Comscore Tracker

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewah

Rumah jadi terang dan cerah

Sunroom biasanya dibangun sebagai ekstensi dari rumah utama. Biasanya di bagian samping, depan, atau belakang rumah. Beda dengan teras atau pekarangan biasa, sunroom punya kesan semi-indoor karena memiliki atap dan dinding pembatas. Hal ini ditujukan untuk melindungi penghuni dari hujan dan panas yang terlalu terik. 

Keberadaan sunroom bisa membuat rumah lebih hangat, terang, dan tentunya berdampak pada psikologis penghuni. Sunroom didesain dengan dua keuntungan, dapat pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik karena kaya jendela dan bukaan. Ruangan seperti ini bisa menaikkan mood seseorang saat beraktivitas, menghemat listrik, dan tentunya membuat kita merasa lebih dekat dengan alam.

Tertarik membuat sunroom di rumah? Tengok dulu inspirasinya berikut ini. 

1. Jendela penuh yang menghadap pekarangan

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/dwellmagazine

Jendela kaca yang penuh membuat desain rumah tampak menyatu dengan pekarangan belakang. Ruangan jadi tampak luas dan memukau. Tidak harus sebagai ruang tamu atau ruang tengah, sunroom juga boleh dimanfaatkan untuk dapur dan ruang makan. 

2. Barisan jendela 

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/dwellmagazine

Selain jendela penuh, kamu bisa memodifikasi satu ruangan di rumah dengan menempatkan beberapa frame jendela secara berjejer. Tidak perlu membobol satu sisi dinding, sunroom baru siap diisi dengan perabot. 

3. Sunroom ala rumah Jepang dengan split-level

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahyasukokumazawa.com

Modalnya pintu kaca geser yang diletakkan di belakang rumah sebagai akses dari ruang tengah dan meja makan menuju halaman belakang. Penggunaan platform atau split level-bikin desain rumah ini menarik, pintu geser terkesan seperti jendela besar saat ditutup. Privasi pun tetap terjaga karena sudah ada pagar di bagian paling luar rumah. 

4. Sunroom untuk ruang baca dan bermain

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/thewarrenhaus

Punya anak-anak di rumah, tentu playroom wajib disediakan jika ada rezeki. Bikin secerah mungkin agar anak betah bermain di ruangan tersebut. Cat dinding dengan warna netral saja. Orang tua pun bisa memanfaatkan sunroom ini sebagai ruang baca. 

Baca Juga: 9 Desain Meja Belajar Anak, Tiru untuk Kebutuhan Sekolah di Rumah

5. Lengkapi sunroom dengan tirai 

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/whitecottagefarmhouse

Ada kalanya cahaya matahari terlalu terik dan bikin sunroom jadi silau bahkan panas. Sebagai antisipasi, silakan lengkapi sunroom dengan tirai dan kipas angin. Pilih tirai polos dengan warna netral agar cahaya alami tidak terblokir sepenuhnya. 

6. Sunroom untuk rumah kaca dan ruang santai

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/allmyalocasias

Selain ruang makan, sunroom adalah lokasi yang tepat untuk menempatkan koleksi tanaman hiasmu. Tambahkan spot nongkrong berupa sofa dan kerai bambu untuk membuat ruangan lebih teduh. 

7. Sunroom adem berbahan kayu dan corrugated glass

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/cjameson.bradley/

Sunroom juga bisa kamu buat di halaman belakang sebagai ekstensi rumah utama. Ala-ala rumah kaca dengan corrugated glass untuk atap dan jendelanya. Dipadu dinding kayu, pasti adem. 

8. Spot kerja dan belajar ala kafe 

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahinstagram.com/windflower_anniechan

Sifatnya yang terang pasti bikin kamu melek saat harus kerja atau sekolah di rumah. Tambahkan tanaman hias dalam sunroom agar udara makin bersih dan segar. Serasa bekerja di kafe, ya. 

9. Sunroom di loteng, cocok buat jemuran indoor

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahaliceinscandiland.com

Tak punya pekarangan untuk membangun sunroom, bikin saja ekstensi di loteng. Manfaatkan jadi ruang santai sampai jemuran indoor. Ide bagus. 

10. Balkon dengan private sunroom 

10 Desain Sunroom Kece untuk Hangatkan Rumah, Murah Sampai Mewahhomestratosphere.com

Sunroom di balkon ini dilengkapi pembatas berupa dek kayu untuk menjaga privasi. Akses cahaya dan udara didapat dari jendela pada bagian atap miringnya. Modern minimalis.

Kalau kamu, tertarik meniru desain yang mana? 

Baca Juga: 10 Desain Interior Ala Pedesaan Eropa, Klasiknya Beda 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya