Comscore Tracker

5 Tipe Teman Kerja yang Wajib Ada di Circle-mu, Bikin Makin Berkembang

Tipe teman kerja yang perlu kamu jadikan bestie, nih

Bekerja dari Senin-Jumat pasti melelahkan. Apalagi dengan rutinitas yang itu-itu melulu, pasti juga bikin bosan. Namun tahukah kamu, kalau peran teman kerja juga penting buat kesehatan mental dan produktivitas saat bekerja?

Ada banyak tipe manusia yang mungkin akan kamu temui di kantor. Mulai dari si rajin, tukang traktir, sampai yang suka gosip pun ada. Walau begitu, setidaknya lima tipe teman kerja berikut inilah yang wajib ada di lingkaran pertemanan kamu. Gak sekadar buat saling bantu, tapi juga bikin betah dan semangat kerja setiap harinya.

1. Tipe teman kerja yang gak pelit ide

5 Tipe Teman Kerja yang Wajib Ada di Circle-mu, Bikin Makin Berkembangilustrasi teman kerja (unsplash.com/@wildlittlethingsphoto)

Tipe teman yang gak pelit berbagi ilmu jangan sampai lolos. Teman yang seperti ini bisa jadi mentor yang baik juga untukmu. Tanpa diminta, ia akan memberikan berbagai ide terbaiknya buat membantu kamu mencapai tujuan. 

Temanmu ini akan membantu tanpa adanya tujuan tertentu. Ia juga akan dengan senang hati memberikan kalimat-kalimat motivasi buat menyemangati kamu yang mulai kendor saat bekerja.

2. Tipe teman kaya informasi

5 Tipe Teman Kerja yang Wajib Ada di Circle-mu, Bikin Makin Berkembangilustrasi teman kerja (unsplash.com/@socialcut)

Berteman dengan seseorang yang kaya informasi akan banyak membantu kamu, lho. Ini bisa datang dari mereka yang bekerja di bagian HR atau memang ia adalah seseorang yang juga mudah akrab dengan karyawan lain. Sehingga informasi yang dimilikinya pun banyak dan beragam. 

Informasi soal agenda kantor, lowongan kerja, atau akses soal pekerjaan lain bisa didapat dengan mudah. Sehingga kamu akan jadi orang nomor satu yang tahu berita up to date. Jadi, jangan hindari berteman dengan orang dari bagian HR kalau mau banyak tahu soal kondisi kantor, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Jika Kamu Sering Diandalkan Teman Kerja

3. Tipe teman yang kritis

5 Tipe Teman Kerja yang Wajib Ada di Circle-mu, Bikin Makin Berkembangilustrasi teman kerja (unsplash.com/@austindistel)

Teman yang selalu setuju dan mendukung pekerjaamu memang terdengan menyenangkan. Namun, tipe teman yang kritis akan lebih baik buat kemampuan kerjamu. Ia akan sering mengkritik, tapi juga memberikan masukan yang akan membuat keahlian kamu jadi lebih baik.

Ini sangat menguntungkan karena berteman dengan orang jujur dan kritis akan menjadi pecutan agar kamu mau keluar dari zona nyaman. Eits, tapi teman yang kritis berbeda dengan teman yang memang berniat menjatuhkan, lho. 

Ia yang gak menyukaimu biasanya hanya akan menilai buruk hasil kerjamu tanpa memberikan feedback yang baik. Jadi, kamu juga perlu hati-hati, ya.

4. Tipe teman tepat waktu

5 Tipe Teman Kerja yang Wajib Ada di Circle-mu, Bikin Makin Berkembangilustrasi teman kerja (unsplash.com/@brookecagle)

Dalam lingkaran pertemananmu, perlu juga berteman dengan seseorang yang tepat waktu. Definisi tepat waktu ini bukan hanya saat datang dan pulang kerja, tapi juga soal menyelesaikan pekerjaan. 

Bisa dibilang, ia juga tipe teman yang rajin karena jarang menunda-nunda pekerjaan. Time management yang dimiliki tipe ini juga bagus, jadi kalau berteman dengannya, kamu akan ikut terbawa kebiasaan yang baik. 

5. Tipe teman yang bisa diajak bertukar cerita

5 Tipe Teman Kerja yang Wajib Ada di Circle-mu, Bikin Makin Berkembangilustrasi sahabat (unsplash.com/@omarlopez1)

Di tengah pekerjaan yang seolah gak ada habisnya dan berbagai kesulitan lain, setidaknya kamu harus punya satu teman yang laiknya bestie. Ia gak harus satu divisi denganmu. Namun, ia bisa mengerti soal keluh kesahmu. 

Teman yang seperti ini yang mau diajak berbagi cerita, saling mendengarkan, dan menghibur. Teman yang dengannya pun gak hanya masalah kantor bisa saling berbagi, tapi juga soal keseharian masing-masing. Berteman dengan bestie di kantor, bisa jadi salah satu penghiburan terbaik di tengah pusingnya bekerja. 

Meskipun gak ada manusia yang sempurna, punya teman di kantor sangat penting. Toh kamu gak selalu bisa mengerjakan semuanya sendiri, kamu butuh masukan orang lain supaya terus berkembang dan waras selama bekerja. Semoga kelima tipe teman kantor tadi bisa mengelilingmu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama, Jaga Emosimu!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya