Comscore Tracker

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanya

Di zaman SD, pasti kamu gak pernah kepikiran ini

Bicara pekerjaan impian, coba deh ingat-ingat apa jawabanmu di masa kecil dulu? Pasti jawabannya umum seperti, guru, dokter, polisi, arsitek, dan lain sebagainya.

Pekerjaan itu memang dari dulu dan sampai kini masih dicari dan dibutuhkan. Namun, muncul pula pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya tak pernah terbayang bisa jadi sumber mata pencaharian yang cukup menjanjikan. Apa saja sih? Coba simak daftarnya di bawah ini. 

1. Fashion stylist

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/phoebelettice

Selain fashion designer yang sudah lama dikenal orang, ada pula yang namanya fashion stylist. Mereka biasanya bekerja untuk selebriti, penyanyi, hingga public figure lainnya. Selaku public figure, mereka pasti butuh tampil maksimal dan menarik setiap saat. Itulah tugas si stylist.

Mereka akan memilihkan pakaian yang cocok untuk kliennya di berbagai kesempatan dan biasanya akan terus memantau klien ke mana pun mereka pergi selama perhelatan atau acara berlangsung.

Keberadaan sang stylist tentu bisa mempermudah dan mengurangi beban si seleb yang punya banyak segudang pikiran serta tugas lain yang harus ia lakukan. 

2. Potter

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/amii.ceramics

Pekerjaan dreamy lainnya yang belakangan sedang populer adalah potter atau pengrajin tanah liat. Kini bahkan orang tak perlu punya tungku besar dan alat yang susah dimiliki, menggunakan oven yang biasa dipakai untuk kue pun bisa.

Banyak potter bertebaran di dunia maya dengan karya-karya yang walau tampak sederhana tetapi bernilai seni tinggi dan tetap susah ditiru. 

3. Paper maker

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/sarah_lmprt

Ini adalah penampakan pabrik kertas tradisional di Prancis, namanya Richard de Bas. Pabrik yang sudah berusia ratusan tahun ini masih eksis dan kini justru makin ramai pengunjung yang penasaran dan takjub dengan cara mereka mengolah pulp menjadi kertas buatan tangan yang indah. Bahkan motifnya pun mereka menggunakan bunga dan dedaunan asli.

Tak hanya di Richard de Bas, pembuat kertas handmade pun banyak dilakukan dalam skala kecil alias perorangan. Produk mereka banyak diminati para penggemar hobi junk journal.  

4. Data analyst

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/spotifyjobs

Pekerjaan yang berhubungan dengan data baik data engineer dan data analyst juga sebelumnya tak banyak disebut di masa lalu. Namun, kini ia jadi pekerjaan yang benar-benar dibutuhkan banyak perusahaan.

Bahkan lapangan kerja ini pula yang menginspirasi didirikannya jurusan baru bernama aktuaria di kampus-kampus nasional. Sebelumnya, jurusan ini hanya tersedia di luar negeri. Saat berminat bekerja di bidang data, pastikan kamu suka dengan statistik, ekonomi, dan komputasi. 

5. Bookbinder

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/piter_notebook

Pekerjaan dreamy berikutnya adalah bookbinder alias tukang jilid buku. Meski terdengar kurang elit, buktinya di Jepang dan Eropa, pekerjaan ini cukup dihargai. Banyak orang yang tertarik membeli buku buatan tangan dengan berbagai metode jilid yang sekarang makin langka.

Tertarik mempelajari beberapa teknik menjilid buku? 

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggi

6. Ilustrator

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/eunicedenise

Pekerjaan ini juga mulai dilirik banyak pegiat seni. Seperti yang sudah banyak diketahui, kemampuan desain grafis tak akan lengkap tanpa skill lain antara fotografi, ilustrasi, atau tipografi. Sebab, itulah komponen penting dalam desain grafis yang tak bisa kamu dapatkan secara gratis hanya dengan mencomot gambar di internet.

Jika ingin hasil desainmu menarik dan punya ciri khas, salah satu keterampilan itu baiknya kamu kuasai pula. 

Bagi ilustrator, selain menerima pekerjaan freelance berupa comission dari klien, biasanya mereka bisa membuat produk sendiri seperti stiker, art print, pin, buku, dan zine

7. Game tester

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/cornwallmuseumspartnership

Game tester adalah jenis pekerjaan baru yang juga kini banyak diincar para penggemar gim. Namun, tak bisa sembarangan. Game tester tentu membutuhkan orang-orang yang paham seluk beluk game setidaknya gameplay, grafis, dan tentu programming-nya. Dengan begitu, mereka akan dapat memberikan feedback yang bermutu.

Tak hanya video game, beberapa game tester pun bekerja di ranah permainan papan. Seru juga!

8. Music journalist

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/sandra_gern

Pekerjaan impian lainnya adalah jurnalis khusus musik. Beda dengan jurnalis biasa, mereka akan lebih banyak bergelut di isu-isu yang berkaitan dengan musik. Biasanya mereka akan dapat undangan untuk datang ke album launch, konser, festival musik, dan penghargaan. Mereka juga akan dapat kesempatan untuk berbincang dengan musisi.

Tentunya, pengetahuan musik mereka dari segi teknis dan bisnisnya setidaknya harus memadai. Dengan makin berkembangnya industri musik belakangan ini, kesempatan jadi jurnalis musik pun masih terbuka lebar. 

9. Fotografer dan videografer

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/jessicakobeissi

Fotografer dan videografer juga makin laris manis saja di pasaran. Kini makin banyak content creator  yang punya banyak ide tetapi kurang mampu menguasai segi teknis pembuatan video dan foto. Di situlah pentingnya dua profesi ini.

Selain itu, makin banyak pula orang biasa yang ingin mengabadikan momen penting mereka lewat bantuan profesional, misal di acara tunangan, pernikahan, atau bahkan kelahiran anggota keluarga baru.

Jangan lupakan pula beberapa perusahaan yang pasti membutuhkan videografer dan fotografer untuk kepentingan promo dan engagement di media sosial. 

10. Sound engineer

10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanyainstagram.com/wearespiritstudios

Berikutnya adalah sound engineer. Erat kaitannya dengan industri musik sih. Mereka adalah sosok di balik lagu-lagu kece yang bisa kamu dengarkan di berbagai layanan streaming atau album studio musisi favoritmu. Tugas bertanggung jawab pada proses audio mixing, yaitu memadukan komponen suara beberapa instrumen musik dan vokal.

Tak hanya di studio, mereka juga memegang peranan penting di saat pertunjukan musik langsung. Tanpa mereka, musisi akan kesulitan membuat album atau melakukan live performance agar bisa didengarkan penggemarnya. Kamu gak akan bisa mendengar musik favoritmu dengan nyaman tanpa keberadaan mereka.

Tak hanya untuk industri musik, mereka juga sangat penting tugasnya dalam proses pembuatan film. 

Dari sepuluh pekerjaan di atas, adakah yang sekarang sedang kamu geluti? 

Baca Juga: Belum Terlambat, Ini 5 Cara Memulai Karier di Usia 25 Tahun

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya