Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!

Freelancer juga bisa kaya!

Zaman digital seperti saat ini memang identik banget dengan pekerjaan para milennial yang semakin mudah didapat. Seakan-akan siapa saja bisa mendapat pekerjaan selama mau berusaha dan mengasah potensi yang ada, 'kan? Salah satu pekerjaan yang paling gampang dilakukan adalah menjadi seorang freelancer.

YouTuber, selebgram, penulis online, pedagang online, dan semua pekerjaan lepas tersebut bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun selama ada akses internet yang menyertai. Meski begitu, pandangan miring soal pekerjaan satu ini juga masih banyak terjadi di masyarakat kita, lho.

Padahal, freelancer juga bisa sukses dan bahkan punya penghasilan yang luar biasa. Ada beberapa tips nih yang bisa kalian lakukan jika ingin berhasil menekuni bidang pekerjaan keren ini. Yuk simak.

1. Pandai membagi waktu dan wajib banget disiplin

5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!pexels.com/Startup Stock Photos

Mentang-mentang bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja, bukan berarti seorang freelancer punya banyak waktu luang, lho. Untuk sukses, rumus bekerja keras tetap perlu kita anut dan tanamkan dalam benak. Miliki pembagian waktu yang jelas dan usahakan untuk selalu mentaatinya adalah langkah awal yang perlu kamu terapkan dari sekarang, ya.

2. Punya target dan rincian yang jelas

5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!unsplash.com/Kaleidico

Biar kamu gak sembarangan dalam bekerja, tetapkan target dari pekerjaanmu itu. Mulai dari target harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Semua harus jelas agar penghasilanmu juga jelas. Kalau masih bingung, konsultasikan hal ini sama yang lebih ahli juga boleh banget, lho.

3. Mengatur keuangan dengan lebih bijak

5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!unsplash.com/Sharon McCutcheon

Penghasilan yang gak selalu sama setiap bulannya menjadi tantangan tersendiri bagi seorang freelancer. Kita harus pandai mengelola keuangan dan memiliki rincian pengeluaran serta pemasukan yang detil. Tabungan masa depan juga perlu untuk dirancang dari sekarang demi bisa hidup nyaman di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Tips Mengasah Passion di Dunia Digital bagi Freelancer Pemula

4. Konsisten dan terus mau belajar

5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!unsplash.com/Satria SP

Jika kamu mau sukses, kata menyerah harus dihapus dari benakmu. Gantinya, kamu wajib banget untuk terus mengingat dan mengaplikasikan kata konsistensi hingga impianmu terwujud. Sesuatu yang kita tekuni terus menerus, dan disertai dengan keinginan untuk terus mau belajar, cepat atau lambat akan membuahkan hasil kok. Jangan ragu dan khawatir, guys.

5. Terhubung dengan orang-orang yang menggeluti bidang yang sama

5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!unsplash.com/Brooke Cagle

Yang namanya jaringan pertemanan, itu tetap perlu banget lho. Bukan berarti karena kamu freelancer terus kamu jadi mengurung diri terus menerus di dalam kamar. Kita tetap wajib punya koneksi dan terhubung dengan orang-orang yang menggeluti bidang yang sama. Selain untuk tetap update soal info pekerjaan freelancer-mu, hal ini juga berguna demi membangun karir dan menghidupkan motivasi dalam diri.

Apa pun pekerjaan yang kamu geluti saat ini semuanya bisa membawa kesuksesan selama kamu mau berusaha lebih dibanding orang lain. Jika kamu seorang freelancer maka 5 tips di atas bisa diterapkan agar karirmu bisa terus cemerlang dan menghasilkan.

Menurut kamu, tips lain yang juga ampuh bikin kita sukses apa aja nih? Share di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Ini Lho 5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan untuk Freelancer

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya