Comscore Tracker

5 Kunci Kesuksesan yang Wajib Dimiliki Anak Muda, Kamu Sudah Punya? 

Mindset positif adalah salah satunya

Apa mimpi dan harapanmu sekarang? Apa kamu ingin menjadi pendiri perusahaan start-up? Atau, menerbitkan sebuah buku best seller nasional? Apa pun itu, percayalah, semua bisa diraih kalau kamu punya tekad dan usaha sungguh-sungguh untuk mewujudkannya.

Sukses dalam kamus setiap orang berbeda, tergantung interpretasi masing-masing orang. Namun yang pasti, untuk meraih kesuksesan itu, perlu pengorbanan dan ketekunan. Di samping banyaknya rintangan dan hambatan, kamu tetap fokus untuk meraih mimpi itu.

Agar perjuanganmu tidak sia-sia, jaga dan terapkan lima kunci kesuksesan yang wajib kamu miliki sekarang!

1. Milikilah tujuan yang spesifik 

5 Kunci Kesuksesan yang Wajib Dimiliki Anak Muda, Kamu Sudah Punya? ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Alena Darmel)

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang memiliki passion mengajar, ada yang ingin menjadi pebisnis, ada yang punya kerinduan dalam untuk membantu orang lain—apa pun itu, cari dan galilah semangatmu sesuai tujuan hidupmu.

Milikilah dua jenis tujuan; tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Kalau bisa, tulislah semua tujuan itu dalam jurnal harianmu. Ketika kamu lelah dan ingin putus asa, baca kembali tujuan itu. Ingat-ingat seluruh pengorbanan yang telah kamu lewati untuk sampai pada titik ini. Kamu tentu tidak ingin semua itu terbuang sia-sia, bukan?

2. Kesabaran dan ketekunan 

5 Kunci Kesuksesan yang Wajib Dimiliki Anak Muda, Kamu Sudah Punya? ilustrasi wanita (pexels.com/Ivan Samkov)

Dalam perjalanan meraih mimpi, pasti ada saja halangan atau tantangannya. Pada masa-masa itu, bukan hanya kesabaranmu saja yang diuji, tetapi juga ketahanan dan ketekunanmu. Tanyakan pada diri sendiri: “Seberapa besar aku menginginkan itu?”

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang cuma-cuma. Ada harga yang harus dibayar. Namun tenanglah, ini akan membuatmu bertumbuh semakin tangguh dan kuat menghadapi kenyataan hidup. Kamu tentu tidak ingin menjadi orang sukses “gampangan”, bukan?

Baca Juga: 5 Karakter Orang Cerdas yang Membuatnya Sukses, Lebih Rasional!

3. Rutin merencanakan sesuatu 

5 Kunci Kesuksesan yang Wajib Dimiliki Anak Muda, Kamu Sudah Punya? ilustrasi wanita (pexels.com/Los Muertos Crew)

Calon orang sukses juga tahu bahwa hasil terbaik tidak datang dalam hitungan hari. Karena itu, ia terus berusaha untuk mendorong diri sendiri untuk menjadi versi terbaik setiap harinya. Dari sekolah atau kuliah saja, kamu sudah dituntut untuk membuat banyak perencanaan: tanggal ujian, liburan, dateline tugas, dan lain-lain. Jadi semestinya, ini bukan menjadi hal baru untuk dilakukan.

Selain mengingat tentang tujuan dan hal-hal yang harus dikerjakan dalam jangka waktu tertentu, perencanaan juga berfungsi untuk melihat, seberapa jauh dirimu telah bertumbuh. Setiap detil dan kebiasaan kecil juga diperhatikan. Semua itu berguna untuk meraih versi diri terbaiknya.

4. Menghargai setiap kesempatan 

5 Kunci Kesuksesan yang Wajib Dimiliki Anak Muda, Kamu Sudah Punya? ilustrasi wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap ada kesempatan baru yang datang, abaikan ketakutanmu dan majulah untuk melaksanakan itu. Jangan sampai menyesal dulu baru kamu bisa melihat betapa berharganya sebuah kesempatan.

Walau well, bagian adaptasi memang sulit untuk dilakukan. Mungkin kamu akan merasa terlalu berat, terlalu lelah dan tergoda untuk menyerah. Tapi suatu saat nanti, kamu akan melihat ke belakang dan berterima kasih pada diri sendiri karena tidak menyerah.

5. Miliki mindset positif

5 Kunci Kesuksesan yang Wajib Dimiliki Anak Muda, Kamu Sudah Punya? ilustrasi wanita (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kesuksesan tidak hanya diraih dengan kerja keras, tapi juga mindset yang benar. Dalam perjalanan meraih mimpi, kamu tidak hanya bertemu dengan orang-orang baik yang terus mendukungmu, tetapi juga orang yang ingin menjatuhkanmu. Kalau kamu tidak memiliki kepercayaan diri dan pola pikir yang benar, akan sulit bagimu untuk melawan seluruh ucapan negatif itu.

Kegagalan itu hal yang biasa. Mendapat kritik dan teguran dari orang lain juga adalah hal yang biasa. Jangan sampai dua hal itu menjatuhkan semangatmu meraih mimpi.

Walau kelihatannya sepele, ternyata nggak mudah untuk mempraktikkan kelima hal di atas secara nyata. Intinya, tetaplah fokus pada mimpimu. Sebesar apapun itu, percayalah, suatu hari kamu akan mewujudkannya.

Baca Juga: 5 Mindset Positif Merespon Kesuksesan Teman agar Gak Iri

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya