliki inisiatif tinggi

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: portalkeuangan.net

Biasanya, teman sekantor yang rajin sudah melakukan sesuatu tanpa harus disuruh oleh atasan. Misalnya nge-print file dalam jumlah banyak sekaligus tanpa komplain, atau bahkan turun tangan membantu pekerjaan divisi lain kalau divisi tersebut lagi kekurangan tenaga, semuanya dalam diam.

4. Nah, kalau teman sekantor yang sok rajin selalu minta dipuji 

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: forum.kompas.com

Ini nih yang biasanya kamu dengar dari teman sekantor yang sok rajin: "Tapi, gue kan udah kerjain blablabla, kurang apa coba? Gue nggak dihargain sama sekali!"
Kenyataannya, mereka yang lebay dan cari perhatian, serta selalu berusaha cari-cari drama supaya eksistensinya diakui. Ugh...

5. Teman sekantor yang rajin selalu berusaha bekerja semaksimal mungkin

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: kona.com

One step further, itulah moto dari sosok teman sekantor yang rajin. Memperindah tampilan presentasi, menyetak dokumen ekstra hanya untuk berjaga-jaga, memperdalam analisis tanpa diminta, menyumbangkan ide yang sudah benar-benar dipikirkan sebelumnya, adalah beberapa contoh hal-hal yang dilakukan oleh teman sekantor yang rajin, yang selalu berusaha dengan maksimal.

6. Teman sekantor yang sok rajin terkesan selalu bekerja, tapi hasilnya nggak maksimal

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: theglobeandmail.com

Memang sih teman sekantor yang kayak gini selalu sibuk menghadap layar komputernya dan terlihat sedang mengetik-ngetik sesuatu. Tapi, saat ditanya mana hasil dari bagian yang dikerjakannya, doi bakalan bilang kalau pekerjaannya terlalu susah dan waktu yang diberikan terlalu sedikit. Intinya, cari-cari alasan melulu supaya waktu pengerjaannya makin diperpanjang tanpa memikirkan akibatnya buat perusahaan. Duh, amit-amit, jangan jadi teman sekantor yang kayak begini, ya...

7. Teman sekantor yang rajin sering memberi masukan untuk perusahaan dan selalu mengaplikasikannya

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: blog.shepell.com

Walk the talk! Saat seseorang yang rajin ikut ambil bagian lewat memberikan opini dan solusi, mereka tidak lantas mengkritisi saja lalu melanggar sendiri apa yang sudah dikomentari. Mereka benar-benar berusaha mengaplikasikannya karena mereka percaya akan tujuan baik yang ada di balik suatu sistem yang diterapkan. Integritas dan loyalitas, man!

8. Sebaliknya, teman sekantor yang sok rajin ibarat tong kosong nyaring bunyinya

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: wsj.com

Kalau sedang berada dalam forum diskusi, teman sekantor yang sok rajin bakal banyak banget memberikan masukan dan harus selalu terlihat terlibat dalam percakapan yang sedang terjadi sampai mereka menjadi annoying buat orang-orang lain yang ikut serta dalam diskusi ini. Tapi, saat tiba waktunya untuk mengaplikasikan apa yang mereka sumbangkan dalam wujud perkataan, merekalah yang paling meleset. Ada aja yang membuat mereka nggak bisa menepati apa yang sudah disepakati bersama, ya karena itu tadi, mereka hanya omdo alias omong doang.

9. Teman sekantor yang rajin selalu memberikan kredit atau pujian pada rekan sekerjanya dengan jujur, dan selalu enak diajak bekerja sama dalam satu tim

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: careeraddict.com

Seseorang yang rajin pasti serius dengan pekerjaannya dan pasti bukan pencuri apresiasi. Jika suatu pekerjaan memang dibagi bersama dan dilakukan dengan beberapa orang lainnya, maka karyawan yang rajin tidak pernah lupa menyebutkan siapa saja yang turut serta bekerja dalam sebuah proyek dan ketika harus kembali bekerja pun, mereka tidak lama-lama bersantai karena prestasi yang lalu.

Mereka fokus dan tahu ke mana harus melangkah, enak dijadikan teman diskusi sekaligus kolaborasi. Kamu bisa minta tolong hal terkecil seperti mengeprint-kan dokumen dan mereka masih tetap memberikan yang terbaik berupa hasil print out yang bagus karena mereka 100% maksimal sebagai rekan satu tim yang baik.

10. Gimana dengan teman sekantor yang sok rajin? Ibarat duri dalam daging, mereka membuat kamu nggak percaya untuk mendelegasikan tugas

Pekerja Niat atau Cuma Penjilat, Ini Perbedaan yang Kamu Harap Diketahui Oleh Bosmu Kan?Sumber Gambar: yahoo.com

Mereka memang berlaku layaknya sosok yang rajin dan bisa diandalkan, tapi saat tugas yang diberikan tidak sesuai harapan mereka, dengan mudahnya mereka lepas tangan. Alasannya karena hal tersebut nggak sesuai dengan arahan lah, waktu yang diberikan kurang lah dan masih banyak lagi segudang alasan lainnya. Alhasil, proyek pun tertunda, dan harus ada yang mengambil alih bagian pekerjaan doi. Hmmm...

Jadi, kamu termasuk tipe teman sekantor yang mana, nih? Gimana dengan teman-teman kamu? Jangan lupa, buat aktivitas kamu di kantor jadi lebih mudah dan waktu yang kamu habiskan lebih efisien dengan Canon Pixma G-series, printer unggulan dari Canon yang bakal membantu meringankan pekerjaan kamu dan menjadi solusi cetak dokumen dan foto yang kamu perlukan. Ingat, selalu berusaha jadi karyawan yang rajin bukan hanya untuk menyenangkan atasan, tapi demi menjadi pribadi yang lebih baik lagi!

Topic:

Berita Terkini Lainnya