Comscore Tracker

5 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Sedang Merintis Toko Online

Biar dagangan makin laris, nih

Di era industri 4.0, sektor bisnis dan perdagangan termasuk yang paling pesat mengalami perkembangan digitalisasi. Angin segar buat kamu yang tertarik merintis toko online, nih. Peluang jadi makin terbuka lebar, tapi jangan lupa saingan juga kian banyak.

Nah, untuk mengoptimalkan toko online yang sedang dirintis, lima aplikasi smartphone  di bawah ini wajib kamu miliki. Mulai dari menyulap foto produk jadi lebih ciamik sampai memudahkan pembukuan, yuk simak daftar aplikasinya!

1. Aplikasi desain grafis untuk foto dan unggahan yang lebih menarik

5 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Sedang Merintis Toko Onlinepexels/Lisa Fotios

Berdagang secara online tentu berbeda dengan menjual barang secara langsung pada pembeli. Kamu gak memiliki toko fisik, gak ada etalase untuk memajang barang dagangan yang kamu tawarkan.

Akun media sosial, website, dan e-commerce menjadi pengganti etalase. Kamu perlu memajang gambar dan rincian produk agar calon pembeli tertarik.

Nah, aplikasi desain grafis menjadi barang wajib di smartphonemu. Ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh secara gratis dan mudah digunakan seperti Canva dan PhotoGrid. Dengan aplikasi tersebut kamu bisa mengedit foto, menambahkan teks, hingga mendesain poster.

2. Pastikan punya lebih dari satu media sosial, ya

5 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Sedang Merintis Toko Onlinepexels/Lisa Fotios

Makin ke sini, mempromosikan barang dagangan atau jasa memang paling efektif lewat media sosial. Untuk mengoptimalkan promosimu, buat akun di beberapa platform media sosial.

Jangan hanya mengandalkan Instagram atau Facebook saja, kalau bisa lebih dari dua kenapa gak? Makin banyak orang yang melihat iklan produk toko onlinemu, peluang pun ikut bertambah, kan?

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bikin Traveling Jadi Lebih Simpel, Wajib Install!

3. Pasarkan juga barang daganganmu lewat aplikasi e-commerce

5 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Sedang Merintis Toko OnlinePexels/Rawpixel

Selain media sosial, barang atau jasa daganganmu bisa ditawarkan lewat e-commerce. Kini sudah ada beberapa e-commerce atau marketplace di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang terbilang fantastis.

Nilai plus menawarkan dagangan di e-commerce adalah berpotensi menjaring calon pembeli yang lebih banyak. Barang daganganmu akan dikelompokkan sesuai kata kunci. Ketika calon pembeli mengakses kata kunci terkait, daganganmu ikut muncul di sana bersama barang milik para kompetitor.

Memiliki aplikasi e-commerce di smartphone akan lebih memudahkanmu memasukkan foto dan deskripsi barang dagangan. Kamu juga bisa berinteraksi dengan calon pembeli lewat fitur chat yang tersedia.

4. Kamu bakal butuh pengaturan finansial yang terencana, ada aplikasinya lho!

5 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Sedang Merintis Toko OnlinePexels/Pixabay

Di awal merintis toko online, kamu bakal mengerjakan banyak hal sekaligus. Merangkap sebagai marketing, admin, hingga mengurus pembukuan.

Untuk memudahkan pekerjaanmu, ada beberapa aplikasi pengatur finansial yang bisa diunduh secara gratis di Play Store seperti Money Lover dan QuickBooks. Gak cuma mencatat detil keuangan, aplikasi ini juga bisa membantumu membuat perencanaan finansial.

5. Lancar ngecek transaksi sambil balas chat pelanggan dengan BCA Keyboard

5 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Sedang Merintis Toko OnlineInstagram/goodlifebca

Berbisnis dengan toko online mewajibkanmu siap berinteraksi dengan calon pembeli via chatting. Mereka bebas menanyakan apa pun tentang rincian produk hingga proses pengiriman sebelum mantap membeli.

Nah, membalas chat para calon pembeli tentu butuh waktu panjang, kan? Telat balas dikit bisa bikin mereka ngomel-ngomel dan merasa gak dilayani dengan baik. Padahal, kamu juga perlu melakukan transaksi perbankan, seperti mengecek mutasi transfer masuk dari pembeli lainnya.

Tenang #DibikinSimpel aja, fitur BCA Keyboard dari m-BCA akan memudahkanmu melakukan keduanya sekaligus. Kamu bisa, lho melakukan transaksi sambil chatting tanpa harus pindah aplikasi. Sambil balas WhatsApp atau DM dari calon pembeli, bisa cek saldo, mutasi, bahkan transfer sekaligus.

Mau tahu cara pakainya? Simak video berikut!

https://www.youtube.com/embed/FSLQrtC9rcM

Gampang, kan cara aktivasi BCA Keyboard di smartphone-mu? Dengan fitur ini, kamu gak perlu menutup aplikasi chatting untuk membuka m-BCA. Semuanya bisa dilakukan sekaligus secara efisien. Sukses, ya buat toko onlinemu dan pastinya buruan #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Beli Laptop buat Mahasiswa yang Uang Sakunya Pas-pasan

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You