Comscore Tracker

5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasi

Jadi lebih siap dengan budaya kerja yang berbeda

Bekerja di kantor yang baru memang tidak selalu mudah. Ada yang merasa kesulitan beradaptasi, bahkan merasakan culture shock di kantor yang baru. Sebenarnya, culture shock adalah hal yang wajar, apalagi jika budaya di kantor baru berbeda jauh dengan budaya kerja di kantor lama.

Namun, jika kamu tidak bisa beradaptasi dalam waktu yang lama, tentu saja ini akan memengaruhi kualitas pekerjamu. Jadi, untuk membantu kamu menghadapi culture shock, di bawah ini akan dijelaskan kiat-kiat untuk menghadapinya.

1. Berkenalan dengan rekan kerja

5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasiilustrasi rekan kerja (unsplash.com/krakenimages)

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat bekerja di kantor baru adalah segera bersosialisasi dengan orang-orang di sana. Orang pertama yang perlu kamu dekati adalah mereka yang satu divisi denganmu. Pasalnya, mereka ini akan bekerja sama denganmu setiap harinya sehingga kamu perlu mengenal mereka dengan baik.

Setelah itu, mulailah bersosialisasi dengan rekan-rekan dari divisi lain. Mengenal banyak orang akan membuat proses adaptasimu jadi lebih mudah dan terhindar dari culture shock.

2. Cari tahu budaya kerja di sana 

5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasiilustrasi rapat kerja (pexels.com/fauxels)

Setelah memiliki teman, kamu akan jadi lebih mudah memahami budaya kerja di kantor baru. Kamu bisa mencari tahu bagaimana budaya kerja di sana dengan bertanya pada rekan kerja. Gali informasi selengkap mungkin seputar apa yang bisa diterima dan tidak di kantor baru.

Jika ada kebiasaan yang masih terdengar asing untukmu atau kamu menemukan masalah, jangan ragu untuk bertanya dan meminta bantuan pada mereka. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan lebih mudah.

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

3. Bersikap ramah dan sopan

5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasiilustrasi mengobrol dengan rekan kerja (pexels.com/fauxels)

Bersikap ramah dan sopan sangat penting untuk memberikan kesan pertama yang baik, mendapatkan teman, dan memahami budaya kerja. Jadi, saat bersosialisasi, tunjukkanlah sikap ramah dan sopan. Hindari sikap terlalu cuek atau bercanda berlebihan karena mungkin membuat rekan-rekan kurang nyaman.

Sikap ramah dan sopan yang kamu tunjukkan akan memberikan kesan pertama yang baik dan membuat mereka tertarik denganmu. Dengan demikian, kamu akan cepat mendapatkan teman dan lebih cepat beradaptasi.

4. Hindari sikap terlalu sensitif

5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasiilustrasi seseorang merasa sedih (pexels.com/Liza Summer)

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu wajib mempersiapkan diri untuk hal-hal tidak biasa yang akan kamu temui di kantor baru. Caranya adalah dengan menghindari sikap terlalu sensitif.

Misalnya, jika kamu menemukan rekan kantor yang terkesan tidak ramah denganmu, jangan mudah mengambil hati atas sikapnya atau terlalu memikirkan hal tersebut. Dengan tidak menjadi terlalu sensitif, kamu akan lebih bersiap dengan hal-hal baru dan terhindar dari culture shock.

5. Hindari kompetisi

5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasiilustrasi rekan kerja (pexels.com/Anna Shvets)

Tiap tempat kerja memiliki budaya persaingan yang berbeda-beda. Ada yang kental dengan unsur persaingan di antara para karyawannya, ada juga yang lebih santai.

Jika di kantor barumu ini kental akan persaingan antar karyawannya, kamu pasti tergoda untuk langsung ikut bersaing. Namun, jika kamu baru masuk sebagai karyawan di sana, sebaiknya hindari dulu keinginan untuk bersaing dengan rekan kerja yang lain.

Kamu perlu menghindari persaingan di awal karena kamu masih memerlukan bantuan dari rekan-rekan kerja untuk memahami budaya kantor baru dan mempelajari tugasmu di sana. Setelah kamu paham dan terbiasa dengan budaya kerja di sana, baru kamu bisa mulai bersaing secara sehat dengan rekan yang lain.

Culture shock merupakan hal yang wajar dan banyak dialami orang-orang yang baru berpindah tempat kerja. Namun, dengan menerapkan strategi di atas, kamu akan jadi lebih siap dan menghadapi culture shock dengan baik.

Baca Juga: Bisa Fatal, Ini 5 Jawaban yang Perlu Dihindari ketika Wawancara Kerja

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya