Comscore Tracker

5 Alasan Pakai Konsep Hidden Hantaran ala Malaysia, Gak Kalah Cantik!

Kamu yang mau menikah, hidden hantaran bisa jadi ide baru

Hantaran, dalam budaya melayu adalah hadiah dari calon pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan dalam acara lamaran. Hantaran sekaligus simbolis adanya kesiapan untuk memberi perhatian sepanjang masa pernikahan, makanya hantaran biasanya berupa perlengkapan mandi, make up, hingga pakaian.

Nah, di Indonesia sih biasanya hantaran akan ditutup dengan kotak berbahan kaca atau arkilik, dihias dengan aneka bunga dan tentu cantik. Berbeda dengan di Malaysia yang kini marak adanya hidden hantaran. 

Penasaran apa itu hidden hantaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya. Kamu yang mau menikah dalam waktu dekat wajib tahu!

1. Supaya gak jadi bahan omongan

5 Alasan Pakai Konsep Hidden Hantaran ala Malaysia, Gak Kalah Cantik!hidden hantaran (instagram.com/weddinglegacy)

Di mata orang, gak ada pernikahan yang sempurna. Apa pun usaha pengantin dan keluarga dalam menciptakan pesta yang berkesan, pasti ada cacatnya di mata orang lain. Gak selalu katering atau dekor yang jadi bahan gunjingan, tapi juga termasuk hantarannya. 

Ada yang menilai hantaran dibuat mewah karena ingin riya, tapi jika isinya biasa saja, orang yang melihat akan judge calon suami sebagai orang yang pelit. Serba salah 'kan?

Makanya saat ini di Malaysia, hantaran banyak dibuat dengan cara tertutup. Hadiah akan dimasukkan kardus kemudian dibungkus dengan kain warna-warni yang cantik. Bisa dibilang, ini cara jitu mengurangi omongan tetangga yang pedas itu!

2. Bisa menekan budget pernikahan

5 Alasan Pakai Konsep Hidden Hantaran ala Malaysia, Gak Kalah Cantik!hidden hantaran (instagram.com/weddinglegacy)

Sudah bukan rahasia lagi kalau pesta pernikahan itu bisa menghabiskan banyak biaya. Penata rias, sewa baju, sampai perintilan kecil hantaran pun lumayan membuat bengkak. Untuk wadah hantaran berbahan kaca saja bisa memakan biaya sewa Rp50.000/box, bayangkan saja jika kamu butuh 10 box, berapa rupiah yang perlu dikeluarkan kamu dan pasangan?

Berbeda nih jika kamu mau menggunakan konsep hidden hantaran ala Malaysia. Selain gak perlu jasa sewa, kamu bisa menggunakan kain yang ada di rumah. Pun jika butuh beli kain atau hiasan seperti pita, itu gak semahal sewa kotak hantaran biasanya. 

Baca Juga: 10 Harga Seserahan Lamaran Rizky Billar untuk Lesti Kejora, Cek Yuk!

3. Lebih elegan dan cantik

5 Alasan Pakai Konsep Hidden Hantaran ala Malaysia, Gak Kalah Cantik!hidden hantaran (instagram.com/crafty_scales)

Hantaran yang dibungkus dengan kain memang akan menyembunyikan isinya. Walau begitu, bukan berarti jadi gak bisa terlihat cantik, lho. Kamu tinggal menyesuaikan pilihan kainnya, apakah akan menggunakan organza yang berkilau dan lembut atau menggunakan kain batik jika kamu ingin yang bermotif. 

Tak ingin repot membeli kain? Tenang, kamu bisa meminta pasangan untuk membungkusnya menggunakan kertas kado polos tapi berkilau. Tinggal tambahkan pita di atasnya, hantaran kamu dijamin cantik dan sedap dipandang. 

4. Menghindari fitnah

5 Alasan Pakai Konsep Hidden Hantaran ala Malaysia, Gak Kalah Cantik!hidden hantaran (instagram.com/afifimardhiah)

Apakah pasanganmu berencana memberikan hantaran mewah seperti tas tangan Hermes atau mungkin sebuah sepatu keluaran desainer yang terkenal mahal lain? Senang pastinya! Sayangnya, gak semua orang merasakan hal yang sama dengan kamu.

Meskipun bukan salahmu atau pasangan, hantaran yang mahal bisa menimbulkan fitnah. Sebut saja seperti tuduhan sombong, sengaja pamer, dan ungkapan-ungkapan menyakitkan lainnya. 

Begitu juga sebaliknya. Jika pasanganmu sebatas mampu memberi hadiah yang sederhana, maka untuk menjaga kehormatannya dari celaan orang lain, hidden hantaran bisa jadi solusi yang terbaik. 

5. Sebagai bentuk kejutan

5 Alasan Pakai Konsep Hidden Hantaran ala Malaysia, Gak Kalah Cantik!hidden hantaran (instagram.com/thedecopeople)

Siapa sih yang gak suka diberi kejutan? Gak cuma anak-anak, orang dewasa pun pasti masih suka merasakan euforia membuka bungkus bingkisan dan menebak apa isinya. Ini lah yang akan kamu rasakan jika menggunakan konsep hidden hantaran. 

Terlebih jika kamu gak tahu apa yang akan diberikan pasangan sebagai hadiah nantinya. Tentu rasanya jadi lebih berdebar dan penasaran karena gak bisa mengintip sedikit saja. 

Namun jika ingin pakai cara 'kejutan' begini, setidaknya beritahu pasangan mengenai ukuran sampai warna yang gak kamu sukai terutama jika isinya akan pakaian atau make up. Selain supaya barang yang diberikan bisa dipakai, risiko salah pilih hadiah juga lebih minim. 


Menarik, kan, pakai konsep hidden hantaran seperti yang sedang naik daun di Malaysia ini? Kamu dan pasangan jadi lebih tenang tanpa perlu dengar cibiran atau bisik-bisik yang bikin sakit hati. Yang jelas, hadiahmu akan diterima dalam kondisi yang baik dan aman karena lebih terlindungi. Berminat coba?

Baca Juga: Harga Seserahan hingga Ratusan Juta, 10 Sumber Kekayaan Rizky Billar

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya