Comscore Tracker

Ini Dia Manfaat Bekerja dari Rumah, Syukuri Yuk!

Bersiaplah untuk peluang kerja di masa depan!

Saat bekerja dari rumah, kamu sebagai pekerja juga memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan keterampilan sambil memperluas jaringan, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan LinkedIn.

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia. Sekarang, di tengah pandemi COVID-19, memiliki akun LinkedIn sangat penting karena dapat membantu para profesional seperti kamu lho. Nah, penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu rasakan di LinkedIn selama bekerja di rumah? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Terhubung dengan orang yang kamu kenal di LinkedIn untuk memperluas jaringanmu

Ini Dia Manfaat Bekerja dari Rumah, Syukuri Yuk!Freepik.com/master103

Sebagai platform jejaring, LinkedIn dapat membantu kamu terhubung dengan profesional lain, dan memperluas jaringanmu. Siapa tahu, mungkin saja seseorang yang kamu kenal sedang mencari kandidat untuk mengisi posisi kosong di kantor mereka. Menarik ‘kan?

Mengembangkan jaringan bisa jadi tantangan jika kamu nggak tahu harus mulai dari mana. Sebagai tips, mulailah dengan orang yang sudah kamu kenal. Seperti teman-teman kamu, keluarga. Kamu juga bisa undang semua kontak dari kantor tempat kamu magang, volunteer, atau alumni dari sekolahmu. Mereka biasanya lebih terbuka karena memiliki kesamaan denganmu.

Untuk membantu menemukan mereka di LinkedIn, kamu dapat mulai dengan menyinkronkan kontakmu atau menggunakan fitur "People You May Know" pada tab "My Network" di LinkedIn. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang pernah belajar di satu sekolah, yang bekerja dalam posisi atau industri yang sama, atau orang yang berada di kota yang sama denganmu.

Jika kamu menghubungi seseorang yang sudah lama nggak berbicara denganmu, mulailah percakapan dengan cara mengomentari atau menyukai unggahan mereka dan sapalah pada hari-hari istimewa mereka dan kapan pun pada saat mereka tengah merayakan hal penting yang berhubungan dengan pribadi ataupun profesional mereka. 

"Ada banyak orang yang baru mulai membangun karir mereka. Dengan LinkedIn, kita dapat terhubung dengan profesional lain yang mungkin dapat menawarkan pekerjaan pada para profesional muda, atau bahkan memberikan nasihat tentang karir. Anggaplah LinkedIn sebagai media sosial bagi para profesional. Itulah caraku memulai karir melalui LinkedIn," kata Josefhine Chitra, Senior Manager of Public Affairs at Gojek yang merupakan pengguna aktif LinkedIn.

2. Dapatkan informasi bermanfaat untuk unggul di dunia kerja

Ini Dia Manfaat Bekerja dari Rumah, Syukuri Yuk!Freepik.com/freepik

Misalnya, bagi kamu yang suka menulis, LinkedIn juga bisa menjadi media untuk publikasi kamu. Kamu bisa menulis sesuai dengan minat dan ketertarikan untuk meningkatkan visibilitas kamu di dunia maya.

Banyak profesional menggunakan LinkedIn untuk berbagi wawasan, tren, dan pengalaman karir mereka yang berharga. Josefhine misalnya, dia sering berbagi pengalamannya di LinkedIn Blog untuk memberi tahu koneksi-koneksinya tentang inisiatif, penelitian, dan hal yang personal yang menurutnya menarik. Josefhine juga dapat memulai diskusi dengan pengguna LinkedIn lainnya lho!

Sama halnya dengan Josefhine, Retno Rianti, Country Director of Human Resources Indonesia & Timor Leste di Hilton juga sering berbagi konten yang bermanfaat dan relevan dengan minatnya. Bahkan, di tengah pandemi seperti sekarang, dia berbagi inisiatif perusahaannya selama pandemi COVID-19 lho.

"Aku pikir, ini adalah waktu yang tepat untuk memotivasi orang. Meskipun kita berada dalam situasi yang menantang seperti ini, kita masih bisa melakukan hal-hal positif. Karena dengan mengunggah kegiatan positif yang kami lakukan, aku tidak hanya memotivasi karyawanku saja, tetapi juga memotivasi koneksiku di LinkedIn,” kata Retno.

3. Menguasai keterampilan baru

Ini Dia Manfaat Bekerja dari Rumah, Syukuri Yuk!Freepik.com/pressphoto

Bekerja dari jarak jauh berarti lebih banyak peluang untuk kamu mempelajari keterampilan baru. Keterampilan ini mungkin bermanfaat, terlepas di mana pun posisi karir kamu saat ini.

