Comscore Tracker

Gak Perlu Pesugihan, 5 Cara Logis Ini Masih Bisa Membuatmu Kaya

Mau kaya? Yuk, dipraktikkan!

Mungkin kamu sering mendengar cerita atau melihat film tentang pesugihan, di mana praktik ini konon masih sering dilakukan oleh sebagian orang. Cara-cara tak lazim seperti ini biasanya dilakukan karena seseorang ingin sukses dan kaya secara instan.

Namun sebaiknya kamu menjauhi praktik-praktik yang tidak logis seperti itu. Selain dilarang oleh agama, praktik perdukunan tersebut bisa saja justru membuatmu tertipu mentah-mentah.

Nah, kalau memang kamu ingin menjadi orang kaya, kamu bisa mempraktikkan lima hal logis di bawah ini. Disimak yuk!

1. Kerja cerdas

Gak Perlu Pesugihan, 5 Cara Logis Ini Masih Bisa Membuatmu KayaUnsplash/Tim van der Kuip

Selain keja keras, kamu juga harus kerja cerdas. Bahkan jika kamu bisa kerja secerdas mungkin, maka kamu gak perlu terlalu bersusah payah bekerja untuk mengejar uang.

Faktanya ada banyak pengusaha-pengusaha sukses di luar sana yang berani untuk mempraktikkan kecerdasan mereka, terutama di bidang teknologi.

Dengan bekerja secara cerdas, kamu akan membuat uang yang mengejarmu, dan bukan kamu yang mengejar uang. So, pikirkan kira-kira pekerjaan apa yang bisa kamu kelola dengan buah pikiranmu, dan bukan hanya dengan tenagamu.

2. Paksa diri untuk menabung

Gak Perlu Pesugihan, 5 Cara Logis Ini Masih Bisa Membuatmu KayaUnsplash/Annie Spratt

Menabung adalah sebuah keharusan, dan bahkan jika perlu sebuah paksaan. Jika kamu tidak pernah menyisihkan pendapatan kamu untuk menabung, kamu akan sulit untuk menjadi orang kaya.

Harus diingat pula bahwa setelah kamu menabung, kamu harus menganggap tabungan itu tidak ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya kamu gak tergiur menggunakan uang tabunganmu untuk hal-hal yang gak perlu.

Kamu gak harus menjadi orang pelit dan kikir, cukup bijaksanalah dalam membelanjakan uangmu. Jika tidak perlu-perlu amat, lebih baik uangnya kamu masukkan tabungan.

3. Lakukan investasi

Gak Perlu Pesugihan, 5 Cara Logis Ini Masih Bisa Membuatmu KayaUnsplash/Tierra Mallorca

Jika ada sedikit uang lebih, selain tabungan kamu juga harus berinvestasi. Bentuk dari investasi ada banyak, salah satu yang nilainya stabil dan bersifat jangka panjang adalah properti seperti rumah atau tanah.

Gak perlu mewah, rumah yang sangat sederhana bisa kamu miliki dengan tujuan dijadikan rumah kontrakan. Nah, penghasilan dari investasi tersebut bisa kamu tabung dan dibelikan properti lainnya.

Tapi ingat ya, jangan memaksakan hal ini. Jangan berani membeli properti tanpa memperhitungkan kemampuan finansial kamu, apalagi jika kamu harus nekat ambil KPR (kredit pemilikan rumah).

Berinvestasi pada dasarnya memberikan kamu kebebasan finansial. Jika kamu berhutang untuk investasimu, itu bisa membahayakan neraca keuangan kamu.

Baca Juga: 5 Tahun Bersama, Ini 10 Potret Perjalanan Karier Girlgroup GFriend

4. Bersyukur

Gak Perlu Pesugihan, 5 Cara Logis Ini Masih Bisa Membuatmu KayaUnsplash/Ben White

Bersyukurlah dalam segala hal, dan jika kamu sering bersyukur maka nikmat lainnya akan ditambahkan dalam hidup kamu. Dengan bersyukur kamu akan memahami bahwa segala hal yang ada di dunia ini tidaklah abadi.

Kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih dewasa dan dapat menghargai setiap jerih payah yang telah kamu lakukan.

Di samping itu, rasa syukur juga akan menjauhkanmu dari kesombongan duniawi. Dan seperti yang kamu ketahui, bahwa kesombongan adalah awal dari kejatuhan.

5. Jangan lupa untuk memberi dan berbagi

Gak Perlu Pesugihan, 5 Cara Logis Ini Masih Bisa Membuatmu KayaUnsplash/Tom Parsons

Jangan takut miskin karena memberi, justru jika kamu sering memberi maka kamu juga akan semakin kaya. Kamu bisa melihat banyak contoh, di mana banyak orang-orang kaya yang telah banyak memberi dan berbagi kepada mereka yang kurang beruntung. Yang terjadi adalah, orang-orang kaya tersebut bertambah kaya.

Bantu dan berilah orang-orang di sekitar kamu yang membutuhkan, dimulai dari lingkup terkecil dahulu, seperti keluarga atau kerabat yang membutuhkan misalnya.

Memberi dan berbagi juga akan meningkatkan rasa empati kamu terhadap orang lain. Jika kamu tidak memiliki uang, kamu bisa memberi tenaga atau pikiranmu. Prinsipnya adalah, berilah apa yang bisa kamu beri, dan bagilah apa yang bisa kamu bagi.

Itulah lima cara logis yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin menjadi orang kaya. Bagaimana, gak harus ikut-ikutan memakai pesugihan, kan?

Baca Juga: Orang Kaya Punya Harapan Hidup Sehat Lebih Lama

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya