Comscore Tracker

5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uang

Yuk, coba lakukan!

Self-reward sekarang seringkali dikaitkan sebagai alasan untuk membelanjakan makanan atau sesuatu yang diidam-idamkan. Walau tak sepenuhnya salah, konsep self-reward lebih luas dari pada itu. Memberi reward pada diri sendiri nggak melulu soal belanja.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk “mentraktir” diri sendiri setelah melewati rutinitas yang melelahkan tanpa mengeluarkan sepeser pun uang. Apa saja kira-kira? Yuk, simak artikelnya!

1. Ambil waktu istirahat 

5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uangilustrasi wanita (pexels.com/Ivan Samkov)

Setelah seharian bekerja dan menatap layar, ada baiknya kamu memberi waktu bagi dirimu untuk beristirahat. Entah lunch break, tidur siang, atau jalan sore sembari mencari udara segar. Ini membantu dirimu untuk kembali fresh setelah seharian suntuk melakukan aktivitas.

Atau, kamu bisa ambil waktu off media sosial dan mengerjakan hobimu. Melukis, menulis, apapun. Ini pun bentuk istirahat, karena kamu mengambil waktu untuk diri sendiri alih-alih terus memonitor dunia luar. Sebelum kewalahan sendiri, lebih baik selalu ingat untuk ambil waktu istirahat.

2. Jangan malu untuk puji diri sendiri 

5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uangilustrasi wanita (pexels.com/Blue Bird)

Memuji di sini bukan untuk kelihatan sombong atau pamer, ya. Maksudnya ialah, mengatakan kata-kata positif pada diri sendiri.

Jangan terlebih dulu malu atau gengsi. Walau sering disepelekan, self-affirmation itu penting, lho. Ini membantu meningkatkan rasa percaya diri sekaligus memunculkan rasa nyaman dan bahagia saat menghabiskan waktu dengan diri sendiri.

Kata-kata seperti, “Good job untuk hari ini, aku keren”, “Aku bisa melakukan hal besar”, “Aku orang yang berani dan pantang menyerah. Aku pasti bisa” bisa diucapkan setiap hari setelah menjalani aktivitas. Kamu akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Disibukkan dengan Banyak Pekerjaan

3. Quality time dengan orang terdekat 

5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uangilustrasi wanita (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapa bilang quality time harus keluar uang? Kumpul bersama di ruang keluarga sambil bercanda nggak harus keluar uang. Janjian jogging bareng sahabat sembari curhat bareng nggak harus keluar uang.

Yang terpenting ialah, keinginan dan kerelaanmu dalam meluangkan waktu. Hargai orang-orang di sekitarmu selagi kalian masih bisa menghabiskan waktu bersama. Bukan masalah jumlah waktu yang dihabiskan bersama, melainkan kualitas dari interaksimu dengan mereka.

4. Mulai bersihkan area kerjamu 

5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uangilustrasi wanita (pexels.com/Ron Lach)

Memang terdengar aneh, tapi meja yang berantakan bisa merusak suasana hatimu. Mungkin kemarin kamu tidak sempat membersihkannya karena sibuk dengan pekerjaan dan deadline.

Tapi, karena sekarang semua sudah selesai, kamu bisa ambil waktu untuk membersihkan area kerjamu. Kamu juga bisa menambah dekorasi yang semakin mempercantik ruangan itu. Percaya deh, mood-mu pun ikut naik kalau lingkungan sekitarmu juga bersih dan rapi.

5. Masak makanan sehat untuk diri sendiri 

5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uangilustrasi wanita (pexels.com/Live On Shot)

Dari pada belanja makanan di luar, kamu bisa memasak makanan favoritmu sendiri. Lebih enak, bersih, dan sehat. Walau kita seringnya terfokus pada masakan-masakan luar yang enak dan menggoda, tubuh kita juga butuh makanan sehat dan bergizi.

Kamu juga bisa membuat cemilan sederhana sebagai wujud reward, seperti smoothie atau jus dari sayur dan buah yang kamu suka.

Gimana, guys? Sudah ada ide untuk memberi reward pada diri sendiri?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Adalah si Prokrastinasi, Tukang Nunda Pekerjaan 

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya