Comscore Tracker

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!

Kejar kualitas, biar bisa di deretan paling atas

Masuk universitas itu nggak semudah kamu deketin doi lho. Ada banyak persiapan dan kebutuhan yang harus kamu pikirkan matang-matang. Coba kamu tanya sama kakak kelasmu dulu, pasti mereka galau berbulan-bulan buat mikirin gimana caranya biar bisa masuk ke kampus impian. Nah, untungnya IDN Times udah merangkum nih bukti kalau masuk universitas itu susah. Kamu harus baca baik-baik ya. Setelah baca, janji deh sama diri sendiri buat nggak malas lagi. Mau masuk ke kampus favorit kan?

1. Bukan cuma pilih kampus, pilih jurusan aja kamu butuh waktu lama

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!Imdb.com

Anak SMA begitu antusias menyambut “dunia baru” yang akan dijajakinya kelak. Nggak sedikit dari mereka yang telah lama memilah-milah universitas dan jurusan yang akan diambilnya nanti. Apalagi, mereka sering diwanti-wanti oleh pihak sekolah jika mengambil jurusan kuliah nggak boleh sembarangan. Duh, makin bingung kan?

2. Selalu bimbingan ke guru BK

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!Cinemaescapist.com

Masih membicarakan kegalauan anak SMA dalam memilih universitas yang akan ditujunya, mereka akan datang ke ruang BK untuk mencari pencerahan. Mereka selalu mencari saran terbaik untuk memilih universitas. Saking galaunya, ada yang setiap hari menanyakan universitas yang berbeda, lho. Hayo ngaku, siapa yang kayak gini?

3. Harus bikin strategi agar bisa masuk kampus pilihan

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!Tiffanyyong.com

Kebingungan dan kegalauan para anak SMA kelas 12 nggak cukup sampai di situ aja. Mereka juga harus pintar membuat strategi agar bisa masuk ke kampus pilihannya. Kamu tentu tahu passing grade jurusan dari tiap kampus kan? Nah, passing grade ini salah satu hal yang bisa kamu andalkan untuk membuat sebuah strategi. Jika kamu mau ikutan SNMPTN dan SBMPTN, passing grade ini penting banget lho. Tapi, nggak cuma mengandalkan passing grade aja, nilai rapot dan pengetahuanmu soal pelajaran juga sangat penting.

Jadi, IDN Times saranin kamu buat perbaiki semua nilai-nilai kamu dengan mulai rajin belajar lagi. Eits, belajar itu nggak selamanya harus membosankan dan ribet lho. Kamu bisa memanfaatkan gadget-mu buat belajar. Kan sekarang ada aplikasi Ruangguru, bimbel online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kamu tinggal download, dan manfaatin fitur-fiturnya deh!

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!IDN Times.com/ruangguru

Nah, di aplikasi Ruangguru ini, ada ruangbelajar yang dapat membantumu memahami materi pelajaran agar lebih mudah dengan mengikuti misi (layaknya games) bersama pengajar dari berbagai lulusan kampus terbaik yang disebut Master Teacher. 

Pada produk ruangbelajar, tersedia ribuan video belajar animasi, latihan soal, dan rangkuman berinfografis. Materi pelajaran disampaikan dengan mendalam serta menggunakan contoh di kehidupan sehari-hari. Terakhir yang paling penting, harganya sangat murah hanya Rp1000an per hari. Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang aplikasi ini, yuk klik di sini untuk info lengkapnya!

4. Ikut berbagai tes ujian masuk, siapa tau ada yang “nyantol”

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!Youtube.com

Bukti selanjutnya adalah ikut tes masuk ke beberapa kampus. Banyak lho anak SMA yang daftar di banyak kampus agar salah satunya ada yang nyantol alias diterima. Ibaratnya, mereka lagi menyebar umpan dan menunggu umpan mana yang dilahap oleh ikan. Nah, kalau beberapa universitas ada yang menerimanya, tinggal dipertimbangkan deh, mana yang benar-benar mereka akan pilih.

5. Daftar universitas yang super ribet!

5 Bukti Kalau Masuk Universitas Itu Susah, Nggak Boleh Malas Lagi!imdb.com

Bukti susahnya masuk universitas yang terakhir adalah daftar kampus yang super ribet! Karena saat ini sudah berbasis online semua, mau nggak mau kamu nggak boleh gaptek alias gagap teknologi. Kamu dituntut untuk memahami apa saja persyaratan masuk universitas. Coba tanya kakak kelasmu deh, pasti persyaratannya nggak sedikit. Daftar di satu universitas aja ribet, gimana kalau daftar di banyak universitas?

Nah, itulah lima bukti kalau masuk universitas itu butuh perjuangan, usaha, dan doa. Jangan cuma mau berjuang buat doi aja, kamu juga harus berjuang buat masa depanmu dong! Setelah baca artikel ini, jangan malah takut ya, IDN Times bukan mau menakut-nakuti kamu kok. Artikel ini dibuat untuk membantumu agar memiliki motivasi yang tinggi dalam mencapai kesuksesan. Semangat ya anak Indonesia! IDN Times dan Ruangguru yakin, kamu pasti bisa masuk ke universitas pilihanmu!

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Berita Terkini Lainnya