LinkedIn Learning adalah layanan dari LinkedIn yang akan membantu kamu mendapatkan keterampilan baru dalam hal bisnis, kreativitas, teknologi, dan lainnya. Kursus yang ditawarkan juga bervariasi; mulai dari data science, kepemimpinan dan manajemen, serta software development. Kamu juga dapat menemukan berbagai kelas tentang pengembangan soft skill.

Josefhine Chitra aktif menggunakan LinkedIn Learning untuk pengembangan diri, terutama di bidang soft skill. Menurut Josefhine, konten di LinkedIn Learning mudah dicerna, jadi dia hanya perlu beberapa jam untuk menyelesaikan kursus. "Bagiku, LinkedIn Learning berguna untuk mengembangkan keterampilan pribadi, yang dapat digunakan kapan saja, di mana saja. Kelas yang aku pilih juga lebih banyak tentang pengembangan pribadi secara umum, terutama di bidang soft skill. Misalnya, selama WFH ini, aku mengikuti kelas Leading at Distance, untuk belajar bagaimana memimpin timku secara efektif karena kami bekerja dari jarak jauh," kata Josefhine.

Retno juga menikmati manfaat dari LinkedIn Learning. Menurut Retno, LinkedIn Learning memiliki beragam kursus yang interaktif dan dapat 'dipersonalisasi' sesuai dengan minat. Visualnya juga menarik, membuat materi yang disampaikan lebih mudah dipahami.

Faktanya, selama masa COVID-19, ditemukan bahwa lebih banyak profesional mulai mengambil kursus di LinkedIn Learning untuk membantu mereka mengatasi new normal. Berikut adalah beberapa fakta menarik, berdasarkan data platform LinkedIn global.

Ini Dia Manfaat Bekerja dari Rumah, Syukuri Yuk!IDN Times/LinkedIn

Jadi, kursus apa yang ingin kamu ikuti di LinkedIn Learning? Ini adalah 10 Kursus Pembelajaran LinkedIn terpopuler di bulan Mei vs April 2020:

  1. The Six Morning Habits of High Performers (+70%)
  2. Developing your Emotional Intelligence (+15%)
  3. Excel Essential Training (Office 365) (-1%)
  4. Strategic Thinking (-1%)
  5. Time Management: Working from Home (-66%)
  6. Communicating with Confidence (+15%)
  7. Microsoft Teams Essential Training (-22%)
  8. Learning Python (+14%)
  9. Writing a Resume (+54%)
  10. Improving your Listening Skills (+10%)

Kesepuluh kursus ini berguna banget untuk pengembangan diri dan karirmu lho. Jadi, yuk temukan informasi lebih lanjut dengan  klik di sini.

4. Memperkuat personal branding kamu

Ini Dia Manfaat Bekerja dari Rumah, Syukuri Yuk!Shutterstock/djile

Personal branding dalam dunia kerja adalah hal yang penting, karena dapat membantu kamu untuk lebih unggul dari orang lain. Selain secara aktif mengunggah artikel yang relevan dengan komunitas profesional, kamu juga dapat mengoptimalkan profil LinkedIn-mu.

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah memastikan kamu memiliki foto profil yang baik (foto yang terlihat profesional akan sangat direkomendasikan), dan tetap perbarui profilmu dengan perusahaan dan posisi terkini. Hal ini juga akan membantu untuk membuat daftar pengalaman lain yang kamu bisa peroleh di luar pekerjaan, dan keterampilan yang telah kamu peroleh.

Hal kedua yang dapat kamu lakukan adalah mendapatkan rekomendasi dari junior, rekan kerja, dan bos kamu. Rekomendasi adalah testimonial pribadi dari jaringanmu yang menjamin apa yang dapat kamu lakukan dan bagaimana rasanya bekerja denganmu. LinkedIn telah mempermudah proses ini dengan menu drop-down yang memungkinkan kamu menjangkau kontak tertentu dan meminta rekomendasi mereka. Luangkan waktu untuk mempersonalisasi permintaan kamu, biarkan orang yang kamu hubungi tahu bahwa kamu menghargai pendapat mereka tentangmu.

Eits, mau tahu cara terbaik untuk memulai permintaan rekomendasi? Caranya adalah rekomendasikan mereka terlebih dahulu. Setelah kamu merekomendasikan mereka, kemungkinan besar akan membalas apa yang kamu lakukan. Jika mereka nggak merekomendasikanmu balik, jangan takut untuk membuat permintaan yang sopan untuk meminta rekomendasi. Intinya sih percaya diri saja, guys!

Nah, itu dia manfaat menggunakan LinkedIn selama di rumah aja. Jadi, buat kamu yang belum punya profile di LinkedIn, inilah saat yang tepat!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya