Comscore Tracker

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Bisa via SMS dan Online

Cek saldo jadi makin praktis, nih

Program BPJS Ketenagakerjaan digagas pemerintah sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Badan hukum yang bertanggung jawab langsung pada pemerintah pusat ini menawarkan berbagai program yang bisa dinikmati segala jenis pekerja.

Setelah terdaftar, tiap anggota membayarkan iuran bulanan wajib dengan jumlah sesuai program yang dipilih. Akumulasi dari iuran ini bisa digunakan dalam keadaan mendesak, atau dicairkan setelah gak lagi bekerja.

Nah, untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan gak perlu datang langsung ke kantornya, lho. Berikut ini IDN Times kasih beberapa tips atau cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah seperti lewat SMS dan secara online. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Sebelum cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, ini empat program menarik yang bisa dipilih:

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Bisa via SMS dan OnlinePixabay/rawpixel

BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program yang bisa dipilih yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Semua pekerja atau orang yang berpenghasilan bisa menikmati program JKK, JKM dan JHT kecuali pekerja jasa layanan konstruksi. Sementara Jaminan Pensiun hanya bisa diikuti oleh pekerja dengan penghasilan tetap dan rutin.

Pekerja yang dimaksud di atas gak hanya mereka yang berpenghasilan rutin dan tetap, lho. Para pedagang, wirausahawan, hingga pekerja lepas (freelancer) juga bisa bergabung dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

2. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Bisa via SMS dan Onlinekanigoro.com

Saldo BPJSTK bisa dicek secara konvensional dengan cara datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Petugas akan mencetak slip berisi keterangan saldo dan riwayat iuran milik peserta.

3. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Bisa via SMS dan Onlinefreepik/Freepik

Jika ingin lebih praktis dan tanpa koneksi internet, saldo BPJSTK bisa dicek melalui SMS. Peserta harus melakukan registrasi dengan format pesan: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta.

Pesan tersebut dikirim ke nomor resmi milik BPJS Ketenagakerjaan yaitu 2757. Tunggu beberapa saat sampai muncul balasan nomor identitas.

Jika sudah memiliki nomor identitas, pengecekan saldo berikutnya jadi lebih mudah. Cukup dengan mengirim pesan dengan format: SALDO(spasi)Nomor identitas, lalu dikirim ke 2757. Setelah itu peserta akan mendapat pesan balasan berisi jumlah saldo.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline

4. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Bisa via SMS dan Onlinepsypost.org

Saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dicek secara online dengan mengakses laman  www.bpjsKetenagakerjaan.go.id, atau langsung masuk ke https://sso.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login.bpjs.

Peserta perlu melakukan registrasi terlebih dahulu jika belum terdaftar. Jika sudah, bisa langsung mengakses menu “Lihat Saldo JHT” untuk mengetahui jumlah saldo. Di laman ini juga tersedia informasi lain seperti cara klaim dan rincian saldo.

5. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJSTKU

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Bisa via SMS dan Onlinefinasialku,com

Ada cara lain yang gak kalah praktis, nih untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Peserta bisa mengunduh aplikasi BPJSTKU di App Store atau Play Store, lalu log in menggunakan alamat email.

Tampilan menunya hampir sama dengan laman resmi BPJS Ketenagakerjaan. Selain untuk mengecek saldo, di sana juga tersaji rincian saldo dan tata cara klaim.

Ternyata cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan mudah, ya. Kira-kira langkah mana yang mau kamu coba lebih dulu?

Baca Juga: 5 Fakta Penting BPJS Ketenagakerjaan, Jenis Anggota hingga Manfaat

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya