Comscore Tracker

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media Specialist

Tertarik untuk berkarier di bidang media sosial?

Berkembangnya teknologi dan dunia kreatif melahirkan sejumlah bidang karir yang variatif. Berbagai platform dan tools semakin banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness, mempromosikan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Media sosial sudah bukan menjadi hal asing bagi semua orang. Untuk membuat konten media sosial yang menarik, diperlukan pengelolaan yang baik oleh ahlinya atau yang kini disebut dengan Social Media Specialist.

Merupakan bagian dari Digital Marketing, saat ini Social Media Specialist banyak dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan. Sering dianggap remeh dan mudah, ternyata seorang Social Media Specialist perlu mendalami beberapa keahlian khusus lho!

Tidak hanya mengunggah foto dan menulis caption, berikut 8 keahlian yang harus dimiliki Social Media Specialist!

1. Sebelum mengunggah konten, sangat penting bagi Social Media Specialist untuk membuat content plan yang matang

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Picjumbo

Meskipun terlihat sangat simple, membuat konten tidaklah semudah yang banyak orang pikirkan. Untuk menghasilkan konten yang baik, interaktif dan mendapatkan engagement yang tinggi, diperlukan adanya perencanaan yang matang.

Seorang Social Media Specialist sebaiknya mengerti cara membuat content plan, mulai dari konten apa yang akan diangkat, penjadwalan waktu yang tepat untuk posting dan lain sebagainya.

2. Memahami visualisasi konten dan tren desain sehingga dapat memberikan arahan kepada tim desain

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Tranmautritam

Desain menjadi komponen yang sangat penting dalam pembuatan konten, terlebih saat ini terdapat berbagai macam tren desain yang dapat menarik minat audience akan suatu konten.

Menjadi Social Media Specialist juga memerlukan keahlian untuk memahami tren desain saat ini sehingga dapat mengarahkan tim desain untuk menvisualisasikan konten agar sesuai dengan rencana. Namun kembali lagi bahwa desain adalah suatu hal yang abstrak dan setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Baca Juga: 10 Quotes untuk Status Media Sosial, Soal Cinta Sampai Kata Motivasi

3. Memiliki kreativitas dalam menulis sehingga dapat menarik perhatian audience

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Energepic

Konten yang menarik perhatian audience tidak hanya dinilai dari desain saja namun juga penulisan yang baik dan benar, mulai dari penulisan yang terdapat pada isi konten dan caption atau deskripsi dari konten yang diunggah.

Meskipun ada yang berpendapat bahwa saat ini audience lebih suka melihat desain konten daripada caption dan deskripsinya, nyatanya beberapa orang lainnya juga suka membaca caption, terlebih jika caption tersebut berisi informasi penting akan konten atau brand yang bersangkutan.

4. Merencanakan beberapa event dan bekerja sama dengan pihak yang terkait

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Fauxels

Untuk menjangkau lebih banyak audience, seorang Social Media Specialist dapat melakukan kerjasama dengan beberapa media atau merencanakan event kolaborasi dengan brand yang terkait. Contohnya, jika kamu membuat konten terkait informasi pekerjaan dan beasiswa, kamu bisa berkolaborasi dengan perusahaan yang sedang mencari talent atau influencer yang bidangnya sesuai.

5. Tidak hanya membuat konten, profesi ini juga membutuhkan keahlianmu dalam beriklan melalui media sosial

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Lukas

Setelah membuat konten sesuai dengan content plan dan mengunggahnya, kamu dapat mulai beriklan melalui media sosial sesuai kebutuhanmu. Pemasaran konten secara organik memang harus selalu dilakukan, seperti mengoptimalkan SEO, rutin dan konsisten membuat konten, menulis blog dan lain sebagainya. Namun beriklan juga merupakan komponen penting dalam mengoptimalkan media sosial. Bukan hanya sebagai brand awareness, jika akunmu adalah akun berjualan, kamu bisa meningkatkan penjualanmu.

6. Selain itu, Social Media Specialist bertanggung jawab dalam menganalisis hasil konten yang telah diunggah

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Fauxels

Setiap konten yang telah diunggah di media sosial, pastinya selalu ada evaluasi untuk meningkatkan performa brand kamu ke depannya. Oleh karena itu, Social Media Specialist perlu memiliki kemampuan untuk menganalisis media sosial mulai dari hasil jangkauan, impression dan engagement yang dihasilkan.

Banyak tools yang bisa digunakan untuk menganalisis media sosial, seperti Hootsuite, Iconosquare, Squarelovin atau bawaan dari media sosial itu sendiri, seperti Instagram Insight.

7. Hasil akhir! Penting bagi profesi ini untuk membuat laporan hasil analisis dan perkembangan media sosial secara berkala

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Bongkarn Thanyakij

Setelah melakukan analisis menggunakan berbagai tools, profesi ini wajib membuat laporan media sosial secara berkala. Selain untuk arsip, laporan media sosial digunakan sebagai evaluasi dan acuan guna menerapkan rencana dan strategi untuk memaksimalkan penggunaan media sosial brand kamu ke depannya.

8. Seorang Social Media Specialist harus selalu mengikuti perkembangan media sosial dan algoritmanya serta topik-topik yang hangat dibicarakan

Bukan Hanya Sebagai Admin, Ini 8 Keahlian Social Media SpecialistPexels/Serpstat

Berkembang pesatnya dunia media sosial membuat seorang Social Media Specialist juga harus mengikuti tren-tren yang ada, seperti topik yang sedang hangat diperbincangkan, algoritma dari setiap media sosial dan konten-konten yang interaktif dan menarik perhatian audience kamu.

Nah, itulah delapan keahlian yang harus dimiliki oleh Social Media Specialist. Meskipun pernah dianggap remeh, nyatanya saat ini Social Media Specialist menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terlebih karena dampak pandemik COVID-19 yang mengharuskan pebisnis untuk melek teknologi dan penggunaan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya.

Apakah masih meragukan profesi Social Media Specialist? Berminat mencoba profesi ini?

Baca Juga: Mengenal Profesi Social Media Specialist, Gak Cuma Mengunggah Foto!

Dhania Ulfa Aghniarahmah Photo Writer Dhania Ulfa Aghniarahmah

I have passion in content writing. Live your life, be young and free!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya